Berikut ini bapak tampilkan hasil ulangan PPKN Kelas IX topik "Prestasi Diri" :
Anak-anakku semuanya tingkatkan terus prestasi & salam sukses . . .
▼
Senin, 20 Februari 2017
Jumat, 10 Februari 2017
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 2017
Tugas Poster tentang Hubungan antar Lembaga-Lembaga Negara dalam
Sistem Pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945
Terima kasih kepada seluruh anak-anak kelas VIII A dan VIII B SMPN 2 Kuta Selatan yang sudah bekerja keras dalam membuat tugas PPKN sehingga akhirnya mampu untuk menyerahkan tugas karya poster PPKN tepat pada waktunya. Banyak suka dan duka yang anak-anak dapatkan/rasakan didalam membuat tugas tersebut, terutama dalam bersosialisasi dengan anggota kelompok, banyak cerita unik yang menjadi kenangan salah satunya bagaimana anak-anak sudah memanfaatkan ICT
(Information and Communication Technology) dengan baik. Terima kasih juga kepada orang tua siswa yang sudah memberikan dukungan positif kepada putra-putrinya didalam pembuatan tugas ini. Mari kita selalu menemani dan mengawasi putra-putri kita didalam proses belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal demi cita-cita masa depan mereka. Spendu Jaya !
Sistem Pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945
Terima kasih kepada seluruh anak-anak kelas VIII A dan VIII B SMPN 2 Kuta Selatan yang sudah bekerja keras dalam membuat tugas PPKN sehingga akhirnya mampu untuk menyerahkan tugas karya poster PPKN tepat pada waktunya. Banyak suka dan duka yang anak-anak dapatkan/rasakan didalam membuat tugas tersebut, terutama dalam bersosialisasi dengan anggota kelompok, banyak cerita unik yang menjadi kenangan salah satunya bagaimana anak-anak sudah memanfaatkan ICT
(Information and Communication Technology) dengan baik. Terima kasih juga kepada orang tua siswa yang sudah memberikan dukungan positif kepada putra-putrinya didalam pembuatan tugas ini. Mari kita selalu menemani dan mengawasi putra-putri kita didalam proses belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal demi cita-cita masa depan mereka. Spendu Jaya !
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 1 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 2 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 3 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 4 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 5 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 6 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 7 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 8 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 9 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 10 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 11 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 12 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 13 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 14 |
Karya Poster PPKN Kelas VIII SMPN 2 Kuta Selatan – Kabupaten Badung – Bali 2017 - 15 |
Rabu, 08 Februari 2017
Peraih Nilai Ulangan Tertinggi dan Pengirim Tugas Tercepat PPKN SMPN 2 Kuta Selatan, Badung, Bali
Inilah siswa-siswi SMPN 2 Kuta Selatan yang sudah berhasil meraih nilai ulangan tertinggi dan pengumpul tugas PPKN tercepat dengan memanfaatkan ICT
( Information and Communication Technology ). Selamat atas kerja kerasnya dan tingkatkan terus prestasi demi kemajuan sekolah kita, Spendu Jaya !
Halaman Prestasi ini menunggu anak-anak yang lainya untuk menunjukkan semangat berprestasi, ayo ... tampilah menjadi yang TERBAIK dan selalu datang ke sekolah untuk berkompetisi "Cerdas, Tangkas, Ceria" Spendu Jaya !
( Information and Communication Technology ). Selamat atas kerja kerasnya dan tingkatkan terus prestasi demi kemajuan sekolah kita, Spendu Jaya !
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas VIII B SMPN 2 Kuta Selatan, Selasa 7 Pebruari 2017 |
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN dan pengumpul tugas PPKN tercepat kelas IX H, Selasa 7 Pebruari 2017 |
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX E SMPN 2 Kuta Selatan, Rabu 8 Pebruari 2017 Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX G SMPN 2 Kuta Selatan, Kamis 9 Pebruari 2017 |
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX B SMPN 2 Kuta Selatan, Kamis 9 Pebruari 2017 |
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX A SMPN 2 Kuta Selatan, Kamis 9 Pebruari 2017 |
Pengumpul tugas individu tercepat PPKN kelas IX A, Kamis 9 Pebruari 2017 |
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX F SMPN 2 Kuta Selatan, Jumat 10 Pebruari 2017 |
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX C SMPN 2 Kuta Selatan, Jumat 10 Pebruari 2017 |
Peraih nilai tertinggi ulangan PPKN kelas IX D SMPN 2 Kuta Selatan, Jumat 10 Pebruari 2017 |
Halaman Prestasi ini menunggu anak-anak yang lainya untuk menunjukkan semangat berprestasi, ayo ... tampilah menjadi yang TERBAIK dan selalu datang ke sekolah untuk berkompetisi "Cerdas, Tangkas, Ceria" Spendu Jaya !
Selasa, 07 Februari 2017
Prestasi Untuk Sekolahku Tercinta SMP Negeri 2 Kuta Selatan, Badung, Bali
Kesuksesan dan keberhasilan yang diraih oleh SMP
Negeri 2 Kuta Selatan tidak terlepas dari tiga komponen yaitu Sukses
Perencanaan, Sukses Pelaksanaan, dan Sukses Hasil. Tentang perencanaan jiwanya
terdapat pada kurikulum. Kurikulum SMP Negeri 2 Kuta Selatan merupakan sebuah perencanaan yang diramu
menjadi menu dan diolah dalam pembelajaran serta dalam berbagai kegiatan
positif. Semuanya bertujuan untuk membentuk siswa tumbuh dan berkembang menjadi
insan-insan pribadi dan kelompok yang cerdas (intelektual, emosional, dan
spiritual), loyal, mandiri, bertanggung jawab, dan berkarakter serta menyiapkan
output dan outcame yang membanggakan. Seluruh program yang tertuang dalam kurikulum ditindaklanjuti oleh semua
komponen sekolah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Tidak dapat dipungkiri
bahwa keberhasilan yang telah diraih oleh sekolah selama ini karena hampir
semua komponen sekolah bekerja dan melaksanakan program-program sekolah dengan
konsep ‘kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas’, serta berpikir dan berbuat
untuk lembaga dengan cara koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplifikasi,
dan smart. Pembinaan dan pendampingan terhadap aktivitas belajar para siswa senantiasa
dilaksanakan dengan penuh tanggung.
Berbagai kegiatan intra maupun ekstra kurikuler
dilaksanakan. Transfer ilmu pengetahuan dilaksanakan secara intensif dan
terkoordinasi dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Itu saja, tentu tidak
cukup. Pengetahuan yang mereka peroleh dalam KBM, dimantapkan lagi dalam
kegiatan pengembangan diri. Para siswa antusias dalam mengikuti pengembangan
diri karena penentuannya disesuaikan dengan kebutuhan serta karakteristik
peserta didik.
Untuk mengukur ketercapaian pembinaan dan pelatihan
yang telah dilaksanakan salah satunya bermuara pada moment lomba. Gayung
bersambut. Itulah peribahasa yang tepat untuk melukiskan keadaan di mana
sekolah memprogramkan dan siswa menyambut dengan antusiasme tinggi setiap
undangan lomba yang datang ke SMP Negeri 2 Kuta Selatan. Mengikutsertakan siswa
dalam lomba tentu saja perlu bekal matang. Pembinaan dan pelatihan lebih
intensif harus dilaksanakan. Aktivitas siswa dalam berbagai ajang lomba
menumbuhkembangkan mereka menjadi SDM yang cerdas, mandiri, bertanggung jawab,
serta berkarakter.
Siswa yang memiliki karakter terpuji merupakan
cita-cita dunia pendidikan Indonesia saat ini. SMP Negeri 2 Kuta Selatan telah
melaksanakan berbagai trik dan kegiatan untuk pembentukan karakter siswa.
Misalnya, setiap pagi mulai pukul 07.15 – 07.30 Wita dilaksanakan apel pagi
yang diisi dengan kegiatan sembahyang bersama dan kontroling terhadap siswa
yang melanggar disiplin sekolah. SMP Negeri 2 Kuta Selatan memang selalu
berupaya untuk mengabdikan diri dalam membangun dan mencerdaskan anak bangsa.
JAYALAH SMP NEGERI 2 KUTA SELATAN.
Senin, 06 Februari 2017
NILAI ULANGAN KELAS IX
PENGUMUMAN HASIL NILAI ULANGAN PPKN KELAS IX.
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Dengan diumumkan/ditampilkannya hasil nilai ulangan ini semoga menjadi lebih giat belajar dan selalu bersemangat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Dengan diumumkan/ditampilkannya hasil nilai ulangan ini semoga menjadi lebih giat belajar dan selalu bersemangat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.
NILAI ULANGAN KELAS VIII
PENGUMUMAN HASIL NILAI ULANGAN PPKN KELAS VIII.
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Dengan diumumkan/ditampilkannya hasil nilai ulangan ini semoga menjadi lebih giat belajar dan selalu bersemangat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Dengan diumumkan/ditampilkannya hasil nilai ulangan ini semoga menjadi lebih giat belajar dan selalu bersemangat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.
Minggu, 05 Februari 2017
PRESTASI DIRI
PENJABARAN MATERI POKOK
PRESTASI DIRI
PRESTASI DIRI
1. Prestasi
diri berarti hasil yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau diusahakan.
Prestasi diri menggambarkan hasil yang diperoleh seseorang dari satu waktu
tertentu yang menunjukkan perubahan kemajuan.
2. Prestasi diri merupakan perwujudan dari
potensi diri seseorang. Potensi diri diartikan sebagai segala sesuatu yang
dimiliki seseorang baik sudah atau belum nyata yang dapat digunakan dalam pembangunan
dirinya.
3.
Potensi
diri dapat dikelompokkan atas :
a.
Potensi
fisik, seperti kekuatan dan bentuk tubuh, kesehatan
b.
Potensi
non fisik, seperti kecerdasan, kepribadian, sikap.
4.
Faktor
yang mempengaruhi prestasi diri :
a.
Faktor
dari dalam (internal), seperti :
Ø
Keterbatasan
kecerdasan
Ø
Kondisi
fisik yang kurang (cacad)
Ø
Ketidakmampuan
mengendalikan emosi
Ø
Malas,
tidak disiplin
b.
Faktor
dari luar (eksternal), seperti :
Ø
Lingkungan
Keluarga, seperti keharmonisan , kekeluargaan
Ø
Lingkungan
Masyarakat, seperti ketertiban, norma, disiplin
Ø
Lingkungan
Alam, seperti cuaca, makanan
5.
Keunggulan
suatu bangsa dipengaruhi oleh prestasi diri yang diperoleh warga negaranya.
Semakin tinggi prestasi diri warga negara, maka semakin tinggi pula kemajuan
dan keunggulan bangsa. Bangsa yang unggul ditentukan oleh kualitas sumber daya
manusianya.
6. Pembangunan adalah proses perubahan
terus-menerus, menuju pada kemajuan dan perbaikan ke arah tujuan bersama.
7. Pembangunan nasional adalah rangkaian
upaya pembangunan yang berkelanjutan meliputi seluruh aspek kehidupan (politik,
ekonomi, sosbud, hankam)
8. Pembangunan merupakan usaha peningkatan
kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang berkelanjutan, berlandaskan
kemampuan nasional.
9. Keseluruhan semangat, arah, gerak
pembangunan merupakan pengamalan Pancasila.
10. Tujuan pembangunan nasional yaitu
mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
11. Hakekat pembangunan nasional adalah :
a. Pembangunan manusia seutuhnya, meliputi
material dan spiritual.
b. Pembangunan seluruh masyarakat, berarti
merata di seluruh wilayah dan lapisan masyarakat.
12. Modal dasar pembangunan nasional :
a. Kemerdekaan dan kedaulatan negara
b. Wilayah yang luas
c. Kekayaan alam yang melimpah
d. Jumlah penduduk yang besar
e. Potensi dan kekuatan efektif bangsa
f. Persatuan dan kesatuan
g. Rohaniah dan Mental
h. Budaya bangsa
13. Faktor dominan yang berpengaruh terhadap
pembangunan :
a. Kependudukan dan sosial budaya
b. Wilayah kepulauan dan kelautan
c. Sumber daya alam
d. Sumber daya manusia
e. Disiplin nasional
f. Manajemen nasional
g. Perkembangan regional, globalisasi,
tatanan internasional
h. Kemungkinan pengembangan
14. Pembangunan nasional adalah dari, oleh,
untuk rakyat. Pembangunan dilaksanakan bersama oleh masyarakat dan pemerintah. Masyarakat
adalah pelaku utama (subyek) pembangunan. Pemerintah bertugas mengarahkan,
membimbing, menciptakan suasan penunjang
15. Keberhasilan pembangunan tergantung pada
partisipasi seluruh rakyat dan sikap mental, tekad, disiplin penyelenggara
negara.
16. Peran siswa dalam pembangunan adalah
belajar dengan giat.
DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA
PENJABARAN MATERI POKOK
DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA
DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA
1. Beberapa
pengertian globalisasi :
a. Suatu
proses yang dimana batas-batas negara tidak ada dan tidak penting lagi dalam
kehidupan social (Michael Haralambas dan Martin Holborn)
b.
Terbentuknya
sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk
mengikuti sistem dan kaidah yang sama.
2.
Faktor
pendorong utama globalisasi yaitu kemajuan iptek dan komunikasi yang cepat.
3.
Arti
penting globalisasi bagi Indonesia :
a.
Sebagai
negara berkembang membutuhkan bantuan dan kerja sama dengan negara lain.
b.
Globalisasi
dapat meningkatkan kehidupan masyarakat
c.
Meningkatkan
kemajuan iptek di Indonesia.
4.
Indonesia
dalam pergaulan internasioan bersikap terbuka terhadap pergaulan internasional.
Politik luar negeri Indonesia bebas aktif.
Bebas artinya bebas menentukan nasib sendiri, tidak memihak. Aktif
berarti ikut serta mewujudkan perdamaian dunia.
5.
Landasan
politik luar negeri Indonesia termuat dalam :
a.
Pembukaan
UUD 1945 alinea I dan IV.
b.
Pasal
11, 12, dan 13 UUD 1945
c.
UU No
37 tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri
6.
Tujuan
politik luar negeri Indonesia diabdikan kepada kepentingan nasional Indonesia.
7.
Klasifikasi
kerjasama antar bangsa dikelompokkan berdasarkan :
a.
Jumlah
Negara, yaitu :
Ø
Bilateral, yaitu kerjasama dua negara
Ø
Multilateral,
yaitu kerjasama lebih dari dua negara
b.
Wilayah
Negara, yaitu :
Ø
Regional,
yaitu kerjasama beberapa Negara dalam satu wilayah tertentu seperti ASEAN, Uni
Eropa
Ø
Internasional,
yaitu kerjasama beberapa Negara tanpa dibatasi wilayah tertentu
c.
Bidang
kerjasama, yaitu :
Ø
Ekonomi,
seperti APEC, Bank Dunia
Ø
Social
budaya, seperti WHO, UNESCO
Ø
Pertahanan
keamanan, seperti NATO
8.
Dampak
positif glibalisasi dalam berbagai bidang seperti :
a.
Bidang
Politik antara lain:
Ø
Berkembang
paham demokrasi, hak asasi manusia, persamaan derajat
Ø
Penerapan
prinsip-prinsip negara hukum
b.
Bidang
Ekonomi antara lain :
Ø
Peningkatan
eksport dan import barang
Ø
Penanaman
modal bagi investasi di Indonesia
c.
Bidang
Sosial Budaya antara lain :
Ø
Peningkatan
ilmu pengetahuan dan teknologi
Ø
Sikap
disiplin, etos kerja, profesional, dan sebagainya
d.
Bidang
Pertahanan dan Keamanan antara lain :
Ø
Penggunaan
teknologi pertahanan
Ø
Radar
pertahanan dan keamanan
9.
Dampak
negatif globalisasi dalam berbagai bidang seperti :
a.
Bidang
Politik, antara lain :
Ø
Berkembang
paham liberalisme, komunisme
Ø
Campur
tangan negara lain dalam urusan dalam negeri
b.
Bidang
Ekonomi, antara lain :
Ø
Kekuatan
ekonomi kapitalisme mendesak ekonomi nasional
Ø
Meningkatnya
kesenjangan ekonomi
Ø
Produksi
dalam negeri tidak mampu bersaing dengan produksi negara lain
c.
Bidang
Sosial Budaya antara lain :
Ø
Muncul
budaya pergaulan bebas
Ø
Penyalahgunaan
narkoba dan obat terlarang
Ø
Budaya
minuman keras
Ø
Sikap
hedonisme, konsumtif
Ø
Nilai
kepribadian dan budaya bangsa hilang
d.
Bidang
Pertahanan dan Keamanan, antara lain :
Ø
Kejahatan
internasional
Ø
Tindakan
terorisme
Ø
Pencurian
kekayaan laut oleh nelayan asing
10.
Sikap
yang dibutuhkan dalam menghadapi globalisasi antara lain :
a.
Kebudayaan
nasional adalah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budi rakyat Indonesia
seluruhnya. Kebudayaan lama dan asli (daerah) yang terdapat sebagai
puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia merupakan
kebudayaan nasional. Kebudayaan asing yang dapat memperkaya kebudayaan bangsa serta mempertinggi
derajat kemanusiaan kita terima apabila tidak bertentangan dengan kepribadian
bangsa dan Pancasila.
b.
Bangga
berbangsa dan bertanah air Indonesia
c.
Bangga
terhadap produksi dalam negari
d.
Cinta
tanah air dan bangsa
e.
Rela
berkorban demi bangsa dan negara
f.
Menjunjung
persatuan dan kesatuan bangsa
g.
Melestarikan
budaya nasional, waspada terhadap pengaruh budaya luar