1.Menurut saya gambar diatas adalah konflik yang saat ini terjadi di Indonesia,banyak masyarakat yang meminta keadilan bagi mereka yang kurang mampu dalam masalah ekonomi dan yang lain lainnya,ada juga masalah bagi anak sekolah yang kurang memadai untuk masalah sekolah yang kurang dalam bentuk sekolahnya,koprusi harus dibantai sampai ke akar akarnya untuk keadilan bagi masyarakat kecil. 2. Kesan saya terhadap tugas ini sangat menarik karena memberikan materi pembelajaran dengan teknologi yang ada saat ini.
1. ✓ Gambar 1 Keterbatasan bukan lah halangan dalam menempuh ilmu pengetahuan, terlihat pada gambar, walaupun dengan infrastruktur yang sangat kurang memadai, namun niat pada siswa/i tersebut untuk belajar sangat besar. Disini peran pemerintah dalam mengalokasikan APBN untuk membangun infrastruktur yang lebih baik ke dalam pulau pulau pelosok di Indonesia sangat diperlukan
✓ Gambar 2 Ancaman yang terjadi di Indonesia saat ini terkait integrasi sosial adalah perkembangan arus globalisasi dimana masuknya budaya budaya atau unsur unsur baru yang kebanyakan bersifat menentang atau tidak sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat kita, sehingga masyarakat kita cepat terpengaruh budaya baru tersebut.
Bicara fakta saja, masyarakat Indonesia cenderung lebih suka produk / budaya diluar dibandingkan budaya sendiri. Walaupun koar koar berkata nasionalisme, aku cinta Indonesia, dan lain sebagainya.
Namun dalam prakteknya benar benar sangat nol. Integrasi sosial di Indonesia bisa rapuh seiring berjalannya waktu jika kita sebagai masyarakat nya tidak memiliki kesadaran.
✓ Gambar 3 Gambar tersebut adalah bentuk nasionalisme warga negara Indonesia terhadap Indonesia, walaupun terlihat seperti hal kecil, namun dalam mengibarkan bendera merah putih perlu tekad yang kuat mengingat itu adalah bentuk perjuangan yang dilakukan pahlawan kita untuk Indonesia
✓Gambar 4 dan 5 Di Indonesia politik sara dan korupsi hal yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang kompleks.
Yang pertama politik dan sara menghancurkan kebhinekaan di Indonesia, dimana seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, perbedaan adalah hal yang pasti ada didalamnya.
Lalu, Politik. Politik juga adalah hal yang penting di negara ini, namun kerap kali dalam pelaksanaan nya, dimana politik berjalan dengan memberi ruang dan jarak kepada unsur unsur SARA yang ada di Indonesia
Hal tersebut sangat mengakibatkan perpecahan didalam kebhinekaan di Indonesia yang nantinya bisa menghancurkan keberagaman kita.
2. Kesan saya saat mendapat tugas membuat cerita pendek adalah sangat senang, karena basic saya memang di karya sastra, jadi saya bisa menuangkan segala bentuk apresiasi saya selama ini sebagai siswa ke dalam karya sastra
1.ancaman ancaman integrasi nasional di dalam bidang sosial budaya ada isu kemiskinan,isu kebodohan,isu keterbelakangan,isu ketidakadilan. beberapa pengaruh negatif globalisasi terhadap integrasi sosial budaya ialah -munculnya gaya hidup konsumtif -munculnya sifat hedonisme -munculnya budaya westernisasi apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi ancaman ancaman integrasi nasional? -Penguasaan IPTEK Penguasaan IPTEK ini bisa diwujudkan dengan menempuh pendidikan, banyak membaca, dan terbuka terhadap arus informasi dunia. -Penguasaan Wawasan Nusantara Penguasaan budaya dan wawasan nusantara ini bisa dilaksanakan melalui pendidikan formal maupun mandiri. -Meningkatkan rasa cinta tanah air Meningkatkan rasa cinta tanah air ini dapat dilakukan dengan menguatkan konsep Bhinneka Tunggal Ika. Tak hanya itu, kita juga bisa menggunakan dan mencintai produk buatan Indonesia atau buatan lokal dengan sepenuh hati. -Membangun jiwa persaudaraan Dalam berteman, kita tidak boleh membedakan teman berdasarkan latar belakangnya. Baik itu dari suku, ras, maupun agama. -Menyaring Budaya yang Masuk Proses penyaringan budaya ini dapat dilakukan dengan menggunakan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.
2.Saya sangat senang diberi tugas membuat cerpen mengenai pengalaman terbaik selama SMA karena dalam pembuatan cerpen tersebut saya bisa mengingat ngingat kembali mengenai hal hal yang menyenangkan selama saya bersekolah di SMA Negeri 9 Denpasar.
1. Saya akan menganalisa gambar ke 4 tentang korupsi, Berdasarkan Gambar tersebut saya bisa memberi pendapat tentang para" koruptor yang sama sekali tidak memikirkan kehidupan masyarakat" yang hidup dengan ekonomi yang berkecukupan. Karena itu, kita sebagai masyarakat" pintar tidak boleh memilih pemimpin yang hanya akan mementingkan dirinya sendiri tanpa mempedulikan masyarakat lainnya. jadi, kita tidak boleh memilih pemimpin" yang abal" maupun sembarangan.
2. Kesan saya tentang membuat tugas cerita itu adalah sangat ber semengat dan exited karena saya menceritakan cerita saya yang sangat" menjadi pengalaman terbaik saya dan juga saya sangat senang karena cerita saya tersebut akan di baca oleh banyak orang karena itu lah saya sangat amat senang karena cerita saya merupakan pengalaman saya yang terbaik sepanjang saya menjadi siswa.
1. Gambar satu menunjukan anak sekolah dasar sedang belajar dengan giat, gambar 2 menunjukan ancaman integrasi sosial berupa perbedaan budaya setiap darah yang dapat memunculkan perselisihan, gambar 3 menunjukan para tentara yang memegang bendera merah putih, gambar 4 menunjukan karikatur yang artinya jika ingin maju maka harus menyelesaikan masalah yang ada di dalam negeri seperti korupsi kemiskinan terorisme dll, gambar 5 menunjukan orang yang protes untuk menghentikan politik Sara agar tidak terjadi perpecahan antar bangsa 2.Kesan saya sangat menyenangkan karena saya dapat berbagi cerita kepada teman teman saya
Nama : Desak ayu kutha shinta maha devi No : 4 Kelas : XI IPS 2
1.korupsi skrng sedang bnyakny di bicarakan, contohnya yang lagi viral skrng. Rektor Universitas Udayana Bali, Profesor I Nyoman Gde Antara, ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Bali dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) mahasiswa baru seleksi jalur mandiri tahun akademik 2018/2019 - 2022/2023.Tindakan korupsi merupakan tindakan yang sangat merugikan negara. Korupsi mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi negara, menurunnya investasi, meningkatnya kemiskinan serta meningkatnya ketimpangan pendapatan. Korupsi juga dapat menurunkan tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu negara.
2.kesan saya sangat senang dah bahagia, karna saya dapat mengingat masa' saya memiliki teman-teman yang baik dari berbagai macam daerah dan agama
gambar 1. menurut saya setelah saya mengamati gambar tersebut siswa-siswi tersebut. menuntut ilmu di keadaan pembelajaran yang kurang memadai atau infrastruktur yang kurang memadai tetapi bagi siswa siswi tersebut bukan lah menjadi halangan untuk menuntut ilmu. pelajaran yang bisa saya ambil dari gambar tersebut. kita harus niat dan semangat dalam belajar di dalam kerterbatasan tersebut
2. kesan saya dalam membuat tugas cerita saya bisa berbagi dalam pengalaman terbaik saya dan kesan saya dalam tugas ini sangat menarik
Nama : Agus Andhika Pratama No : 33 Kls : XI IPS 2
1. ketiga adalah impian saya untuk menjadi aparat negara yang membela tanah air Indonesia yang sudah diwariskan turun-temurun,menjadi TNI juga merubah saya dari berbadan gemuk menjadi lebih kurus dari yang tidak bisa,perlahan bisa,dan berubah menjadi pasti bisa.
2.Kesan saya dalam membuat tugas cerita tersebut adalah sangat senang karena saya akan mengetahui bahwa cerita saya akan di baca oleh masyarakat,dan saya juga sangat terharu karena saya menceritakan pengalaman terbaik saya. -Sekian kesan dan pesan yang bisa saya berikan mohon maaf jika ada salah kata terima kasih-
Nama : Ni Kadek Santi Ayu Saraswati No/Kelas : 28/XI IPS 2
1. Analisis yang saya dapat simpulkan terkait gambar-gambar tersebut adalah:
- Gambar 1 = terlihat antusiasme dan semangat mereka dalam mengikuti kegiatan pembelajaran walaupun kondisi ruangan yang bisa di bilang kurang layak tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat mereka untuk bersekolah
- Gambar 2 = ancaman mengenai integrasi dibidang sosial budaya dapat saja berasal dari negeri sendiri (dalam negeri) contohnya seperti sparatisme, terosisme dan hal ini jika dibiarkan akan mengakibatkan kesenjangan bahkan perpecahan antar umat manusia.
- Gambar 3 = dari gambar yang saya lihat hal tersebut merupakan upaya bangsa indonesia iku serta dalam perdamaian dunia, bagaimana bangsa indonesia bersinergi dengan negara lain dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dunia
- Gambar 4 = melalui poster tersebut hal yang dapat saya simpulkan, bagaimana upaya bangsa indonesia untuk memberantas kemiskinan, korupsi, terorisme, radikalisme dan hal-hal semacamnya demi kebangkitan yang diharapkan segenap bangsa indonesia
- Gambar 5 = para pendemo tersebut menyuarakan untuk menghentikan politik sara ( suku, agama, ras, dan antargolongan ) dimana jikalau politik ini dilakukan tetunya merusak semboyan Bhineka Tunggal Ika dan mengakibatkan perpecahan di dalam keberagaman yang dimiliki rakyat indonesia
2. Kesan saya dalam membuat tugas cerita pendek yakni saya dapat membagikan moment berharga saya melalui tugas tersebut, saya juga dapat mengekspresikan bagaimana perasaan, antusiasme dan kepercayaan diri saya dalam wujud cerita pendek yang saya ketik sendiri.
Nama: Anak Agung Bagus Ngurah Nayaka Wangsa (01/XI IPS 2)
Soal no 1: - Gambar Pertama: makna yang terkandung dalama gambar no 1 adalah, walaupun tempat pembelajaran mereka yang kumuh mereka tetap giat dalam belajar dan terus menggali ilmu dari sekolahnya, tempat bukanlah halangan bagi orang yang ingin belajar. Analisisis: pada gambar pertama terlihat para murid sedang menuntut ilmu di sekolahnya yang terlihat tidak layak bagi mereka. Hal ini sangat memprihatinkan bagi anak bangsa para penerus tombak estafet bangsa ini, dan kurangnya perhatian dari pemerintah tentang sekolah ini. biasanya sekolah yang kumuh dan terlihat tidak layak kebanyakan berada di daerah daerah terpencil atau berada jauh dari perkotaan, hal tersebut menyebabkan pemerintah tidak melihat sekolah yang tidak layak seperti gambar diatas. - Gambar Ketiga makna yang terkandung dalam gambar no 3 adalah, kita sebagai generasi penerus bangsa harus ikut membantu menjaga keamanan dan ketentraman bagi bangsa indonesia, mereka yang menggunakan baju loreng loreng itu sudah menyatakan bahwa dirinya berani mati demi bangsa dan negara kita. Analisis: Pada gambar no 3 terlihat deretan para tentara yang berdiri dengan gagah dan menggunakan baju loreng loreng. menjadi seorang tentara bukanlah hal yang mudah, perlu proses yang panjang untuk mencapainya, mereka yang sudah menjadi tentara menyatakan bahwa ia siap mengandi bagi bangsa dan negara kita, merekalah yang akan menjaga ketentraman dan keamanan kita, dan kita sebagai rakyat indonesia juga harus ikut membantu menjaga ketentraman bangsa kita
Soal no 2: Kesan saya membuat cerita pendek tersebut adalah, saya merasa bangga dengan pengalaman saya tersebut, dan saya bangga dapat menjadikan pengalaman tersebut menjadi sebuah cerita
1. Gambar 4 Di Indonesia politik sara dan korupsi hal yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang kompleks. Yang pertama politik dan sara menghancurkan kebhinekaan di Indonesia, dimana seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, perbedaan adalah hal yang pasti ada didalamnya.
Gambar 5 Politik juga adalah hal yang penting di negara ini, namun kerap kali dalam pelaksanaan nya, dimana politik berjalan dengan memberi ruang dan jarak kepada unsur unsur SARA yang ada di Indonesia Hal tersebut sangat mengakibatkan perpecahan didalam kebhinekaan di Indonesia yang nantinya bisa menghancurkan keberagaman kita.
2. Kesan saya ketika mendapatkan tugas membuat cerita pendem sangat senang, karena basic saya memang di karya sastra, jadi saya bisa menuangkan segala bentuk apresiasi saya selama ini sebagai siswa ke dalam karya sastra tersebut
Nama : Ratu Angelica Chania No : 36 Kelas : XI IPS 2
1). > makna gambar pertama : terlihat anak anak sd yang sangat semangat belajar, meskipun fasilitas tidak sebagus sekolah sekolah pada umumnya, tetapi mereka tetap memiliki niat yang sangat besar untuk datang dan belajar. > makna gambar kedua : Ancaman terhadap integrasi nasional bidang sosial budaya dari dalam didorong oleh faktor-faktor sebagai berikut: * Isu kemiskinan * Isu kebodohan * Isu keterbelakangan * Isu ketidakadilan oleh karena itu, kita patut mencegah hal tersebut dengan cara Mendidik diri agar punya sifat toleransi yang tinggi. Membangun jiwa korsa/persaudaraan antar suku, agama, ras, atau golongan. Menggunakan media sosial seperlunya. Meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri. > makna gambar ketiga : Beberapa anggota TNI yang berdiri tegap hingga ada yang membawa bendera karena mereka adalah pasukan yang memiliki peranan penting untuk menjaga kedaulatan dan keamanan, serta perlindungan kepada seluruh masyarakat. > makna gambar keempat : luntur artinya berubah atau hilang warnanya. Menjadi lusuh, belel dalam bahasa gaul, inilah luntur. Kosa kata yang seringkali dipakai sebagai penggambaran atas kondisi dan situasi tertentu di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Iman yang luntur. Nasionalisme dan patriotisme sudah luntur atau memudar. Integritasnya memudar dan sebagainya. Hal itu luntur karena tidak dirawat dengan baik, meskipun secara alamiah kelunturan itu pasti akan terjadi.Tapi kalau dirawat akan menjadi awet, warnanya masih seperti sediakala dan tetap menarik dan enak di pandang. Berkebangsaan tidak boleh luntur! . Luntur atau sengaja melunturkan Indonesia dalam dimensi apapun adalah a-nasionalis. Tidak cinta tanah air. Padahal cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) adalah sifat pragmatisme yang harus dibumi hanguskan. Sikap menerabas ingin kaya dengan menjalankan KKN adalah tidak nasionalis karena dengan sengaja bermain di air keruh mengambil harta negara dengan berlindung di balik kekuasaan yang melekat pada dirinya sebagai abdi rakyat. >makna gambar kelima : terlihat beberapa orang’ yang sedang melakukan demo karena kaderisasi tidak berjalan dan rekrutmen calon tidak dilakukan secara demokratis. Hal ini dianggap karena kadernya lemah, maka yang "mainkan" adalah politik SARA demi meraih kekuasaan. Pertarungannya bukan lagi soal program, visi dan misi para kandidat, tetapi lebih soal SARA yang bisa memecah-belah bangsa dan menghancurkan keberagaman.
2). Kesan saya pada penugasan ini adalah, saya merasa tugas ini dapat membuat saya berpikir secara kritis seperti hanya dengan melihat sebuah gambar yang telah diberikan, saya akan mulai mencari rangkaian kata yang telah terfikir dan muncul di otak saya setelah melalui berfikir dengan kritis.
• gambar 1 terlihat para siswa dan siswi sedang belajar bersama namun keadaan mereka sangat memprihatikan karena kurang nya fasilitas sekolah yg diberikan oleh pemerintah, terlihat mereka masih menggunakan kursi dan meja yg sudah rusak yang sama sekali tidak layak pakai, masih beralas tanah serta berdinding kayu namun hal itu tidak mematahkan semangat belajar mereka.
• gambar 2 terlihat perbedaan kebudayaan yg dimiliki oleh setiap masyarakat atau individu. Namun pada salah satu gambar terdapat kumpulan anak yg terlihat mengikuti tren luar seperti mengubah cara berpakaian, gaya rambut, dll. Ini bisa menjadi ancaman integritas sosial di bidang budaya yg terjadi pada generasi muda, ini merupakan bentuk penjajah yg terjadi pada bidang sosial dan budaya dan akan membawa dampak buruk contohnya seperti munculnya gejala westernisasi, kepribadian luhur bangsa dan nilai agama semakin memudar.
• gambar 3 yg bisa saya amati adalah tentara yg sedang melakukan upacara bendera, pelindung negara tersebut tetap melaksanakan upacara meski tidak ada peralatan yg memadai. Tentara tersebut tetap menjunjung tinggi dasar negara yg merupakan kewajiban sebagai warga negara.
• gambar 4 terdapat gambar ilustrasi yg memperlihatkan bahwa kemiskinan, korupsi, narkoba, terorisme, cuci otak dan radikalisme membuat Indonesia jatuh, terpuruk dan tidak bisa bangkit atau menjadi negara yg lebih maju atau berkembang dikarenakan masyarakat Indonesia masih minim rasa empati dan simpati terhadap sesama, tidak peduli dengan lingkungan dan keadaan buruk org lain, itu menjadikan Indonesia negara yang tidak memiliki orang orang yg berkualitas serta terdidik.
• gambar 5 terlihat sekumpulan orang yg sedang melakukan demo terhadap orang orang yg melakukan politik SARA yang menyebabkan bhineka tunggal Ika rusak . Politik SARA bisa saja terjadi karena kaderisasi tidak berjalan dan rekrutmen calon tidak dilakukan secara demokratis. Jadi, pertarungannya bukan lagi soal program, visi dan misi para kandidat, tetapi lebih soal SARA yang bisa memecah-belah bangsa dan menghancurkan keberagaman.
Nama: I Putu Yana Dharma Sunita No: 16 Kelas: 11 IPS 2 1 menurut saya Keterbatasan bukan lah halangan dalam menempuh ilmu pengetahuan, terlihat pada gambar, walaupun dengan infrastruktur yang sangat kurang memadai, namun niat pada siswa/i tersebut untuk belajar sangat besar. Disini peran pemerintah dalam mengalokasikan APBN untuk membangun infrastruktur yang lebih baik ke dalam pulau pulau pelosok di Indonesia sangat diperlukan 2 Ancaman yang terjadi di Indonesia saat ini terkait integrasi sosial adalah perkembangan arus globalisasi dimana masuknya budaya budaya atau unsur unsur baru yang kebanyakan bersifat menentang atau tidak sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat kita, sehingga masyarakat kita cepat terpengaruh budaya baru tersebut. Bicara fakta saja, masyarakat Indonesia cenderung lebih suka produk / budaya diluar dibandingkan budaya sendiri. Walaupun koar koar berkata nasionalisme, aku cinta Indonesia, dan lain sebagainya. Namun dalam prakteknya benar benar sangat nol. Integrasi sosial di Indonesia bisa rapuh seiring berjalannya waktu jika kita sebagai masyarakat nya tidak memiliki kesadaran. 3 Gambar tersebut adalah bentuk nasionalisme warga negara Indonesia terhadap Indonesia, walaupun terlihat seperti hal kecil, namun dalam mengibarkan bendera merah putih perlu tekad yang kuat mengingat itu adalah bentuk perjuangan yang dilakukan pahlawan kita untuk Indonesia 4 dan 5 Di Indonesia politik sara dan korupsi hal yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang kompleks. Yang pertama politik dan sara menghancurkan kebhinekaan di Indonesia, dimana seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, perbedaan adalah hal yang pasti ada didalamnya. Lalu, Politik. Politik juga adalah hal yang penting di negara ini, namun kerap kali dalam pelaksanaan nya, dimana politik berjalan dengan memberi ruang dan jarak kepada unsur unsur SARA yang ada di Indonesia Hal tersebut sangat mengakibatkan perpecahan didalam kebhinekaan di Indonesia yang nantinya bisa menghancurkan keberagaman kita.
Nama : Luthfia Nur Indriyani No : 26 Kelas : XI IPS
1. Gambar 1 : Disana terdapat anak-anak yang menduduki tingkat Sekolah Dasar sedang belajar bersama. Terlihat kondisi kelas yang tidak layak untuk mendapatkan fasilitas belajar secara nyaman, tetapi mereka tetap gigih dan semangat dalam menempuh pendidikan. Pemerintah juga harus adil dalam membangun fasilitas di sekolah-sekolah pedalaman, agar mereka dapat belajar dengan layak tanpa takut akan hal-hal yang menimpa murid dalam proses pembelajaran.
Gambar 2 : Adanya ancaman terkait dengan bidang Sosial-Budaya, itu dikarenakan budaya asing yang telah masuk ke Indonesia. Sekarang banyak anak-anak remaja yang mengikuti gaya hidup budaya asing, yang membuat lupa akan budaya di Indonesia.
Gambar 3 : Terlihat adanya beberapa anggota TNI yang berdiri tegap, ada yang membawa bendera dan baki. Mereka merupakan pasukan pertahanan dan keamanan dalam menjaga Indonesia dari bahaya ancaman luar yang masuk ke Indonesia.
Gambar 4 : Permasalahan yang kerap terjadi di Indonesia, meskipun sudah diberantas bagi oknum-oknum tak ada kata berantas di hidupnya. Pasti disetiap waktu oknum-oknum tersebut akan kembali menyebabkan masalah-masalah yang sudah terjadi. Seharusnya hukum bagi orang yang melakukan masalah tersebut agar dapat hukuman yang setimpal dan tidak membanding-bandingkan derajat atau profesinya.
Gambar 5 : Terjadi demo yang dilakukan masyarakat Indonesia terkait konflik SARA. Konflik SARA di Indonesia sering terjadi diantara beberapa suku yang ada. Ini disebabkan adanya kesalahpahaman dan tak ada toleransi bagi kedua belah pihak, lalu terjadinya konflik SARA yang dapat memecah belah persatuan.
2. Kesan saya dalam membuat penulisan cerpen, saya dapat mengenang kembali masa-masa berjuangnya saya di medan perlombaan bagaimana rasa saya pertama kali lomba. Saya dapat menuangkan perasaan saat saya itu, senang dan sedih sangat melekas di diri saya pada saat itu. Dan saya harapkan bagi pembaca siapapun dapat merasakan perasaan yang saya alami saat itu.
1 a. tempat belajar yang kurang layak masih banyak tersebar dipelosok indonesia b. masuknya budaya asing ke indonesia yang mau secara sengaja atau tidak yg mungkin bisa merusak budaya budaya lokal c. tentara tentara yang mengabdikan diri dengan gagah demi indonesia
Nama : Ni Komang Trinita Ferayanti No. Absen : 30 Kelas : IX IPS 2
1. Penyebab ancaman terhadap integrasi sosial budaya dari luar adalah pengaruh negatif globalisasi. Berikut ini beberapa pengaruh negatif globalisasi terhadap integrasi sosial budaya, Munculnya gaya hidup konsumtif Dampak negatif globalisasi adalah munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengonsumsi barang-barang dari luar negeri.Selain ancaman terhadap integrasi nasional di bidang sosial budaya, juga terdapat ancaman di bidang ideologi, politik, ekonomi serta pertahanan dan keamanan.
2. kesan saya adalahkesan saya sangat senang dah bahagia, karna saya dapat mengingat masa' saya memiliki teman-teman yang baik dari berbagai macam daerah dan agama
Fitri Aulia Syahra (06/XI IPS 2) Berdasar pada gambar yang disajikan maka dapat kita lihat bahwa di Indonesia sendiri masih terdapat banyak sekali permasalahan-permasalahan dari segala lingkup dan bidang yang sekiranya menjadi problematika bagi masyarakat, dimana seperti misalnya di • gambar 1 kita dapat melihat mekanisme pendidikan Indonesia yang masih belum mengalami kemerataan dengan baik sehingga terdapat anak-anak yang belum mampu menikmati fasilitas pendidikan yang seharusnya nyaman dan dapat menunjang kegiatan belajar dan mengajar yang mereka lakukan, • kemudian pada gambar 2 Indonesia pula masih mengalami permasalahan dalam intergrasi sosial budaya dimana keberagaman yang ada justru seringkali menjadi isu konflik yang memecah belah masyarakat • permasalahan berikutnya tertuang pada gambar 4 dan 5 yang menjadi permasalahan sosial dalam masyarakat dimana kemiskinan, narkoba, terorisme, korupsi, dan isu SARA serta radikalisme masih terlaksana di negara yang memiliki banyak sekali masyarakat ini, padahal seharusnya Indonesia sebagai bangsa yang kaya dapat menjadi bangsa maju tanpa permasalahan ini. 2. Dengan membuat tugas ini saya menyadari bahwa pengalaman berharga yang saya rasakan selama menjadi pelajar mungkin adalah hal paling sederhana yang mungkin orang lihat, yaitu ketika mendapatkan pelajaran berharga dari orang-orang sekitar, tanpa membuat tugas ini mungkin saya tidak akan pernah menyadari hal tersebut.
1. - makna dari gambar pertama adalah tidak ada halangan bagi mereka yang ingin belajar. Walaupun fasilitas nya kurang memadai, semangat belajar mereka tetap tinggi. - makna dari gambar kedua adalah ancaman integrasi di bidang sosial dan budaya. Cara agar terhindar dari ancaman integrasi adalah menyaring budaya-budaya yang masuk ke Indonesia. Dengan begitu kita bisa memilih yang mana yang boleh diterapkan dan yang mana yang tidak boleh kita terapkan. - makna dari gambar ketiga adalah peran TNI dalam menjaga keamanan masyarakat dan negara. - makna dari gambar keempat adalah kurangnya upaya pemerintah dalam mensejahterakan rakyat. Seperti: a. pada angka kemiskinan yang tinggi karena kurangnya lapangan pekerjaan. b. tingkat korupsi yang masih sangat banyak dilakukan oleh pejabat-pejabat negara, bahkan sekarang masyarakat nya pun bisa korupsi juga. c. penggunaan narkoba yang rentan terjadi pada remaja. dan masih banyak lagi. - makna dari gambar kelima adalah demostrasi mengenai politik sara. Politik SARA marak terjadi di Indonesia karena kaderisasi tidak berjalan dan rekrutmen calon tidak dilakukan secara demokratis. Politik SARA ini dapat menimbulkan perpecahan antarkelompok dalam masyarakat, maka dari itu hetikan politik SARA sekarang juga.
2. Kesan saya dalam tugas cerita yang sudah saya buat adalah, membuat kita berfikir kritis dalam menyusun sebuah cerita agar bisa membuat cerita yang menarik.
1. Saya menganalisa gambar No 1 Dari gambar yang saya lihat bagaimana perjuangan seorang pelajar walaupun sarana prasarana yang sangat kurang memadai.namun niat yang dimiliki seorang pelajar untuk menuntut ilmu yang sangat besar.
2. Gambar 4 dari gambar yang saya lihat,di Indonesia politik dan korupsi masih sampai saat ini masih menjadi permasalahan,yang pertama politik menghancurkan kebinekaan di Indonesia ,seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara yang peruh dengan keragaman kebudayaan.
3. Kesan yang dapat saya sampaikan adalah saya merasa senang terhadap tugas yang di berikan.
Nama: I Putu Eka Wahyu Putra Kelas: XI IPS 2 No : 15 Mapel: PPKN
1. (Gambar 1) Yang saya dapat pahami dari gambar pertama adalah kondisi tempat untuk memperoleh pendidikan yang tidak merata seperti yang dapat saya lihat digambar sebuah sekolah dengan fasilitas yang kurang memadai sedangkan dibeberapa daerah sekolah sekolah sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai
(Gambar 2) Hal yang dapat saya pahami dari gambar kedua adalah di indonesia terdapat banyak budaya sehingga hal tersebut memunculkan sebuah ancaman karena banyaknya perbedaan dimasyarakat, perbedaan dimasyarakat ini kerap kali menjadi sebuah penyebab terjadinya sebuah konflik dimasyarakat oleh karena itu diperlukannya integrasi yang kuat agar tidak menimbulkan suatu konflik sara. Selain ancaman dari budaya yang beragam, budaya luar juga menjadi ancaman karena dapat menggeser budaya daerah seperti masuknya budaya kpop, anime dan punk dari negara lain.
(Gambar 3) Hal yang saya pahami dari gambar ke 3 adalah nasionalisme, nasionalisme adalah hal yang sangat diperlukan dimasa globalisasi ini karena dimasa globalisasi informasi masuk dengan cepat tanpa tersaring sshingga hal tersebut dapat menyebabkan masuknya paham paham atau ideologo ideologi yang menyesatkan
(Gambar 4) Hal yang dapat cermati dari gambar ke empat adalah terhambatnya pembangunan Indonesia karena Korupsi, kemiskinan, terorisme dan lain lain. Dengan maraknya korupsi di Indonesia, Indonesia akan sulit berkembang karena dana dana yang diperlukan mengalir ke arah yang tidak tentu. selain karena korupsi, terorisme juga menjadi penghambat perkembangan Indonesia karena terorisme akan memberikan rasa takut dan juga terorisme kerap menyebarkan paham paham yang menyesatkan.
(Gambar 5) Hal yang dapat saya mengerti dari gambar terakhir adalah penggunaan politik sara di Indonesia, Politik sara adalah sebuah politik yang menggunakan sara sebagai komoditas politik yang digunakan untuk memperoleh suatu keuntungan. Di tahun politik ini politik sara kerap digunakan sehingga kaderisasi berjalan secara tidak demokratis.
2. Kesan saya mengenai tugas membuat cerita yang diberikan adalah saya merasa sangat bernostalgia dengan masa masa latihan saya.
Nama: Ida Ayu Made Kirana Pradnyandari No: 21 Kelas: XI IPS 2
Gambar 1: Fasilitas belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. gambar ini merupakan potret siswa-siswi yang tetap semangat belajar untuk menimba ilmu walaupun keadaannya fasilitas kurang memadai. Di dalam foto tersebut terlihat bahwa meja dan kursi kayu yang sudah rapuh, kelas yang beralaskan tanah, dan dinding kelas yang menggunakan kayu. Tetapi antusiasme mereka masih sangat besar. Fasilitas belajar ini sangat penting adanya untuk membuat suasana kelas menjadi nyaman, misalnya seperti ruangan kelas yang ber AC membuat suasana belajar menjadi nyaman. Tetapi tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkannya. Seharusnya kita yang memiliki fasilitas yang lengkap bersyukur dan memiliki semangat untuk belajar seperti siswa-siswi yang terdapat di dalam foto.
Gambar 2: Ancaman sosial budaya adalah tindakan dan/atau konsep yang disebarkan (sengaja atau tidak sengaja) dan berpotensi mengancam kekayaan suku, agama, ras, atau golongan. Kita sebagai warga indonesia yang memiliki keberagaman suku, agama, ras dan budaya seharusnya menjaga keberagaman ini agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan. Seperti dalam gambar merupakan keberagaman tarian daerah dan terdapat anak punk, punk ini merupakan pengaruh dari budaya barat. Punk dapat dikategorikan sebagai bagian dari dunia kesenian, hebohnya penampilan harus disertai dengan hebohnya pemikiran. Namun dengan adanya budaya barat yang masuk tanpa adanya saringan ini dapat membuat integrasi ini akan luntur.
Gambar 3: Merupakan salah satu contoh tingginya jiwa nasionalisme, nasionalisme adalah suatu paham yang akan menciptakan serta mempertahankan suatu kedaulatan negara. Dimana memiliki tujuan dan cita-cita yang sama dalam mewujudkan suatu kepentingan dan rasa ingin mempertahankan suatu negara.
Gambar 4: Memberantas korupsi, faktor penyebabnya adalah keserakahan, kesempatan. Keserakahan berpotensi dimiliki setiap orang. Pentingnya menanamkan antikorupsi sejak dini agar dapat memberantas korupsi. Dengan pendidikan antikorupsi sejak dini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tindakan-tindakan korupsi sehingga masyarakat dapat ikut andil dalam memberantasnya.
Gambar 5: Politik sara dapat menyebabkan perpecahan. Hal ini dapat menyebabkan perselisihan yang terjadi dikarenakan adanya perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan. Demo tersebut dilatarbelakangi karena adanya sekelompok masyarakat memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda. Cara mencegahnya dapat dengan menghormati dan menghargai orang yang memiliki suku, budaya, asal daerah, agama, atau golongan yang berbeda dari kita.
2. Kesan saat membuat tugas tentang cerita ini adalah saya senang dapat menceritakan pengalam saya dan dapat mengenang kembali masa-masa itu. Kemudian saya dapat belajar cara mengembangkan kata-kata agar menjadi menarik.
Nama: Putu Viyuka Meira Shari No: 35 Kelas: XI IPS 2
1) GAMBAR 1 : Foto tersebut memperlihatkan murid - murid yang semangat untuk belajar di ruang kelas seadanya . Ruangan yang masih dari kayu , tidak memiliki lantai , dan fasilitas sederhana. Dengan keadaan yang kurang nyaman mereka tetap masih mau belajar dengan baik . Maka kita harus bersyukur dengan fasilitas yang sudah diberikan saat ini bahkan fasilitas kita saat ini jauh lebih nyaman . Rasa syukur yang dapat kita lakukan salah satunya dengan mengikuti pelajaran dengan baik , tidak membolos , dan mendengarkan saat guru sedang menjelaskan . Masih banyak anak - anak diluar sana yang memiliki semangat untuk belajar di sekolah yang layak .
GAMBAR 2 : Pada gambar diatas terdapat 3 budaya yang berbeda di setiap daerah . Terlihat pada gambar setiap daerah memiliki ciri khas pada kebudayaannya masing - masing . Dalam perbedaan tersebut sejauh ini tidak ada konflik yang di timbulkan atas perbedaan budaya . Namun satu gambar di pojok kiri atas tidak memperlihatkan suatu budaya yang ada di Indonesia , budaya tersebut berasal dari negara barat . Jika banyak masyarakat terutamanya generasi muda yang mengikuti kebudayaan barat tersebut itu akan memberikan dampak bagi kebudayaan kita sendiri yang akan luntur atau dapat dikatakan sebagai ancaman integrasi yang akan memecah belah persatuan yang ada di Indonesia .
GAMBAR 3 : Gambar diatas terdapat foto generasi muda yang menjadi TNI . Sikap dari gambar terdebut merupakan sikap nasionalisme. Mereka akan setia untuk negaranya sendiri dalam melindungi bangsanya juga mempertahankan persatuan dan kesatuan yang ada di Indonesia . Sikap tersebut adalah salah satu tanda cinta tanah air
GAMBAR 4 : Terorisme , korupsi dan narkoba . Semua itu adalah musuh besar bagi diri kita sendiri dan negara . Hal tersebut tidak akan membawa keuntungan pada kita juga negara . Itu semua hanya memberikan kita banyak masalah dan membuat kita tidak bisa bangkit dalam mewujudkan negara yang maju .
GAMBAR 5 : Terdapat beberapa oknum yang sedang melakukan aksi massa atau demokrasi . Demokrasi sebenarnya boleh dilakukan oleh rakyat tetapi dengan tidak membuat kerusuhan dan tidak bersifat anarkis . Demokrasi bertujuan untuk mengemukakan pendapat dan suara kita atau kritik kepada lembaga” yang diduga membuat kesalahan . Masyarakat juga berhak untuk mengemukakan suaranya karena negara kita adalah negara demokratis , hanya saja terkadang cara dari beberapa oknum itu tidak dapat diterima .
2) Kesan saya mengenai tugas membuat cerita ini membuat saya lebih percaya diri dalam mencari pengalaman - pengalaman terbaik dan mencoba tanpa takut dengan hasil yang diperoleh .
Putu Indira Sharaine T.G 34/XI IPS 2 1. - Gambar 1 --> siswa dan siswi sedang belajar di ruang kelas dengan tertib walaupun fasilitasnya kurang memadai tetapi mereka semangat untuk belajar dan menuntut ilmu untuk di masa depan. - Gambar 2 ---> Indonesia memiliki beragam suku, ras, agama, budaya dan agama. Oleh karena itu kita sebaiknya harus saling hidup rukun, tetapi banyak ancaman dari gambar tersebut seperti intoleransi budaya, diskriminasi suku dan ras, tingkat kemiskinan yang semakin meningkat, serta lebih menyukai budaya luar daripada budaya sendiri. - Gambar 3 ---> pada gambar tersebut tentara yang sedang melaksanakan suatu kegiatan, dimana pun ketika kita sedang melaksanakan kegiatan resmi, bendera merah putih selalu ada itu merupakan simbol nasionalisme kita terhadap Indonesia. - Gambar 4 ---> Makna dari gambar karikatur adalah Indonesia menghadapi tantangan kemiskinan, korupsi, terorisme, narkoba, radikalisme, cuci otak. Kita berantas bersama sama mulai dari diri sendiri, masyarakat, dan pemerintah. Sehingga Indonesia tetap tegak berdiri. Merdeka!! - Gambar 5 ---> kita harus mencegah politik sara dengan cara memilih calon yang mengedepankan program program untuk kesejahteraan masyarakat yang berbeda-beda dibawah naungan negara kesatuan republik Indonesia. 2. Kesan saya tentang membuat tugas cerita itu sangat senang, saya menjadi nostalgia dengan cerita saya dan membuat saya berlatih dalam menulis cerita dari pengalaman saya sendiri.
Nama : Kadek Sandika Mahesa No : 24 Kelas : XI IPS 2
1. Yang dapat saya pahami dari gambar pertama adalah sebuah kondisi dimana sekolah yang ada di daerah yang tertinggal atau tidak terjamah oleh pemerintah, gambar ini menjelaskan adanya kurangnya pemerataan pendidikan di daerah tersebut, walau begitu bukan sebuah halangan bagi murid disana untuk menempuh ilmu pengetahuan
Yang dapat saya pahami dari gambar kedua, Ancaman integrasi di bidang sosial budaya seperti munculnya gejala westernisasi, atau masuknya budaya luar, menyebabkan memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetidakawanan.
Di gambar ketiga, nampak seperti sekumpulan banser (barisan ansor serbaguna) terlihat dari seragam yang mereka kenakan, dan bendera NU yang mereka pegang. Tujuan pembentukan banser adalah guna memberikan pengamanan pada berbagai kegiatan yang digelar partai NU.
Hal yg dapat saya simpulkan pada gambar 4&5, pada gambar ke 4, Indonesia tidak akan bangkit dari keterpurukan jika masih adanya budaya korupsi, penyebaran narkoba, dan terorisme. Pada gambar ke 5 adanya Ancaman politik, merupakan salah satu ancaman non milliter yang sifatnya mengancam secara tidak langsung seperti ancaman militer maupun ancaman ideologi yang notabennya memberikan ancaman pertahanan dan keamanan. Meskipun kelihatan sepele, namun ancaman politik merupakan salah satu ancaman yang sulit dihadapi. Ancaman ini dapat memecah belah suatu anggota kelompok dalam suatu bangsa. Jika terjadi perpecahan kelompok akibat perbedaan paham politik maka lama kelamaan bangsa akan terpecah belah.
2.kesan saya dengan tugas membuat cerita adalah sangat senang, saya dapat mengingat kenangan indah yg saya alami dahulu, dan saya dapat berbagi pengalaman terbaik saya kepada teman dan guru
- Pada gambar pertama, terlihat sebuah kelas dengan kondisi yang kurang memadai dari segi fasilitas. Walau dengan fasilitas yang kurang memadai, para siswa memiliki antusias untuk belajar. Disini terlihat bahwa di beberapa daerah di Indonesia kurangnya pemerataan sarana dan prasana khususnya di daerah terpencil. Perlu adanya upaya dari pemerintah untuk memperhatikan pendidikan secara menyeluruh. Kurangnya sarana dan prasana ini dapat menurunnya tingkat pendidikan di Indonesia.
- Pada gambar kedua, perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat dapat mengancam integrasi sosial. Pengaruh - pengaruh dari budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya lokal maupun norma di suatu negara dapat terkikisnya kebudayaan yang sudah ada sejak lama dan intergrasi sosial yang sudah terbentuk dapat hancur. Perlunya kesadaran masyarakat untuk menyaring budaya - budaya asing yang masuk ke dalam negeri.
- Pada gambar ketiga, terdapat beberapa tentara yang berdiri sambil memegang sejumlah bendera termasuk bendera Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu contoh cinta tanah air. Seorang tentara juga memiliki sifat bela negara dan rela berkorban untuk negaranya.
- Pada gambar keempat, yang saya tangkap dari poster tersebut adalah bagaimana upaya pemerintah agar Indonesia dapat bangkit dan maju. Tetapi segala aspek seperti kemiskinan, korupsi,narkoba, terorisme dan yang lainnya masih sering terjadi di Indonesia membuat pihak pemerintah perlu melaksanakan strategi dalam menghadapi ancaman berdimensi politik.
- Pada gambar kelima, terlihat sekelompok orang yang melakukan demo untuk menghentikan politik SARA. Seperti yang kita ketahui Indonesia merupaka negara dengan keberagaman suku, agama, ras dan budayanya. Memang hal ini sangat bagus kita miliki. Tetapi beberapa oknum dapat menjadikan SARA sebagai bahan hinaan yang membuat munculnya konflik dan hal ini juga dapat mengakibatkan putusnya tali persaudaraan. Kenapa konflik bernuansa SARA dapat terjadi ? Karena adanya faham primordialisme secara berlebihan hingga berkembang menjadi etnosentrisme.
2. Kesan saya mengenai tugas cerpen tentang pengalaman yang mengesankan dalam masa sekolah sungguh membuat saya senang karena saya dapat mengingat - ingat apa saja hal yang mengesankan selama 11 tahun mengenyam pendidikan. Dengan mengingat pengalaman itu membuat saya berpikir bahwa pengalaman yang mengesankan perlu untuk dikenang karena dari pengalaman tersebut saya dapat terus belajar dan belajar. Seperti kata pepatah “pengalaman adalah guru terbaik”.
1.Menurut saya gambar diatas adalah konflik yang saat ini terjadi di Indonesia,banyak masyarakat yang meminta keadilan bagi mereka yang kurang mampu dalam masalah ekonomi dan yang lain lainnya,ada juga masalah bagi anak sekolah yang kurang memadai untuk masalah sekolah yang kurang dalam bentuk sekolahnya,koprusi harus dibantai sampai ke akar akarnya untuk keadilan bagi masyarakat kecil.
BalasHapus2. Kesan saya terhadap tugas ini sangat menarik karena memberikan materi pembelajaran dengan teknologi yang ada saat ini.
I Gusti Ayu Alit Deswita Rahmasari
BalasHapusXI IPS 2 / 09
1. ✓ Gambar 1
Keterbatasan bukan lah halangan dalam menempuh ilmu pengetahuan, terlihat pada gambar, walaupun dengan infrastruktur yang sangat kurang memadai, namun niat pada siswa/i tersebut untuk belajar sangat besar.
Disini peran pemerintah dalam mengalokasikan APBN untuk membangun infrastruktur yang lebih baik ke dalam pulau pulau pelosok di Indonesia sangat diperlukan
✓ Gambar 2
Ancaman yang terjadi di Indonesia saat ini terkait integrasi sosial adalah perkembangan arus globalisasi dimana masuknya budaya budaya atau unsur unsur baru yang kebanyakan bersifat menentang atau tidak sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat kita, sehingga masyarakat kita cepat terpengaruh budaya baru tersebut.
Bicara fakta saja, masyarakat Indonesia cenderung lebih suka produk / budaya diluar dibandingkan budaya sendiri. Walaupun koar koar berkata nasionalisme, aku cinta Indonesia, dan lain sebagainya.
Namun dalam prakteknya benar benar sangat nol. Integrasi sosial di Indonesia bisa rapuh seiring berjalannya waktu jika kita sebagai masyarakat nya tidak memiliki kesadaran.
✓ Gambar 3
Gambar tersebut adalah bentuk nasionalisme warga negara Indonesia terhadap Indonesia, walaupun terlihat seperti hal kecil, namun dalam mengibarkan bendera merah putih perlu tekad yang kuat mengingat itu adalah bentuk perjuangan yang dilakukan pahlawan kita untuk Indonesia
✓Gambar 4 dan 5
Di Indonesia politik sara dan korupsi hal yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang kompleks.
Yang pertama politik dan sara menghancurkan kebhinekaan di Indonesia, dimana seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, perbedaan adalah hal yang pasti ada didalamnya.
Lalu, Politik. Politik juga adalah hal yang penting di negara ini, namun kerap kali dalam pelaksanaan nya, dimana politik berjalan dengan memberi ruang dan jarak kepada unsur unsur SARA yang ada di Indonesia
Hal tersebut sangat mengakibatkan perpecahan didalam kebhinekaan di Indonesia yang nantinya bisa menghancurkan keberagaman kita.
2. Kesan saya saat mendapat tugas membuat cerita pendek adalah sangat senang, karena basic saya memang di karya sastra, jadi saya bisa menuangkan segala bentuk apresiasi saya selama ini sebagai siswa ke dalam karya sastra
Terimakasih pak pri, tugas nya keren
Hana Azalya Betrix Letik
BalasHapus07/XI IPS 2
1.ancaman ancaman integrasi nasional di dalam bidang sosial budaya ada isu kemiskinan,isu kebodohan,isu keterbelakangan,isu ketidakadilan.
beberapa pengaruh negatif globalisasi terhadap integrasi sosial budaya ialah
-munculnya gaya hidup konsumtif
-munculnya sifat hedonisme
-munculnya budaya westernisasi
apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi ancaman ancaman integrasi nasional?
-Penguasaan IPTEK
Penguasaan IPTEK ini bisa diwujudkan dengan menempuh pendidikan, banyak membaca, dan terbuka terhadap arus informasi dunia.
-Penguasaan Wawasan Nusantara
Penguasaan budaya dan wawasan nusantara ini bisa dilaksanakan melalui pendidikan formal maupun mandiri.
-Meningkatkan rasa cinta tanah air
Meningkatkan rasa cinta tanah air ini dapat dilakukan dengan menguatkan konsep Bhinneka Tunggal Ika.
Tak hanya itu, kita juga bisa menggunakan dan mencintai produk buatan Indonesia atau buatan lokal dengan sepenuh hati.
-Membangun jiwa persaudaraan
Dalam berteman, kita tidak boleh membedakan teman berdasarkan latar belakangnya. Baik itu dari suku, ras, maupun agama.
-Menyaring Budaya yang Masuk
Proses penyaringan budaya ini dapat dilakukan dengan menggunakan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.
2.Saya sangat senang diberi tugas membuat cerpen mengenai pengalaman terbaik selama SMA karena dalam pembuatan cerpen tersebut saya bisa mengingat ngingat kembali mengenai hal hal yang menyenangkan selama saya bersekolah di SMA Negeri 9 Denpasar.
1. Saya akan menganalisa gambar ke 4 tentang korupsi, Berdasarkan Gambar tersebut saya bisa memberi pendapat tentang para" koruptor yang sama sekali tidak memikirkan kehidupan masyarakat" yang hidup dengan ekonomi yang berkecukupan. Karena itu, kita sebagai masyarakat" pintar tidak boleh memilih pemimpin yang hanya akan mementingkan dirinya sendiri tanpa mempedulikan masyarakat lainnya. jadi, kita tidak boleh memilih pemimpin" yang abal" maupun sembarangan.
BalasHapus2. Kesan saya tentang membuat tugas cerita itu adalah sangat ber semengat dan exited karena saya menceritakan cerita saya yang sangat" menjadi pengalaman terbaik saya dan juga saya sangat senang karena cerita saya tersebut akan di baca oleh banyak orang karena itu lah saya sangat amat senang karena cerita saya merupakan pengalaman saya yang terbaik sepanjang saya menjadi siswa.
Nama : Adidama
BalasHapusNo : 12
Kelas : XI IPS 2
1. Gambar satu menunjukan anak sekolah dasar sedang belajar dengan giat, gambar 2 menunjukan ancaman integrasi sosial berupa perbedaan budaya setiap darah yang dapat memunculkan perselisihan, gambar 3 menunjukan para tentara yang memegang bendera merah putih, gambar 4 menunjukan karikatur yang artinya jika ingin maju maka harus menyelesaikan masalah yang ada di dalam negeri seperti korupsi kemiskinan terorisme dll, gambar 5 menunjukan orang yang protes untuk menghentikan politik Sara agar tidak terjadi perpecahan antar bangsa
2.Kesan saya sangat menyenangkan karena saya dapat berbagi cerita kepada teman teman saya
Nama : Desak ayu kutha shinta maha devi
BalasHapusNo : 4
Kelas : XI IPS 2
1.korupsi skrng sedang bnyakny di bicarakan, contohnya yang lagi viral skrng. Rektor Universitas Udayana Bali, Profesor I Nyoman Gde Antara, ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Bali dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) mahasiswa baru seleksi jalur mandiri tahun akademik 2018/2019 - 2022/2023.Tindakan korupsi merupakan tindakan yang sangat merugikan negara. Korupsi mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi negara, menurunnya investasi, meningkatnya kemiskinan serta meningkatnya ketimpangan pendapatan. Korupsi juga dapat menurunkan tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu negara.
2.kesan saya sangat senang dah bahagia, karna saya dapat mengingat masa' saya memiliki teman-teman yang baik dari berbagai macam daerah dan agama
dennydhanaputra
BalasHapus23/XI IPS 2
gambar 1. menurut saya setelah saya mengamati gambar tersebut siswa-siswi tersebut. menuntut ilmu di keadaan pembelajaran yang kurang memadai atau infrastruktur yang kurang memadai tetapi bagi siswa siswi tersebut bukan lah menjadi halangan untuk menuntut ilmu. pelajaran yang bisa saya ambil dari gambar tersebut. kita harus niat dan semangat dalam belajar di dalam kerterbatasan tersebut
2. kesan saya dalam membuat tugas cerita saya bisa berbagi dalam pengalaman terbaik saya dan kesan saya dalam tugas ini sangat menarik
Nama : Agus Andhika Pratama
BalasHapusNo : 33
Kls : XI IPS 2
1. ketiga adalah impian saya untuk menjadi aparat negara yang membela tanah air Indonesia yang sudah diwariskan turun-temurun,menjadi TNI juga merubah saya dari berbadan gemuk menjadi lebih kurus dari yang tidak bisa,perlahan bisa,dan berubah menjadi pasti bisa.
2.Kesan saya dalam membuat tugas cerita tersebut adalah sangat senang karena saya akan mengetahui bahwa cerita saya akan di baca oleh masyarakat,dan saya juga sangat terharu karena saya menceritakan pengalaman terbaik saya. -Sekian kesan dan pesan yang bisa saya berikan mohon maaf jika ada salah kata terima kasih-
Nama : Ni Kadek Santi Ayu Saraswati
BalasHapusNo/Kelas : 28/XI IPS 2
1. Analisis yang saya dapat simpulkan terkait gambar-gambar tersebut adalah:
- Gambar 1 = terlihat antusiasme dan semangat mereka dalam mengikuti kegiatan pembelajaran walaupun kondisi ruangan yang bisa di bilang kurang layak tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat mereka untuk bersekolah
- Gambar 2 = ancaman mengenai integrasi dibidang sosial budaya dapat saja berasal dari negeri sendiri (dalam negeri) contohnya seperti sparatisme, terosisme dan hal ini jika dibiarkan akan mengakibatkan kesenjangan bahkan perpecahan antar umat manusia.
- Gambar 3 = dari gambar yang saya lihat hal tersebut merupakan upaya bangsa indonesia iku serta dalam perdamaian dunia, bagaimana bangsa indonesia bersinergi dengan negara lain dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dunia
- Gambar 4 = melalui poster tersebut hal yang dapat saya simpulkan, bagaimana upaya bangsa indonesia untuk memberantas kemiskinan, korupsi, terorisme, radikalisme dan hal-hal semacamnya demi kebangkitan yang diharapkan segenap bangsa indonesia
- Gambar 5 = para pendemo tersebut menyuarakan untuk menghentikan politik sara ( suku, agama, ras, dan antargolongan ) dimana jikalau politik ini dilakukan tetunya merusak semboyan Bhineka Tunggal Ika dan mengakibatkan perpecahan di dalam keberagaman yang dimiliki rakyat indonesia
2. Kesan saya dalam membuat tugas cerita pendek yakni saya dapat membagikan moment berharga saya melalui tugas tersebut, saya juga dapat mengekspresikan bagaimana perasaan, antusiasme dan kepercayaan diri saya dalam wujud cerita pendek yang saya ketik sendiri.
Nama: Anak Agung Bagus Ngurah Nayaka Wangsa (01/XI IPS 2)
BalasHapusSoal no 1:
- Gambar Pertama:
makna yang terkandung dalama gambar no 1 adalah, walaupun tempat pembelajaran mereka yang kumuh mereka tetap giat dalam belajar dan terus menggali ilmu dari sekolahnya, tempat bukanlah halangan bagi orang yang ingin belajar.
Analisisis:
pada gambar pertama terlihat para murid sedang menuntut ilmu di sekolahnya yang terlihat tidak layak bagi mereka. Hal ini sangat memprihatinkan bagi anak bangsa para penerus tombak estafet bangsa ini, dan kurangnya perhatian dari pemerintah tentang sekolah ini. biasanya sekolah yang kumuh dan terlihat tidak layak kebanyakan berada di daerah daerah terpencil atau berada jauh dari perkotaan, hal tersebut menyebabkan pemerintah tidak melihat sekolah yang tidak layak seperti gambar diatas.
- Gambar Ketiga
makna yang terkandung dalam gambar no 3 adalah, kita sebagai generasi penerus bangsa harus ikut membantu menjaga keamanan dan ketentraman bagi bangsa indonesia, mereka yang menggunakan baju loreng loreng itu sudah menyatakan bahwa dirinya berani mati demi bangsa dan negara kita.
Analisis:
Pada gambar no 3 terlihat deretan para tentara yang berdiri dengan gagah dan menggunakan baju loreng loreng. menjadi seorang tentara bukanlah hal yang mudah, perlu proses yang panjang untuk mencapainya, mereka yang sudah menjadi tentara menyatakan bahwa ia siap mengandi bagi bangsa dan negara kita, merekalah yang akan menjaga ketentraman dan keamanan kita, dan kita sebagai rakyat indonesia juga harus ikut membantu menjaga ketentraman bangsa kita
Soal no 2:
Kesan saya membuat cerita pendek tersebut adalah, saya merasa bangga dengan pengalaman saya tersebut, dan saya bangga dapat menjadikan pengalaman tersebut menjadi sebuah cerita
Satria wibawa(11/XI IPS 2)
BalasHapus1. Gambar 4
Di Indonesia politik sara dan korupsi hal yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang kompleks.
Yang pertama politik dan sara menghancurkan kebhinekaan di Indonesia, dimana seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, perbedaan adalah hal yang pasti ada didalamnya.
Gambar 5
Politik juga adalah hal yang penting di negara ini, namun kerap kali dalam pelaksanaan nya, dimana politik berjalan dengan memberi ruang dan jarak kepada unsur unsur SARA yang ada di Indonesia
Hal tersebut sangat mengakibatkan perpecahan didalam kebhinekaan di Indonesia yang nantinya bisa menghancurkan keberagaman kita.
2. Kesan saya ketika mendapatkan tugas membuat cerita pendem sangat senang, karena basic saya memang di karya sastra, jadi saya bisa menuangkan segala bentuk apresiasi saya selama ini sebagai siswa ke dalam karya sastra tersebut
Nama : Ratu Angelica Chania
BalasHapusNo : 36
Kelas : XI IPS 2
1). > makna gambar pertama : terlihat anak anak sd yang sangat semangat belajar, meskipun fasilitas tidak sebagus sekolah sekolah pada umumnya, tetapi mereka tetap memiliki niat yang sangat besar untuk datang dan belajar.
> makna gambar kedua : Ancaman terhadap integrasi nasional bidang sosial budaya dari dalam didorong oleh faktor-faktor sebagai berikut:
* Isu kemiskinan
* Isu kebodohan
* Isu keterbelakangan
* Isu ketidakadilan
oleh karena itu, kita patut mencegah hal tersebut dengan cara Mendidik diri agar punya sifat toleransi yang tinggi. Membangun jiwa korsa/persaudaraan antar suku, agama, ras, atau golongan. Menggunakan media sosial seperlunya. Meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri.
> makna gambar ketiga : Beberapa anggota TNI yang berdiri tegap hingga ada yang membawa bendera karena mereka adalah pasukan yang memiliki peranan penting untuk menjaga kedaulatan dan keamanan, serta perlindungan kepada seluruh masyarakat.
> makna gambar keempat : luntur artinya berubah atau hilang warnanya. Menjadi lusuh, belel dalam bahasa gaul, inilah luntur. Kosa kata yang seringkali dipakai sebagai penggambaran atas kondisi dan situasi tertentu di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Iman yang luntur.
Nasionalisme dan patriotisme sudah luntur atau memudar. Integritasnya memudar dan sebagainya. Hal itu luntur karena tidak dirawat dengan baik, meskipun secara alamiah kelunturan itu pasti akan terjadi.Tapi kalau dirawat akan menjadi awet, warnanya masih seperti sediakala dan tetap menarik dan enak di pandang. Berkebangsaan tidak boleh luntur! . Luntur atau sengaja melunturkan Indonesia dalam dimensi apapun adalah a-nasionalis. Tidak cinta tanah air. Padahal cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) adalah sifat pragmatisme yang harus dibumi hanguskan. Sikap menerabas ingin kaya dengan menjalankan KKN adalah tidak nasionalis karena dengan sengaja bermain di air keruh mengambil harta negara dengan berlindung di balik kekuasaan yang melekat pada dirinya sebagai abdi rakyat.
>makna gambar kelima : terlihat beberapa orang’ yang sedang melakukan demo karena kaderisasi tidak berjalan dan rekrutmen calon tidak dilakukan secara demokratis. Hal ini dianggap karena kadernya lemah, maka yang "mainkan" adalah politik SARA demi meraih kekuasaan. Pertarungannya bukan lagi soal program, visi dan misi para kandidat, tetapi lebih soal SARA yang bisa memecah-belah bangsa dan menghancurkan keberagaman.
2). Kesan saya pada penugasan ini adalah, saya merasa tugas ini dapat membuat saya berpikir secara kritis seperti hanya dengan melihat sebuah gambar yang telah diberikan, saya akan mulai mencari rangkaian kata yang telah terfikir dan muncul di otak saya setelah melalui berfikir dengan kritis.
Nama: Ni Putu Tantrika Cintya P.
BalasHapusKelas: XI IPS 2
• gambar 1
terlihat para siswa dan siswi sedang belajar bersama namun keadaan mereka sangat memprihatikan karena kurang nya fasilitas sekolah yg diberikan oleh pemerintah, terlihat mereka masih menggunakan kursi dan meja yg sudah rusak yang sama sekali tidak layak pakai, masih beralas tanah serta berdinding kayu namun hal itu tidak mematahkan semangat belajar mereka.
• gambar 2
terlihat perbedaan kebudayaan yg dimiliki oleh setiap masyarakat atau individu. Namun pada salah satu gambar terdapat kumpulan anak yg terlihat mengikuti tren luar seperti mengubah cara berpakaian, gaya rambut, dll. Ini bisa menjadi ancaman integritas sosial di bidang budaya yg terjadi pada generasi muda, ini merupakan bentuk penjajah yg terjadi pada bidang sosial dan budaya dan akan membawa dampak buruk contohnya seperti munculnya gejala westernisasi, kepribadian luhur bangsa dan nilai agama semakin memudar.
• gambar 3
yg bisa saya amati adalah tentara yg sedang melakukan upacara bendera, pelindung negara tersebut tetap melaksanakan upacara meski tidak ada peralatan yg memadai. Tentara tersebut tetap menjunjung tinggi dasar negara yg merupakan kewajiban sebagai warga negara.
• gambar 4
terdapat gambar ilustrasi yg memperlihatkan bahwa kemiskinan, korupsi, narkoba, terorisme, cuci otak dan radikalisme membuat Indonesia jatuh, terpuruk dan tidak bisa bangkit atau menjadi negara yg lebih maju atau berkembang dikarenakan masyarakat Indonesia masih minim rasa empati dan simpati terhadap sesama, tidak peduli dengan lingkungan dan keadaan buruk org lain, itu menjadikan Indonesia negara yang tidak memiliki orang orang yg berkualitas serta terdidik.
• gambar 5
terlihat sekumpulan orang yg sedang melakukan demo terhadap orang orang yg melakukan politik SARA yang menyebabkan bhineka tunggal Ika rusak . Politik SARA bisa saja terjadi karena kaderisasi tidak berjalan dan rekrutmen calon tidak dilakukan secara demokratis. Jadi, pertarungannya bukan lagi soal program, visi dan misi para kandidat, tetapi lebih soal SARA yang bisa memecah-belah bangsa dan menghancurkan keberagaman.
Nama: I Putu Yana Dharma Sunita
BalasHapusNo: 16
Kelas: 11 IPS 2
1 menurut saya Keterbatasan bukan lah halangan dalam menempuh ilmu pengetahuan, terlihat pada gambar, walaupun dengan infrastruktur yang sangat kurang memadai, namun niat pada siswa/i tersebut untuk belajar sangat besar.
Disini peran pemerintah dalam mengalokasikan APBN untuk membangun infrastruktur yang lebih baik ke dalam pulau pulau pelosok di Indonesia sangat diperlukan
2 Ancaman yang terjadi di Indonesia saat ini terkait integrasi sosial adalah perkembangan arus globalisasi dimana masuknya budaya budaya atau unsur unsur baru yang kebanyakan bersifat menentang atau tidak sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat kita, sehingga masyarakat kita cepat terpengaruh budaya baru tersebut.
Bicara fakta saja, masyarakat Indonesia cenderung lebih suka produk / budaya diluar dibandingkan budaya sendiri. Walaupun koar koar berkata nasionalisme, aku cinta Indonesia, dan lain sebagainya.
Namun dalam prakteknya benar benar sangat nol. Integrasi sosial di Indonesia bisa rapuh seiring berjalannya waktu jika kita sebagai masyarakat nya tidak memiliki kesadaran.
3 Gambar tersebut adalah bentuk nasionalisme warga negara Indonesia terhadap Indonesia, walaupun terlihat seperti hal kecil, namun dalam mengibarkan bendera merah putih perlu tekad yang kuat mengingat itu adalah bentuk perjuangan yang dilakukan pahlawan kita untuk Indonesia
4 dan 5
Di Indonesia politik sara dan korupsi hal yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang kompleks.
Yang pertama politik dan sara menghancurkan kebhinekaan di Indonesia, dimana seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, perbedaan adalah hal yang pasti ada didalamnya.
Lalu, Politik. Politik juga adalah hal yang penting di negara ini, namun kerap kali dalam pelaksanaan nya, dimana politik berjalan dengan memberi ruang dan jarak kepada unsur unsur SARA yang ada di Indonesia
Hal tersebut sangat mengakibatkan perpecahan didalam kebhinekaan di Indonesia yang nantinya bisa menghancurkan keberagaman kita.
Nama : Luthfia Nur Indriyani
BalasHapusNo : 26
Kelas : XI IPS
1. Gambar 1 : Disana terdapat anak-anak yang menduduki tingkat Sekolah Dasar sedang belajar bersama. Terlihat kondisi kelas yang tidak layak untuk mendapatkan fasilitas belajar secara nyaman, tetapi mereka tetap gigih dan semangat dalam menempuh pendidikan. Pemerintah juga harus adil dalam membangun fasilitas di sekolah-sekolah pedalaman, agar mereka dapat belajar dengan layak tanpa takut akan hal-hal yang menimpa murid dalam proses pembelajaran.
Gambar 2 : Adanya ancaman terkait dengan bidang Sosial-Budaya, itu dikarenakan budaya asing yang telah masuk ke Indonesia. Sekarang banyak anak-anak remaja yang mengikuti gaya hidup budaya asing, yang membuat lupa akan budaya di Indonesia.
Gambar 3 : Terlihat adanya beberapa anggota TNI yang berdiri tegap, ada yang membawa bendera dan baki. Mereka merupakan pasukan pertahanan dan keamanan dalam menjaga Indonesia dari bahaya ancaman luar yang masuk ke Indonesia.
Gambar 4 : Permasalahan yang kerap terjadi di Indonesia, meskipun sudah diberantas bagi oknum-oknum tak ada kata berantas di hidupnya. Pasti disetiap waktu oknum-oknum tersebut akan kembali menyebabkan masalah-masalah yang sudah terjadi. Seharusnya hukum bagi orang yang melakukan masalah tersebut agar dapat hukuman yang setimpal dan tidak membanding-bandingkan derajat atau profesinya.
Gambar 5 : Terjadi demo yang dilakukan masyarakat Indonesia terkait konflik SARA. Konflik SARA di Indonesia sering terjadi diantara beberapa suku yang ada. Ini disebabkan adanya kesalahpahaman dan tak ada toleransi bagi kedua belah pihak, lalu terjadinya konflik SARA yang dapat memecah belah persatuan.
2. Kesan saya dalam membuat penulisan cerpen, saya dapat mengenang kembali masa-masa berjuangnya saya di medan perlombaan bagaimana rasa saya pertama kali lomba. Saya dapat menuangkan perasaan saat saya itu, senang dan sedih sangat melekas di diri saya pada saat itu. Dan saya harapkan bagi pembaca siapapun dapat merasakan perasaan yang saya alami saat itu.
Brian Ananta XI IPS 2
BalasHapus1 a. tempat belajar yang kurang layak masih banyak tersebar dipelosok indonesia
b. masuknya budaya asing ke indonesia yang mau secara sengaja atau tidak yg mungkin bisa merusak budaya budaya lokal
c. tentara tentara yang mengabdikan diri dengan gagah demi indonesia
2. biasa saja
Nama : Ni Komang Trinita Ferayanti
BalasHapusNo. Absen : 30
Kelas : IX IPS 2
1. Penyebab ancaman terhadap integrasi sosial budaya dari luar adalah pengaruh negatif globalisasi. Berikut ini beberapa pengaruh negatif globalisasi terhadap integrasi sosial budaya, Munculnya gaya hidup konsumtif Dampak negatif globalisasi adalah munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengonsumsi barang-barang dari luar negeri.Selain ancaman terhadap integrasi nasional di bidang sosial budaya, juga terdapat ancaman di bidang ideologi, politik, ekonomi serta pertahanan dan keamanan.
2. kesan saya adalahkesan saya sangat senang dah bahagia, karna saya dapat mengingat masa' saya memiliki teman-teman yang baik dari berbagai macam daerah dan agama
Fitri Aulia Syahra (06/XI IPS 2)
BalasHapusBerdasar pada gambar yang disajikan maka dapat kita lihat bahwa di Indonesia sendiri masih terdapat banyak sekali permasalahan-permasalahan dari segala lingkup dan bidang yang sekiranya menjadi problematika bagi masyarakat, dimana seperti misalnya di
• gambar 1 kita dapat melihat mekanisme pendidikan Indonesia yang masih belum mengalami kemerataan dengan baik sehingga terdapat anak-anak yang belum mampu menikmati fasilitas pendidikan yang seharusnya nyaman dan dapat menunjang kegiatan belajar dan mengajar yang mereka lakukan,
• kemudian pada gambar 2 Indonesia pula masih mengalami permasalahan dalam intergrasi sosial budaya dimana keberagaman yang ada justru seringkali menjadi isu konflik yang memecah belah masyarakat
• permasalahan berikutnya tertuang pada gambar 4 dan 5 yang menjadi permasalahan sosial dalam masyarakat dimana kemiskinan, narkoba, terorisme, korupsi, dan isu SARA serta radikalisme masih terlaksana di negara yang memiliki banyak sekali masyarakat ini, padahal seharusnya Indonesia sebagai bangsa yang kaya dapat menjadi bangsa maju tanpa permasalahan ini.
2. Dengan membuat tugas ini saya menyadari bahwa pengalaman berharga yang saya rasakan selama menjadi pelajar mungkin adalah hal paling sederhana yang mungkin orang lihat, yaitu ketika mendapatkan pelajaran berharga dari orang-orang sekitar, tanpa membuat tugas ini mungkin saya tidak akan pernah menyadari hal tersebut.
Nama: Ni Luh Sri Wahyuni
BalasHapusNo: 31
Kelas: XI IPS 2
1. - makna dari gambar pertama adalah tidak ada halangan bagi mereka yang ingin belajar. Walaupun fasilitas nya kurang memadai, semangat belajar mereka tetap tinggi.
- makna dari gambar kedua adalah ancaman integrasi di bidang sosial dan budaya. Cara agar terhindar dari ancaman integrasi adalah menyaring budaya-budaya yang masuk ke Indonesia. Dengan begitu kita bisa memilih yang mana yang boleh diterapkan dan yang mana yang tidak boleh kita terapkan.
- makna dari gambar ketiga adalah peran TNI dalam menjaga keamanan masyarakat dan negara.
- makna dari gambar keempat adalah kurangnya upaya pemerintah dalam mensejahterakan rakyat. Seperti:
a. pada angka kemiskinan yang tinggi karena kurangnya lapangan pekerjaan.
b. tingkat korupsi yang masih sangat banyak dilakukan oleh pejabat-pejabat negara, bahkan sekarang masyarakat nya pun bisa korupsi juga.
c. penggunaan narkoba yang rentan terjadi pada remaja.
dan masih banyak lagi.
- makna dari gambar kelima adalah demostrasi mengenai politik sara. Politik SARA marak terjadi di Indonesia karena kaderisasi tidak berjalan dan rekrutmen calon tidak dilakukan secara demokratis. Politik SARA ini dapat menimbulkan perpecahan antarkelompok dalam masyarakat, maka dari itu hetikan politik SARA sekarang juga.
2. Kesan saya dalam tugas cerita yang sudah saya buat adalah, membuat kita berfikir kritis dalam menyusun sebuah cerita agar bisa membuat cerita yang menarik.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAgus putra(13/XI IPS 2)
BalasHapus1. Saya menganalisa gambar No 1 Dari gambar yang saya lihat bagaimana perjuangan seorang pelajar walaupun sarana prasarana yang sangat kurang memadai.namun niat yang dimiliki seorang pelajar untuk menuntut ilmu yang sangat besar.
2. Gambar 4
dari gambar yang saya lihat,di Indonesia politik dan korupsi masih sampai saat ini masih menjadi permasalahan,yang pertama politik menghancurkan kebinekaan di Indonesia ,seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara yang peruh dengan keragaman kebudayaan.
3. Kesan yang dapat saya sampaikan adalah saya merasa senang terhadap tugas yang di berikan.
Nama: I Putu Eka Wahyu Putra
BalasHapusKelas: XI IPS 2
No : 15
Mapel: PPKN
1. (Gambar 1)
Yang saya dapat pahami dari gambar pertama adalah kondisi tempat untuk memperoleh pendidikan yang tidak merata seperti yang dapat saya lihat digambar sebuah sekolah dengan fasilitas yang kurang memadai sedangkan dibeberapa daerah sekolah sekolah sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai
(Gambar 2)
Hal yang dapat saya pahami dari gambar kedua adalah di indonesia terdapat banyak budaya sehingga hal tersebut memunculkan sebuah ancaman karena banyaknya perbedaan dimasyarakat, perbedaan dimasyarakat ini kerap kali menjadi sebuah penyebab terjadinya sebuah konflik dimasyarakat oleh karena itu diperlukannya integrasi yang kuat agar tidak menimbulkan suatu konflik sara. Selain ancaman dari budaya yang beragam, budaya luar juga menjadi ancaman karena dapat menggeser budaya daerah seperti masuknya budaya kpop, anime dan punk dari negara lain.
(Gambar 3)
Hal yang saya pahami dari gambar ke 3 adalah nasionalisme, nasionalisme adalah hal yang sangat diperlukan dimasa globalisasi ini karena dimasa globalisasi informasi masuk dengan cepat tanpa tersaring sshingga hal tersebut dapat menyebabkan masuknya paham paham atau ideologo ideologi yang menyesatkan
(Gambar 4)
Hal yang dapat cermati dari gambar ke empat adalah terhambatnya pembangunan Indonesia karena Korupsi, kemiskinan, terorisme dan lain lain. Dengan maraknya korupsi di Indonesia, Indonesia akan sulit berkembang karena dana dana yang diperlukan mengalir ke arah yang tidak tentu. selain karena korupsi, terorisme juga menjadi penghambat perkembangan Indonesia karena terorisme akan memberikan rasa takut dan juga terorisme kerap menyebarkan paham paham yang menyesatkan.
(Gambar 5)
Hal yang dapat saya mengerti dari gambar terakhir adalah penggunaan politik sara di Indonesia, Politik sara adalah sebuah politik yang menggunakan sara sebagai komoditas politik yang digunakan untuk memperoleh suatu keuntungan. Di tahun politik ini politik sara kerap digunakan sehingga kaderisasi berjalan secara tidak demokratis.
2. Kesan saya mengenai tugas membuat cerita yang diberikan adalah saya merasa sangat bernostalgia dengan masa masa latihan saya.
Nama: Ida Ayu Made Kirana Pradnyandari
BalasHapusNo: 21
Kelas: XI IPS 2
Gambar 1:
Fasilitas belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. gambar ini merupakan potret siswa-siswi yang tetap semangat belajar untuk menimba ilmu walaupun keadaannya fasilitas kurang memadai. Di dalam foto tersebut terlihat bahwa meja dan kursi kayu yang sudah rapuh, kelas yang beralaskan tanah, dan dinding kelas yang menggunakan kayu. Tetapi antusiasme mereka masih sangat besar. Fasilitas belajar ini sangat penting adanya untuk membuat suasana kelas menjadi nyaman, misalnya seperti ruangan kelas yang ber AC membuat suasana belajar menjadi nyaman. Tetapi tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkannya. Seharusnya kita yang memiliki fasilitas yang lengkap bersyukur dan memiliki semangat untuk belajar seperti siswa-siswi yang terdapat di dalam foto.
Gambar 2:
Ancaman sosial budaya adalah tindakan dan/atau konsep yang disebarkan (sengaja atau tidak sengaja) dan berpotensi mengancam kekayaan suku, agama, ras, atau golongan. Kita sebagai warga indonesia yang memiliki keberagaman suku, agama, ras dan budaya seharusnya menjaga keberagaman ini agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan. Seperti dalam gambar merupakan keberagaman tarian daerah dan terdapat anak punk, punk ini merupakan pengaruh dari budaya barat. Punk dapat dikategorikan sebagai bagian dari dunia kesenian, hebohnya penampilan harus disertai dengan hebohnya pemikiran. Namun dengan adanya budaya barat yang masuk tanpa adanya saringan ini dapat membuat integrasi ini akan luntur.
Gambar 3:
Merupakan salah satu contoh tingginya jiwa nasionalisme, nasionalisme adalah suatu paham yang akan menciptakan serta mempertahankan suatu kedaulatan negara. Dimana memiliki tujuan dan cita-cita yang sama dalam mewujudkan suatu kepentingan dan rasa ingin mempertahankan suatu negara.
Gambar 4:
Memberantas korupsi, faktor penyebabnya adalah keserakahan, kesempatan. Keserakahan berpotensi dimiliki setiap orang. Pentingnya menanamkan antikorupsi sejak dini agar dapat memberantas korupsi. Dengan pendidikan antikorupsi sejak dini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tindakan-tindakan korupsi sehingga masyarakat dapat ikut andil dalam memberantasnya.
Gambar 5:
Politik sara dapat menyebabkan perpecahan. Hal ini dapat menyebabkan perselisihan yang terjadi dikarenakan adanya perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan. Demo tersebut dilatarbelakangi karena adanya sekelompok masyarakat memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda. Cara mencegahnya dapat dengan menghormati dan menghargai orang yang memiliki suku, budaya, asal daerah, agama, atau golongan yang berbeda dari kita.
2. Kesan saat membuat tugas tentang cerita ini adalah saya senang dapat menceritakan pengalam saya dan dapat mengenang kembali masa-masa itu. Kemudian saya dapat belajar cara mengembangkan kata-kata agar menjadi menarik.
Nama: Putu Viyuka Meira Shari
BalasHapusNo: 35
Kelas: XI IPS 2
1)
GAMBAR 1 :
Foto tersebut memperlihatkan murid - murid yang semangat untuk belajar di ruang kelas seadanya . Ruangan yang masih dari kayu , tidak memiliki lantai , dan fasilitas sederhana. Dengan keadaan yang kurang nyaman mereka tetap masih mau belajar dengan baik . Maka kita harus bersyukur dengan fasilitas yang sudah diberikan saat ini bahkan fasilitas kita saat ini jauh lebih nyaman . Rasa syukur yang dapat kita lakukan salah satunya dengan mengikuti pelajaran dengan baik , tidak membolos , dan mendengarkan saat guru sedang menjelaskan . Masih banyak anak - anak diluar sana yang memiliki semangat untuk belajar di sekolah yang layak .
GAMBAR 2 :
Pada gambar diatas terdapat 3 budaya yang berbeda di setiap daerah . Terlihat pada gambar setiap daerah memiliki ciri khas pada kebudayaannya masing - masing . Dalam perbedaan tersebut sejauh ini tidak ada konflik yang di timbulkan atas perbedaan budaya . Namun satu gambar di pojok kiri atas tidak memperlihatkan suatu budaya yang ada di Indonesia , budaya tersebut berasal dari negara barat . Jika banyak masyarakat terutamanya generasi muda yang mengikuti kebudayaan barat tersebut itu akan memberikan dampak bagi kebudayaan kita sendiri yang akan luntur atau dapat dikatakan sebagai ancaman integrasi yang akan memecah belah persatuan yang ada di Indonesia .
GAMBAR 3 :
Gambar diatas terdapat foto generasi muda yang menjadi TNI . Sikap dari gambar terdebut merupakan sikap nasionalisme. Mereka akan setia untuk negaranya sendiri dalam melindungi bangsanya juga mempertahankan persatuan dan kesatuan yang ada di Indonesia . Sikap tersebut adalah salah satu tanda cinta tanah air
GAMBAR 4 :
Terorisme , korupsi dan narkoba . Semua itu adalah musuh besar bagi diri kita sendiri dan negara . Hal tersebut tidak akan membawa keuntungan pada kita juga negara . Itu semua hanya memberikan kita banyak masalah dan membuat kita tidak bisa bangkit dalam mewujudkan negara yang maju .
GAMBAR 5 :
Terdapat beberapa oknum yang sedang melakukan aksi massa atau demokrasi . Demokrasi sebenarnya boleh dilakukan oleh rakyat tetapi dengan tidak membuat kerusuhan dan tidak bersifat anarkis . Demokrasi bertujuan untuk mengemukakan pendapat dan suara kita atau kritik kepada lembaga” yang diduga membuat kesalahan . Masyarakat juga berhak untuk mengemukakan suaranya karena negara kita adalah negara demokratis , hanya saja terkadang cara dari beberapa oknum itu tidak dapat diterima .
2) Kesan saya mengenai tugas membuat cerita ini membuat saya lebih percaya diri dalam mencari pengalaman - pengalaman terbaik dan mencoba tanpa takut dengan hasil yang diperoleh .
Putu Indira Sharaine T.G
BalasHapus34/XI IPS 2
1. - Gambar 1 --> siswa dan siswi sedang belajar di ruang kelas dengan tertib walaupun fasilitasnya kurang memadai tetapi mereka semangat untuk belajar dan menuntut ilmu untuk di masa depan.
- Gambar 2 ---> Indonesia memiliki beragam suku, ras, agama, budaya dan agama. Oleh karena itu kita sebaiknya harus saling hidup rukun, tetapi banyak ancaman dari gambar tersebut seperti intoleransi budaya, diskriminasi suku dan ras, tingkat kemiskinan yang semakin meningkat, serta lebih menyukai budaya luar daripada budaya sendiri.
- Gambar 3 ---> pada gambar tersebut tentara yang sedang melaksanakan suatu kegiatan, dimana pun ketika kita sedang melaksanakan kegiatan resmi, bendera merah putih selalu ada itu merupakan simbol nasionalisme kita terhadap Indonesia.
- Gambar 4 ---> Makna dari gambar karikatur adalah Indonesia menghadapi tantangan kemiskinan, korupsi, terorisme, narkoba, radikalisme, cuci otak. Kita berantas bersama sama mulai dari diri sendiri, masyarakat, dan pemerintah. Sehingga Indonesia tetap tegak berdiri. Merdeka!!
- Gambar 5 ---> kita harus mencegah politik sara dengan cara memilih calon yang mengedepankan program program untuk kesejahteraan masyarakat yang berbeda-beda dibawah naungan negara kesatuan republik Indonesia.
2. Kesan saya tentang membuat tugas cerita itu sangat senang, saya menjadi nostalgia dengan cerita saya dan membuat saya berlatih dalam menulis cerita dari pengalaman saya sendiri.
Nama : Kadek Sandika Mahesa
BalasHapusNo : 24
Kelas : XI IPS 2
1.
Yang dapat saya pahami dari gambar pertama adalah sebuah kondisi dimana sekolah yang ada di daerah yang tertinggal atau tidak terjamah oleh pemerintah, gambar ini menjelaskan adanya kurangnya pemerataan pendidikan di daerah tersebut, walau begitu bukan sebuah halangan bagi murid disana untuk menempuh ilmu pengetahuan
Yang dapat saya pahami dari gambar kedua, Ancaman integrasi di bidang sosial budaya seperti munculnya gejala westernisasi, atau masuknya budaya luar, menyebabkan memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetidakawanan.
Di gambar ketiga, nampak seperti sekumpulan banser (barisan ansor serbaguna) terlihat dari seragam yang mereka kenakan, dan bendera NU yang mereka pegang. Tujuan pembentukan banser adalah guna memberikan pengamanan pada berbagai kegiatan yang digelar partai NU.
Hal yg dapat saya simpulkan pada gambar 4&5, pada gambar ke 4, Indonesia tidak akan bangkit dari keterpurukan jika masih adanya budaya korupsi, penyebaran narkoba, dan terorisme. Pada gambar ke 5 adanya Ancaman politik, merupakan salah satu ancaman non milliter yang sifatnya mengancam secara tidak langsung seperti ancaman militer maupun ancaman ideologi yang notabennya memberikan ancaman pertahanan dan keamanan. Meskipun kelihatan sepele, namun ancaman politik merupakan salah satu ancaman yang sulit dihadapi. Ancaman ini dapat memecah belah suatu anggota kelompok dalam suatu bangsa. Jika terjadi perpecahan kelompok akibat perbedaan paham politik maka lama kelamaan bangsa akan terpecah belah.
2.kesan saya dengan tugas membuat cerita adalah sangat senang, saya dapat mengingat kenangan indah yg saya alami dahulu, dan saya dapat berbagi pengalaman terbaik saya kepada teman dan guru
Ida Ayu Dwinda Kusuma Dewi
BalasHapus20/XI IPS 2
Tugas ppkn
1. Analisis Gambar
- Pada gambar pertama, terlihat sebuah kelas dengan kondisi yang kurang memadai dari segi fasilitas. Walau dengan fasilitas yang kurang memadai, para siswa memiliki antusias untuk belajar. Disini terlihat bahwa di beberapa daerah di Indonesia kurangnya pemerataan sarana dan prasana khususnya di daerah terpencil. Perlu adanya upaya dari pemerintah untuk memperhatikan pendidikan secara menyeluruh. Kurangnya sarana dan prasana ini dapat menurunnya tingkat pendidikan di Indonesia.
- Pada gambar kedua, perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat dapat mengancam integrasi sosial. Pengaruh - pengaruh dari budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya lokal maupun norma di suatu negara dapat terkikisnya kebudayaan yang sudah ada sejak lama dan intergrasi sosial yang sudah terbentuk dapat hancur. Perlunya kesadaran masyarakat untuk menyaring budaya - budaya asing yang masuk ke dalam negeri.
- Pada gambar ketiga, terdapat beberapa tentara yang berdiri sambil memegang sejumlah bendera termasuk bendera Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu contoh cinta tanah air. Seorang tentara juga memiliki sifat bela negara dan rela berkorban untuk negaranya.
- Pada gambar keempat, yang saya tangkap dari poster tersebut adalah bagaimana upaya pemerintah agar Indonesia dapat bangkit dan maju. Tetapi segala aspek seperti kemiskinan, korupsi,narkoba, terorisme dan yang lainnya masih sering terjadi di Indonesia membuat pihak pemerintah perlu melaksanakan strategi dalam menghadapi ancaman berdimensi politik.
- Pada gambar kelima, terlihat sekelompok orang yang melakukan demo untuk menghentikan politik SARA. Seperti yang kita ketahui Indonesia merupaka negara dengan keberagaman suku, agama, ras dan budayanya. Memang hal ini sangat bagus kita miliki. Tetapi beberapa oknum dapat menjadikan SARA sebagai bahan hinaan yang membuat munculnya konflik dan hal ini juga dapat mengakibatkan putusnya tali persaudaraan. Kenapa konflik bernuansa SARA dapat terjadi ? Karena adanya faham primordialisme secara berlebihan hingga berkembang menjadi etnosentrisme.
2. Kesan saya mengenai tugas cerpen tentang pengalaman yang mengesankan dalam masa sekolah sungguh membuat saya senang karena saya dapat mengingat - ingat apa saja hal yang mengesankan selama 11 tahun mengenyam pendidikan. Dengan mengingat pengalaman itu membuat saya berpikir bahwa pengalaman yang mengesankan perlu untuk dikenang karena dari pengalaman tersebut saya dapat terus belajar dan belajar. Seperti kata pepatah “pengalaman adalah guru terbaik”.