Senin, 20 Februari 2017

Hasil Ulangan PPKN Kelas IX SMPN 2 Kuta Selatan

Berikut ini bapak tampilkan hasil ulangan PPKN Kelas IX topik "Prestasi Diri" :
Anak-anakku semuanya tingkatkan terus prestasi & salam sukses . . .

 

Jumat, 10 Februari 2017

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 2017

Tugas Poster tentang Hubungan antar Lembaga-Lembaga Negara dalam
Sistem Pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945

Terima kasih kepada seluruh anak-anak kelas VIII A dan VIII B SMPN 2 Kuta Selatan yang sudah bekerja keras dalam membuat tugas PPKN sehingga akhirnya mampu untuk menyerahkan tugas karya poster PPKN tepat pada waktunya. Banyak suka dan duka yang anak-anak dapatkan/rasakan didalam membuat tugas tersebut, terutama dalam bersosialisasi dengan anggota kelompok, banyak cerita unik yang menjadi kenangan salah satunya bagaimana anak-anak sudah memanfaatkan ICT
(Information and Communication Technology) dengan baik. Terima kasih juga kepada orang tua siswa yang sudah memberikan dukungan positif kepada putra-putrinya didalam pembuatan tugas ini. Mari kita selalu menemani dan mengawasi putra-putri kita didalam proses belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal demi cita-cita masa depan mereka. Spendu Jaya !

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 1
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 1

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 2
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 2

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 3
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 3

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 4
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 4

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 5
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 5

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 6
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 6

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 7
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 7

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 8
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 8

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 9
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 9

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 10
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 10

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 11
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 11

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 12
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 12

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 13
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 13

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 14
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 14

Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 15
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 15















Rabu, 08 Februari 2017

Peraih Nilai Ulangan Tertinggi dan Pengirim Tugas Tercepat PPKN SMPN 2 Kuta Selatan, Badung, Bali

Inilah siswa-siswi SMPN 2 Kuta Selatan yang sudah berhasil meraih nilai ulangan tertinggi dan pengumpul tugas PPKN tercepat dengan memanfaatkan ICT
( Information and Communication Technology ).  Selamat atas kerja kerasnya dan tingkatkan terus prestasi demi kemajuan sekolah kita, Spendu Jaya !

Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas VIII B SMPN 2 Kuta Selatan, Selasa 7 Pebruari 2017 

   
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN dan pengumpul tugas PPKN tercepat kelas IX H, Selasa 7 Pebruari 2017




Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX E SMPN 2 Kuta Selatan, Rabu 8 Pebruari 2017

Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX G SMPN 2 Kuta Selatan, Kamis 9 Pebruari 2017


Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX B SMPN 2 Kuta Selatan, Kamis 9 Pebruari 2017

Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX A SMPN 2 Kuta Selatan, Kamis 9 Pebruari 2017

Pengumpul tugas individu tercepat PPKN kelas IX A, Kamis 9 Pebruari 2017 

Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX F SMPN 2 Kuta Selatan, Jumat 10 Pebruari 2017

Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX C SMPN 2 Kuta Selatan, Jumat 10 Pebruari 2017





Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX D SMPN 2 Kuta Selatan, Jumat 10 Pebruari 2017



Halaman Prestasi ini menunggu anak-anak yang lainya untuk menunjukkan semangat berprestasi, ayo ... tampilah menjadi yang TERBAIK dan selalu datang ke sekolah untuk berkompetisi "Cerdas, Tangkas, Ceria" Spendu Jaya !

Selasa, 07 Februari 2017

Prestasi Untuk Sekolahku Tercinta SMP Negeri 2 Kuta Selatan, Badung, Bali

Kesuksesan dan keberhasilan yang diraih oleh SMP Negeri 2 Kuta Selatan tidak terlepas dari tiga komponen yaitu Sukses Perencanaan, Sukses Pelaksanaan, dan Sukses Hasil. Tentang perencanaan jiwanya terdapat pada kurikulum. Kurikulum SMP Negeri 2 Kuta Selatan  merupakan sebuah perencanaan yang diramu menjadi menu dan diolah dalam pembelajaran serta dalam berbagai kegiatan positif. Semuanya bertujuan untuk membentuk siswa tumbuh dan berkembang menjadi insan-insan pribadi dan kelompok yang cerdas (intelektual, emosional, dan spiritual), loyal, mandiri, bertanggung jawab, dan berkarakter serta menyiapkan output dan outcame yang membanggakan. Seluruh program yang tertuang dalam kurikulum ditindaklanjuti oleh semua komponen sekolah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan yang telah diraih oleh sekolah selama ini karena hampir semua komponen sekolah bekerja dan melaksanakan program-program sekolah dengan konsep ‘kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas’, serta berpikir dan berbuat untuk lembaga dengan cara koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplifikasi, dan smart. Pembinaan dan pendampingan terhadap aktivitas belajar para siswa senantiasa dilaksanakan dengan penuh tanggung.
Berbagai kegiatan intra maupun ekstra kurikuler dilaksanakan. Transfer ilmu pengetahuan dilaksanakan secara intensif dan terkoordinasi dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Itu saja, tentu tidak cukup. Pengetahuan yang mereka peroleh dalam KBM, dimantapkan lagi dalam kegiatan pengembangan diri. Para siswa antusias dalam mengikuti pengembangan diri karena penentuannya disesuaikan dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik.
Untuk mengukur ketercapaian pembinaan dan pelatihan yang telah dilaksanakan salah satunya bermuara pada moment lomba. Gayung bersambut. Itulah peribahasa yang tepat untuk melukiskan keadaan di mana sekolah memprogramkan dan siswa menyambut dengan antusiasme tinggi setiap undangan lomba yang datang ke SMP Negeri 2 Kuta Selatan. Mengikutsertakan siswa dalam lomba tentu saja perlu bekal matang. Pembinaan dan pelatihan lebih intensif harus dilaksanakan. Aktivitas siswa dalam berbagai ajang lomba menumbuhkembangkan mereka menjadi SDM yang cerdas, mandiri, bertanggung jawab, serta berkarakter.
             Siswa yang memiliki karakter terpuji merupakan cita-cita dunia pendidikan Indonesia saat ini. SMP Negeri 2 Kuta Selatan telah melaksanakan berbagai trik dan kegiatan untuk pembentukan karakter siswa. Misalnya, setiap pagi mulai pukul 07.15 – 07.30 Wita dilaksanakan apel pagi yang diisi dengan kegiatan sembahyang bersama dan kontroling terhadap siswa yang melanggar disiplin sekolah. SMP Negeri 2 Kuta Selatan memang selalu berupaya untuk mengabdikan diri dalam membangun dan mencerdaskan anak bangsa. JAYALAH SMP NEGERI 2 KUTA SELATAN.

 
Kepala SMPN 2 Kuta Selatan Drs. Ketut Kisid memberikan ucapan selamat kepada siswa yang berprestasi





Senin, 06 Februari 2017

NILAI ULANGAN KELAS IX

PENGUMUMAN HASIL NILAI ULANGAN PPKN KELAS IX.
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Dengan diumumkan/ditampilkannya hasil nilai ulangan ini semoga menjadi lebih giat belajar dan selalu bersemangat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.
  
  
  


NILAI ULANGAN KELAS VIII

PENGUMUMAN HASIL NILAI ULANGAN PPKN KELAS VIII.
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Dengan diumumkan/ditampilkannya hasil nilai ulangan ini semoga menjadi lebih giat belajar dan selalu bersemangat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.


Minggu, 05 Februari 2017

PRESTASI DIRI

PENJABARAN MATERI POKOK
PRESTASI DIRI


 1.      Prestasi diri berarti hasil yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau diusahakan. Prestasi diri menggambarkan hasil yang diperoleh seseorang dari satu waktu tertentu yang menunjukkan perubahan kemajuan.

2.      Prestasi diri merupakan perwujudan dari potensi diri seseorang. Potensi diri diartikan sebagai segala sesuatu yang dimiliki seseorang baik sudah atau belum nyata yang dapat digunakan dalam pembangunan dirinya.

3.      Potensi diri dapat dikelompokkan atas :
a.       Potensi fisik, seperti kekuatan dan bentuk tubuh, kesehatan
b.      Potensi non fisik, seperti kecerdasan, kepribadian, sikap.

4.      Faktor yang mempengaruhi prestasi diri :
a.       Faktor dari dalam (internal), seperti :
Ø  Keterbatasan kecerdasan
Ø  Kondisi fisik yang kurang (cacad)
Ø  Ketidakmampuan mengendalikan emosi
Ø  Malas, tidak disiplin
b.      Faktor dari luar (eksternal), seperti :
Ø  Lingkungan Keluarga, seperti keharmonisan , kekeluargaan
Ø  Lingkungan Masyarakat, seperti ketertiban, norma, disiplin
Ø  Lingkungan Alam, seperti cuaca, makanan

5.      Keunggulan suatu bangsa dipengaruhi oleh prestasi diri yang diperoleh warga negaranya. Semakin tinggi prestasi diri warga negara, maka semakin tinggi pula kemajuan dan keunggulan bangsa. Bangsa yang unggul ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya.

6.      Pembangunan adalah proses perubahan terus-menerus, menuju pada kemajuan dan perbaikan ke arah tujuan bersama.

7.      Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang berkelanjutan meliputi seluruh aspek kehidupan (politik, ekonomi, sosbud, hankam)

8.      Pembangunan merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional.

9.      Keseluruhan semangat, arah, gerak pembangunan merupakan pengamalan Pancasila.

10.  Tujuan pembangunan nasional yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

11.  Hakekat pembangunan nasional adalah :
a.       Pembangunan manusia seutuhnya, meliputi material dan spiritual.
b.      Pembangunan seluruh masyarakat, berarti merata di seluruh wilayah dan lapisan masyarakat.

12.  Modal dasar pembangunan nasional :
a.       Kemerdekaan dan kedaulatan negara
b.      Wilayah yang luas
c.       Kekayaan alam yang melimpah
d.      Jumlah penduduk yang besar
e.       Potensi dan kekuatan efektif bangsa
f.       Persatuan dan kesatuan
g.      Rohaniah dan Mental
h.      Budaya bangsa

13.  Faktor dominan yang berpengaruh terhadap pembangunan :
a.       Kependudukan dan sosial budaya
b.      Wilayah kepulauan dan kelautan
c.       Sumber daya alam
d.      Sumber daya manusia
e.       Disiplin nasional
f.       Manajemen nasional
g.      Perkembangan regional, globalisasi, tatanan internasional
h.      Kemungkinan pengembangan

14.  Pembangunan nasional adalah dari, oleh, untuk rakyat. Pembangunan dilaksanakan bersama oleh masyarakat dan pemerintah. Masyarakat adalah pelaku utama (subyek) pembangunan. Pemerintah bertugas mengarahkan, membimbing, menciptakan suasan penunjang

15.  Keberhasilan pembangunan tergantung pada partisipasi seluruh rakyat dan sikap mental, tekad, disiplin penyelenggara negara.

16.  Peran siswa dalam pembangunan adalah belajar dengan giat.

DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA

PENJABARAN MATERI POKOK
DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA
1.      Beberapa pengertian globalisasi :
a.       Suatu proses yang dimana batas-batas negara tidak ada dan tidak penting lagi dalam kehidupan social (Michael Haralambas dan Martin Holborn)
b.      Terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama.

2.      Faktor pendorong utama globalisasi yaitu kemajuan iptek dan komunikasi yang cepat.

3.      Arti penting globalisasi bagi Indonesia :
a.       Sebagai negara berkembang membutuhkan bantuan dan kerja sama dengan negara lain.
b.      Globalisasi dapat meningkatkan kehidupan masyarakat
c.       Meningkatkan kemajuan iptek di Indonesia.

4.      Indonesia dalam pergaulan internasioan bersikap terbuka terhadap pergaulan internasional. Politik luar negeri Indonesia bebas aktif.  Bebas artinya bebas menentukan nasib sendiri, tidak memihak. Aktif berarti ikut serta mewujudkan perdamaian dunia.

5.      Landasan politik luar negeri Indonesia termuat dalam :
a.       Pembukaan UUD 1945 alinea I dan IV.
b.      Pasal 11, 12, dan 13 UUD 1945
c.       UU No 37 tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri

6.      Tujuan politik luar negeri Indonesia diabdikan kepada kepentingan nasional Indonesia.

7.      Klasifikasi kerjasama antar bangsa dikelompokkan berdasarkan :
a.       Jumlah Negara, yaitu :
Ø  Bilateral,  yaitu kerjasama dua negara
Ø  Multilateral, yaitu kerjasama lebih dari dua negara
b.      Wilayah Negara, yaitu :
Ø  Regional, yaitu kerjasama beberapa Negara dalam satu wilayah tertentu seperti ASEAN, Uni Eropa
Ø  Internasional, yaitu kerjasama beberapa Negara tanpa dibatasi wilayah tertentu
c.       Bidang kerjasama, yaitu :
Ø  Ekonomi, seperti APEC, Bank Dunia
Ø  Social budaya, seperti WHO, UNESCO
Ø  Pertahanan keamanan, seperti NATO

8.      Dampak positif glibalisasi dalam berbagai bidang seperti :
a.       Bidang Politik antara lain:
Ø  Berkembang paham demokrasi, hak asasi manusia, persamaan derajat
Ø  Penerapan prinsip-prinsip negara hukum
b.      Bidang Ekonomi antara lain :
Ø  Peningkatan eksport dan import barang
Ø  Penanaman modal bagi investasi di Indonesia
c.       Bidang Sosial Budaya antara lain :
Ø  Peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi
Ø  Sikap disiplin, etos kerja, profesional, dan sebagainya
d.      Bidang Pertahanan dan Keamanan antara lain :
Ø  Penggunaan teknologi pertahanan
Ø  Radar pertahanan dan keamanan


9.      Dampak negatif globalisasi dalam berbagai bidang seperti :
a.       Bidang Politik, antara lain :
Ø  Berkembang paham liberalisme, komunisme
Ø  Campur tangan negara lain dalam urusan dalam negeri
b.      Bidang Ekonomi, antara lain :
Ø  Kekuatan ekonomi kapitalisme mendesak ekonomi nasional
Ø  Meningkatnya kesenjangan ekonomi
Ø  Produksi dalam negeri tidak mampu bersaing dengan produksi negara lain
c.       Bidang Sosial Budaya antara lain :
Ø  Muncul budaya pergaulan bebas
Ø  Penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang
Ø  Budaya minuman keras
Ø  Sikap hedonisme, konsumtif
Ø  Nilai kepribadian dan budaya bangsa hilang
d.      Bidang Pertahanan dan Keamanan, antara lain :
Ø  Kejahatan internasional
Ø  Tindakan terorisme
Ø  Pencurian kekayaan laut oleh nelayan asing

10.  Sikap yang dibutuhkan dalam menghadapi globalisasi antara lain :
a.       Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budi rakyat Indonesia seluruhnya. Kebudayaan lama dan asli (daerah) yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia merupakan kebudayaan nasional. Kebudayaan asing yang dapat memperkaya kebudayaan bangsa serta mempertinggi derajat kemanusiaan kita terima apabila tidak bertentangan dengan kepribadian bangsa dan Pancasila.
b.      Bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia
c.       Bangga terhadap produksi dalam negari
d.      Cinta tanah air dan bangsa
e.       Rela berkorban demi bangsa dan negara
f.       Menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa
g.      Melestarikan budaya nasional, waspada terhadap pengaruh budaya luar