Selasa, 14 Maret 2023

Kelas Interaktif PPKN XII IPA 2

 









1. Jelaskan makna gambar / silahkan dianalisa gambar tersebut diatas, 
    sesuai kemampuan anda






30 komentar:

  1. Beberapa gambar diatas ada yang saling berkaitan pada gambar 1 dan 6 terlihat ada gambar bangunan kementrian keuangan RI dan pada gambar 6 berisi pertanyaan apakah tidak bayar pajak enak?
    Seperti yang kita tau bahwa manfaat dari membayar pajak sangat beragam salah satu contohnya kita membayar pajak agar mendapatkan fasilitas yang layak dari pemerintah tapi kenapa masih banyak yang belum membayar pajak padahal itu semua untuk dirinya sendiri?. Hal yang membuat masyarakat malas untuk membayar pajak yaitu salah satunya yang akhir-akhir ini terjadi yaitu korupsi oleh seorang pejabat pajak, ia terungkap karena sang anak kerap pamer kekayaan di media sosial. Hal tersebut mencuat lantaran uang pajak yang harusnya untuk membangun infrastruktur malah digelapkan dan digunakan untuk foya-foya hal hasil banyak masyarakat pun was-was dengan hal tersebut dan membuat masyarakat takut untuk membayar pajak. Tapi apakah tidak membayar pajak juga adalah suatu solusi yang baik yang dilakukan masyarakat?. Tentu saja tidak karena pemerintah melakukan pembenahan untuk wilayahnya pasti perlu dana dan dana tersebut didapat dari pajak seperti pembangunan tol trans jawa, tol ini tidak semata-semata di bangun tol ini dibangun untuk menjadi konektivitas antar wilayah dan jika membayar pajak tentu saja akan membatu teman-teman kita dipelosok yang kurang dalam fasilitas terutama dalam fasilitas pendidikan jika fasilitas kurang bagaimana kita bisa mendapatkan SDM yang berkualitas dan mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045 nanti. Maka dari itu dalam mewujudkan hal tersbut pihak berwenang yang bergerak untuk menangkap koruptor harusnya terus menggali dan terus memeriksa setiap pejabat-pejabat nakal yang berkeliaran dipemerintahan agar masyaratkat tidak was-was saat ingin membayar pajak

    BalasHapus
  2. Nama: I Dewa Ayu Nandhita Mahadevi Meranggi
    No:07
    Kelas: XII IPA 2

    Jika warga negara tidak taat membayar pajak dan banyak pejabat pemerintah melakukan korupsi ,maka fasilitas umum menjadi terkendala contohnya seperti infrastruktur, kesehatan,pendidikan pelayanan publik dan masih banyak lagi.
    KPK pun harus fokus untuk menindaklanjuti kasus tersebut dan harus menahan godaan untuk tidak Menerima suap,Dan BPK pun harus fokus untuk Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, agar fasilitas negara Indonesia menjadi maju.

    BalasHapus
  3. Nama: Angelica Vega Augustine
    No. Absen: 3
    Kelas: XII IPA 2

    Seperti kita ketahui bersama pun sudah melihat bahwa saat ini pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan mempengaruhi secara penuh pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Hal ini bukan saja karena pendidikan akan berpengaruh terhadap produktivitas, tetapi juga berpengaruh terhadap fertilitas masyarakat. Pendidikan menjadikan sumber daya manusia lebih cepat mengerti dan siap dalam menghadapi perubahan di lingkungan kerja. Olehkarena itu, tidaklah heran apabila negara yang memiliki penduduk dengan tingkatpendidikan yang tinggi akan mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi yang pesat. Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia masih terkendala sejumlah masalah. Contohnya seperti kurang meratanya akses pendidikan baik dari sisi kesempatan, kualitas, fasilitas, hingga keterbatasan anggaran .Keterkaitan pajak dan pendidikan adalah pajak mendanai 20% untuk kepentingan pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari APBN negara. Pengeluaran atau dana APBN itu didapatkan dari masyarakat membayar pajak, dari situlah pemerintah memperoleh pendapatan yang akan menjadi APBN baik dibidang pendidikan maupun yang lainnya.

    BalasHapus
  4. Anak Agung Anom Witaradiani (01) XII IPA 2

    Pada dasarnya pendidikan dan ekonomi sangat berkaitan satu sama lain. Ekonomi menjadi pelengkap fasilitas sekaligus penunjang bidang pendidikan. Jika berbicara cangkupan nasional, agar bisa meratakan seluruh wilayah pelosok Indonesia, maka penyaluran dana haruslah merata. Bukan hanya fasilitas sekolah tapi wilayah sekitarnya juga mempengaruhi. Sebagai rakyat, tujuan kita haruslah sama yakni sama-sama ingin memajukan dan ingin mencerdaskan bangsa. Oleh karena itu kesadaran, kerjasama, dan kepercayaan serta tidak berpikir egois adalah kunci untuk bisa membuat perkembangan baru dan lebih pesat.

    BalasHapus
  5. Nama : Dewa Ayu Sita Pramaswari
    No : 06
    Kelas : 12 IPA 2

    Gambar no 1
    - Menunjukan gedung Kementrian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak yang merupakan salah satu eselon satu di bawah Kementerian Keuangan Indonesia yang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan.

    Gambar nomor 2
    - Merupakan lambang Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia yang masih bersangkutan pada gambar nomor pertama, merupakan lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

    Gambar nomor 3
    - Adalah gambar persiapan pemindahan Ibu Kota Negara tahun 2022 yang dihadiri oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kementerian Sekretariat Negara. Titik Nol IKN Nusantara merupakan titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut yang berada di kawasan Ibu Kota Nusantara.

    Gambar nomor 4
    - Merupakan gambar Tol Surabaya-Kertosono sepanjang 76 KM yang terdiri dari terdiri dari dua ruas jalan. Yakni ruas Surabaya-Mojokerto (Sumo) dan Mojokerto-Kertosono (Moker).

    Gambar nomor 5
    - Menunjukan gambar anak anak yang sedang tekun belajar walaupun kurangnya fasilitas dalam kegiatan belajar mengajar karena masih adanya pendidikan yang kurang di pedalaman Indonesia.

    Gambar nomor 6
    - Menunjukan gambar bertuliskan "Apa Yang Terjadi Jika Warga Negara Indonesia Tidak Bayar Pajak? Apakah Enak?". Menurut saya Pajak adalah salah satu hal yang wajib dibayarkan oleh warga Negara yang baik. Salah satu hal yang terjadi jika suatu Negara memiliki orang yang tak melakukan pembayaran pajak adalah Negara tersebut menjadi merugi. Hal ini dikarenakan pajak menjadi salah satu sumber pendapatan untuk Negara. Bahkan keadaan tersebut juga mampu menjadikan keadaan ekonomi suatu Negara menjadi lebih mudah menurun. Akan lebih baik jika setiap warga Negara turut andil dalam melakukan pembayaran pajak yang telah ditentukan.

    Gambar nomor 8
    - Menunjukan gambar berupa berita bahwa KPK tindak lanjuti rekening Rafael. Yang merupakan Proses pemeriksaan harta kekayaan eks pejabat pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo kasus yang dimaksud misalnya penghimpunan dana secara tidak sah, tindak pidana pencucian uang (TPPU), atau penggelapan pajak dari orang lain yang juga dinikmati selama menjabat.

    BalasHapus
  6. Gambar 6 : Tentu saja tidak enak, jika masyarakat tidak membayar pajak otomatis akan berdampak kurang nya pasokan APBN yang dimana akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur. Mungkin untuk pembangunan fasilitas dan perbaikan fasilitas lainnya.
    Gambar 4 :Nah dari bayar pajak ini tercipta lah fasilitas fasilitas seperti tol trans-jawa yang berfungsi sebagai jalur penghubung transportasi antar kota jakarta dan surabaya.
    Gambar 5 : Tetapi, walaupun sudah membayar pajak kenapa masih ada sekolah yang tidak layak untuk belanjar. Kemana sih uang yang dibayar dari jutaan orang yang membayar pajak tersebut. Padahal pendapatan negara bukan hanya dari pajak saja dan pendidikan juga penting untuk menciptakan SDM yang unggul tapi kenapa masih ada sekolah yang tidak layak?

    BalasHapus
  7. Nama : Ni luh putu wirasanti
    No : 26
    kelas. : XII IPA 2


    apa yang terjadi jika rakyat indonesia tidak membayar pajak? Jika masyarakat tidak ada yang membayar pajak, otomatis hal tersebut akan berdampak pada kurangnya pasokan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) baik itu anggaran belanja untuk pemerintah pusat maupun daerah dan negara akan mengalami kerugian, Fasilitas umum jadi terkendala. maka dari itu pemerintah harus memberi sanksi kepada rakyat yang tidak mebayar pajak

    gambar jalan tol
    dari yang saya lihat indonesia membangun jalan tol sangat berpengaruh yaitu memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang. Meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi. Meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan.

    gambar ke 5
    seharusnya pemerintah lebih memperhatikan kondis sekolah yang tidak layak di pakai, karena kalau sekolahnya tidak layak di pakai siswa akan terganggu dalam proses pendidikan.Karena kalau sekolah yang bersih bangku yang rapi akann layak di pakai untuk siswa dalam melakukan proses pembelajaran apabila sarana dan prasarana nya mencukupi atau memenuhi batas standar,akan tetapi masih banyak sekola yang belum terpenuhi dalam mewujudkan sarana dan prasarana yang lebih baik apalagi sekolah sekolah yang khususnya berada di pedalaman atau jauh dari kota.

    BalasHapus
  8. Seperti yang kita ketahui, saat ini ada kasus yang sedang hangat dibicarakan yaitu kasus pemukulan yang dilakukan oleh anak salah satu pejabat pajak bernama Mario Dandy. Anak ini juga memamerkan kekayaan yang dimilikinya berupa mobil Rubicon dan motor Harley. Mengetahui hal ini, menteri keuangan langsung bertindak cepat dengan memecat ayahnya, Rafael dari Ditjen pajak. KPK yang mengetahui ini, mencurigai hasil kekayaan ayahnya yang memiliki harta sekitar 56M, bahkan lebih banyak dari presiden Jokowi. Akhirnya, dilakukanlah pemeriksaan yang mengatakan bahwa Rafael diduga melakukan korupsi dari sekitar tahun 2012. Masyarakat juga kecewa terhadapnya dan melakukan protes dengan cara mengajak orang lain untuk tidak membayar pajak. Mereka kecewa dikarenakan uang pajak yang harusnya digunakan untuk kepentingan masyarakat malah digunakan untuk kepentingan pribadi.

    BalasHapus
  9. Nama : Ni Made Bintang Arisiwi
    Kelas/No : XII IPA 2 / 27

    Gambar 5
    Dari gambar ke5,bisa dilihat mereka belajar dengan kondisi seperti itu,jika kita masih mengeluh dengan kondisi kita yang sekarang,dimana meja masih bagus kursi bagus,ruangan ber AC,papan tulis yang masih baru, dilihat dr gambar tersebut kondisi kita jauh diatas mereka.
    Tetapi semangat belajar mereka masih ada dengan mengikuti pelajaran di sekolah. Seharusanya pemerintah lebih memperhatikan kondisi sekolah yang seperti ini,agar mereka bisa lebih nyaman dalam belajar

    Gambar 6
    Jika masyarakat tidak ada yang membayar pajak, otomatis hal tersebut akan berdampak pada kurangnya pasokan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) baik itu anggaran belanja untuk pemerintah pusat maupun daerah.Fasilitas umum seperti pelabuhan, bandara, jembatan, perbaikan jalan, dan lain-lainnya itu dapat berjalan dengan baik karena adanya aliran pajak yang baik.Jika kita tidak melakukan pembayaran pajak.Maka pembangunan fasilitas umum agar lebih baik juga akan turut terkendala.

    BalasHapus
  10. Nama : Ni Kadek Puji Paramitha Surya
    No : 24
    Kelas : XII IPA 2

    1. Pada gambar pertama menunjukkan gedung Kementrian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak. Lembaga tersebut memiliki wewenang untuk mengatur dan mengelola keuangan negara sesuai dengan hukum yang berlaku. Direktorat Jenderal Pajak bertugas untuk mengumpulkan pajak dari masyarakat dan mengelola nya untuk kepentingan masyarakat seperti fasilitas yang didapatkan

    2. Pada gambar nomor dua terdapat laporan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Negara. Lembaga ini memiliki wewenang untuk memeriksa keuangan negara dan membantu kepala negara atau presiden untuk mengelola keuangan negara

    3. Pada gambar ketiga terlihat peresmian titik nol Nusantara, yang nantinya akan menjadi ibu kota Indonesia yang baru yang awalnya berlokasi di jakarta dan akan berpindah ke Titik Nol Nusantara yang bertujuan mengurangi kepadatan supaya aktifitas kenegaraan tidak terganggu

    4. Gambar selanjutnya terlihat adanya jalan tol yang sangat besar, pembangunan fasilitas ini menurut saya bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas. Jalan tol ini juga merupakan fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat sehingga masyarakat harus taat dalam membayar pajak

    5. Pada gambar ke lima menunjukan sekumpulan siswa yang sedang belajar dengan kondisi kelas yang sangat memprihatinkan, hal itu membuktikan bahwa fasilitas pendidikan di Indonesia tidak tersebar dengan rata di seluruh daerah terutama didaerah pelosok

    6. Yang terjadi jika warga negara Indonesia tidak membayar pajak adalah terhambatnya penyaluran fasilitas seperti pada gambar sebelumnya fasilitas pendidikan yang belum merata, tidak adanya pembangunan fasilitas yang memudahkan masyarakat dan tidak tertata rapinya keuangan negara

    7. Pada gambar ketujuh memperlihatkan tersangka kasus korupsi yang dimana terdapat lembaga KPK yang bertugas untuk memberantas korupsi

    8. Gambar terakhir menunjukkan berita mengenai sebuah kasus dimana seseorang yang memiliki harta kekayaan yang tidak lazim, kasus tersebut melibatkan lembaga pajak. Dan terlihat pada gambar rekening tersangka akan diperiksa untuk menindaklanjuti kasus tersebut

    BalasHapus
  11. Anak Agung Kanaella Zen Darsana
    02
    XII IPA 2

    • Maruknya Kasus Korupsi Di Indonesia
    Masih jadi pertanyaan mengapa kasus korupsi di Indonesia masih sangat banyak, contohnya seperti kasus terbaru di kampus terkenal di bali yaitu UNUD, betapa sakitnya hati orang tua yang susah payah mencari uang untuk biaya kuliah anaknya, menurut saya kasus ini harus di pertegas tindakannya, bila perlu di terakpan hukum mati bagi koruptor pemakan uang rakyat, Indonesia sudah masuk peringkat ke lima kasus korupsi terbanyak di asia tenggara, bila hal ini masih bertahan atau mungkin meningkat Indonesia akan hancur apalagi untuk generasi penerus bangsa.

    • Kurang meratanya pendidikan yang layak di Indonesia
    Seperti yang kita ketahui indonesia merupakan negara dengan banyak pulau, menurut saya menjadi pemimpin Indonesia bukanlah hal yang mudah, tapi itu sudah menjadi tanggung jawab untuk membuat indonesia maju secara merata, sama hal nya dalam bidang pendidikan, di daerah terpencil masih banyak sekali anak yang tidka sekolah, apalagi di desa-desa orang tua yang punya banyak anak bahkan hanya bisa menyekolahkan satu anak bungsunya saja di bantu kakak kakaknya yang tidak sekolah demi menyekolahkan adik bungsu mereka, betapa pentingnya pendidikan dibutuhkan untuk semua orang agar Indonesia bisa menjadi Negara yang lebih maju, pemerintah seharusnya bukan hanya memikirkan fasilitas fasilitas kota saja, di desa pun harus sama seperti itu, agar di desa warganya bisa merasakan fasilitas yang layak sama seperti orang kota, mulai dari membangun sekolah GRATIS menggunakan uang negara di daerah terpencil/di desa, alangkah baiknya guru guru muda di sebar luaskan untuk mengajar di daerah terpencil, perbanyak mengirim buku-buku dan peralatan sekolah tanpa ada pungutan biaya, tidak ada ruginya pemerintah meringankan biaya pendidikan karena mereka membantu Indonesia membentuk generasi bangsa yang baik, cerdas, terlatih untuk Indonesia kedepannya.

    • Pembangunan Jalan Tol
    Menurut saya pembangungan jalan tol ini sangat efektif, memudahkan akses transportasi, meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi, meningkatkan aktivitas ekonomi rakyat, banyaknya terbuka lapangan pekerjaan, mungkin penggunaan bahan bakar menjadi lebih sedikit juga karena lebih dekatnya jarak yang dituju karena adanya jalan tol.
    Menurut saya mungkin dampak negatifnya yaitu berkurangnya lahan pertanian sehingga para petani kehilangan pekerjaannya, harus ada solusi lain agar dampak negatif tersebut tak terjadi.

    BalasHapus
  12. Nama : I Made Cahya Satria Wibawa
    Kelas : XII IPA 2
    Absen : 14

    Topik permasalahan : Minimnya Saran dan Prasana dalam Pendidikan

    Kurangnya sarana dan prasaran dalam pendidikan itu sangat tidak efektif karena di Indonesia sendiri masih banyak daerah daerah terpencil yang tempat pendidikannya tidak memadai bahkan untuk menuju ke sekolah saja harus menunpuh jarak yg cukup jauh, karna faktor ini lah yang menjadi permasalah banyak anak anak yang enggan untuk melanjutkan pendidikannya.

    Mengapa sarana dan prasarana ini sangat penting ?, karena dengan ada nya sarana yg merupakan sesuatu untuk mencapai sebuah tujuan seperti buku, alat alat mengajar,dan fasilitas lainnya. Sedangkan prasarana ini merupak suatu penunjang untuk mencapai tujuan seperti sekolah, perpustakaan,lapangan olahraga, lab dll. Jadi itu lah faktor penting dalam tujuan mencapai belajar mengajar agar para murid juga bisa lebih baik dan fokus dalam belajar

    Hal itu lah yang harus menjadi pelajaran bagi kita bahwa kita harus bersyukur dengan fasilitas yang kita punya, karna di smansia ini sendiri itu masih banyak siswa siswa yang merusak fasilitas sekolah. Maka dari itu dari permasalahan ini lah saya harap kita semua bisa menjadi suatu penggerak untuk menangani permasalah tersebut, selanjutnya kita harus membentuk kader kader guru yang cerdas dan kreatif sehingga mampu menciptakan alternatif lain untuk melakukan pembelajaran. Guru juga akan dituntut untuk lebih kreatif dan sabar dalam melakukan pembelajaran ditengah tengah kurangnya sebuah sarana dan prasarana pendidikan.Oleh karena itu juga dibutuhkannya sebuah kerjasama antara guru,pihak sekolah, atau bahkan masyarakat untuk keberlangsungan pendidikan ini.

    BalasHapus
  13. Gambar diatas mengartikan bahwa indonesia lagi tidak baik-baik saja karna masih ada oknum-oknum yang mementingkan dirinya sendiri daripada rakyatnya. Disini saya sebagai warga negara INDONESIA ingin protes bawah oknum yang tidak bertanggung jawab lebih baik pecat dari kewargaan indonesia atau berikan hukuman mati agar tidak ada yang namanya kemiskinan di masyarakat indonesia

    BalasHapus
  14. Nama: Yosua Simatupang
    No: 32
    Kelas: XII IPA 2


    PAJAK, MASYARAKAT, DAN KETIDAKPERCAYAAN


    Halloo semua nyaaa, jadi disini aku ingin sedikit membagikan pendapat ku mengenai gambar" yang sudah Pak Pri tampilkan. Gambar diatas menerangkan banyak hal yang saling berhubungan satu sama lain pada masa ini. Sesuai judul yang ku buat, tentang "ketidakpercayaan", masyarakat kini sedang dalam perasaan tidak percaya akan pemerintah tentang pembayaran pajak. Kasus akhir-akhir ini membuat ketakutan masyarakat akan pajak yang telah dibayar masyarakat malah digunakan untuk kepentingan pribadi oknum-oknum yang bermasalah. Banyak opini-opini di media sosial yang mengajak kita untuk tidak membayar pajak karena kasus yang terjadi pada kantor pajak. Korupsi yang marak terjadi didalam pemerintah bahkan sampai ke dalam kantor pajak membuat kita berfikir bahwa apa yang kita lakukan untuk negara adalah hal yang sia-sia karena itu hanya dimanfaatkan oleh orang-orang kalangan atas untuk kepentingan pribadi. Apa lagi berita yang menyatakan bahwa KPK yang harus nya bertugas untuk memberantas korupsi malah seperti berpihak kepada koruptor. Gambar diatas memperlihatkan kondisi kelas yang sangat memperhatikan, hal itu membuat pandangan masyarakat lebih condong kearah kemarahan karena masyarakat berpendapatan bahwa uang yang seharusnya untuk pembangunan sekolah pasti diambil oleh para pelaku korupsi. Tapi dari semua itu, kalian juga perlu tau bahwa tidak semua uang yang kita bayar untuk pajak dikorupsi oleh oknum-oknum tersebut. Banyak fasilitas pemerintah yang sudah dibangun untuk masyarakat menggunakan uang pajak masyarakat, seperti jalan raya atau pun tempat pariwisata. Dalam segala hal pasti ada positif dan negatif nya, kita sebagai masyarakat lebih sering dan suka melihat hal yang bersifat negatif dari pada positif. Saya sebagai siswa SMA Negeri 9 Denpasar ingin mengajak masyarakat untuk lebih berfikir kritis untuk kepentingan bersama, mengkritik adalah hal yang bagus tapi jangan sampai menggunakan kebebasan berpendapat untuk membuat perpecahan yang malah menjadi faktor hancurnya negeri kita tercinta ini. Sekian dari pendapat saya, mohon maaf jika dari kata-kata saya terdapat hal yang tidak sesuai atau menyinggung teman-teman semua. Terimakasih

    BalasHapus
  15. Ayu Indira Pramiswari Giri
    XII IPA 2 / 04

    Makna dari gambar Apa yang terjadi jika warga Indonesia tidak membayar pajak? Apakah enak?
    Akibat warga Indonesia tidak membayar pajak faktor utama adalah Negara akan mengalami kerugian. Mengapa demikian dikarenakan dari pajaklah menjadi sumber pendapatan Negara, oleh karena itu agar menjadikan ekonomi suatu negara stabil, disarankan akan lebih baik jika setiap warga negara turut andil dalam melakukan pembayaran pajak yang telah ditentukan.
    Kurangnya pasokan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) merupakan hal terpenting dalam menjaga pertahanan dan keamanan suatu negara baik itu anggaran belanja pemerintah pusat maupun daerah. Dengan berkurangnya pasokan APBN tersebut akan menyebabkan tingginya defisit anggaran yang terpakai untuk memenuhi fasilitas pembangunan negara dan berakibat pada kekacauan struktural perekonomian yang disebabkan oleh menumpuknya pendanaan melalui utang negara.

    Apakah enak?
    Jika seseorang tidak ingin membayar pajak maka sejatinya tidak hanya akan merugikan negara, tetapi juga merugikan diri sendiri dengan harus menanggung kemungkinan dipidana dan membayar administrasi, dikarenakan pajak merupakan kontribusi wajib yang telah diatur dalam undang-undang, yang bersifat memaksa. Sehingga, suka maupun tidak, bila tidak ingin berurusan dengan hukum, maka seseorang harus membayar pajak. Kita dapat mengetahui bahwa kurangnya kesadaran untuk membayar pajak akan sangat merugikan negara dan menyebabkan kacaunya struktural anggaran seperti, berkurangnya anggaran pertahanan, pangan, dan hal pokok lainnya.

    BalasHapus
  16. Nama: I Gde Sri Prada Sambho Nandana
    Kls: XII IPA 2
    No: 8

    GAMBAR 6
    otomatis hal tersebut akan
    berdampak pada kurangnya pasokan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) baik itu anggaran belanja untuk pemerintah pusat maupun daerah.
    solusi untuk meningkatkan kesadaran membayar pajak, antara lain melaksanakan program pelayanan yang baik kepada wajib pajak, membuat prosedur yang sederhana dan memudahkan wajib pajak dalam proses membayar pajak, menciptakan program pemantauan kepatuhan dan verifikasi yang efektif, serta pemantapan

    BalasHapus
  17. Ni Komang Trisna Indrayani (XII IPA 2/25)

    gambar 1
    direktorat jendral pajak merupakan aset negara yang berpengaruh terhadap indonesia, direktorat jendral pajak merupakan salah satu kementrian keuangan indonesia yang bertugas menjalankan dan mestandarisasi teknisi di bidang perpajakan.

    gambar 2
    semua hal tentang perpajakan tertulis di dalam laporan hasil pemeriksaan, dimana semua hal tentang perpajakan di indonesia terdapat di dalamnya.

    gambar 3
    Kementerian Sekretariat Negara menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atas persiapan pemindahan Ibu Kota Negara pada 2022.

    gambar 4
    Jalan Tol Kertosono-Mojokerto sepanjang jalan tol 40,50 kilometer yang menghubungkan daerah Kertosono dengan Mojokerto dan Jawa Timur. Jalan tol ini dikelola oleh Anak Perusahaan ASTRA Infra (PT Astra Internasional). Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono di sebelah barat dan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto di sebelah timur.

    gambar 5
    merupakan gambaran sekolah yang kemungkinan berada di daerah terpencil. Yang hanya ada peralatan belajar seadanya, yang bisa dibilang keterbatasan fasilitas sekolah. Berbeda dengan sekolah sekolah di kota kota besar yang fasilitas sangat lengkap. Tetapi hal itu tidak menghambat niat mereka untuk belajar

    gambar 6
    Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia adalah lembaga negara yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. pada gambar tersebut kpk berhasil menangkap tersangka korupsi negara.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Nama: I Kadek Mangku Krisnanda Ardana
    Kelas: XII IPA 2
    No: 12



    Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia yang terjadi dari dulu sampai hilir adalah masalah sarana dan prasarana. Menurut KBBI Sarana adalah sesuatu yang dipergunakan untuk mencapai tujuan. Sebagi contoh seperti buku bahan ajar, media dan alat untuk mengajar seperti computer dsb. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses seperti lokasi, bangunan sekolah, lapangan olahraga, kantin, dan perpustakaan.

    Sarana dan prasarana menjadi faktor yang sangat diperlukan dalam menunjang proses belajar-mengajar karena sarana dan prasarana dapat memudahkan para peserta didik untuk lebih baik lagi dalam belajar, maka dari itu sarana dan prasarana harus diperhatikan dalam pendidikan.

    Namun pada kenyataanya masih banyak daerah-daerah pelosok yang sarana dan prasarananya kurang memadai, mulai dari tempat belajar yang sulit dijangkau, gedung yang rusak, bocor dan tidak nyaman, serta bahan ajar yang seadanya dan masih banyak lagi. Masalah tersebut membuat proses belajar mengajar menjadi tidak efektif dan efisien.

    BalasHapus
  20. I Ketut Gde Surya Krisna Dwipayana
    13 XII IPA 2

    Pendidikan merupakan upaya pengembangan yang dilakukan pada lingkungan sekolah untuk memberikan dan mengembangkan pengetahuan serta kemampuan pada diri siswa. Pemberian materi dari Guru kepada Siswa pada proses kegiatan belajar mengajar hendaknya dapat melalui pengajaran, penelitian, serta pelatihan kepada siswa. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan siswa pada kegiatan belajar dan pembelajaran di sekolah, tentu harus memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, setelah melakukan kegiatan belajar, siswa biasanya akan mendapatkan hasil belajar berupa pengetahuan dan keterampilan. Namun, untuk memberikan pengajaran kepada siswa, sekolah tentu harus memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar dan pembelajaran tersebut. Dari fenomena yang ada, fasilitas di sekolah yang memadai, dapat memberikan motivasi belajar yang bagus dan semangat yang bagus pula. Maka dari itu, untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang ada di sekolah, Guru dan Pemerintah harus memiliki penyelesaian pada permasalahan tersebut dengan melakukan musyawarah antara Guru, Pemerintah, serta beberapa orang yang terkait.

    BalasHapus
  21. I Kadek Ananda Dwipayadnya (XII IPA2) (NO:10)
    Akhir akhir ini ada kasus yang sedang viral yaitu kasus suap bupati dengan barang bukti 786 juta, ini menjadi berita yang viral bukan hanya karena jumlah uang yang banyak tapi juga karena sumber masalah yang dialami rakyat sekarang menjadi jelas. Uang yang seharusnya dipakai untuk membuat jalan tol dan fasilitas untuk rakyat, malah diambil acuh tak acuh oleh anggota pemerintah, uang yang berasal dari pajak yang dibayar oleh rakyat dibuang untuk kepentingan sendiri. Banyak rakyat yang kecewa karena banyak fasilitas yang bisa kita dapat dari uang sebanyak itu, memperbaiki infrastruktur bangunan dan jalan tol, rumah sakit bagi daerah terpencil, dan yang paling penting, uang itu akan sangat membantu dalam memberikan tempat edukasi (sekolah) yang lebih nyaman dan bersih bagi sekolah yang masih dalam kondisi kurang memuaskan dengan lantai tanah dan tembok,meja,dan kursi kayu

    BalasHapus
  22. Nama : Kadek Mila Meindithya Wulandari
    No : 21
    Kelas : XII IPA 2
    * gambar pertama merupakan bangunan Kementrian Keuangan BI Direktorat Jenderal Pajak yang dimana bertugas sebagai merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan.
    * gambar kedua merupakan sebuah buku hasil laporan pemeriksaan dari BPK RI, buku tersebut berisi tentang hasil akhir dari proses penilaian kebenaran, kepatuhan, kecermatan, kredibilitas, dan keandalan data/informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan secara independen, objektif, dan profesional berdasarkan Standar Pemeriksaan, yang dituangkan dalam laporan hasil pemeriksaan sebagai keputusan BPK.
    * gambar ketiga berisi mengenai Titik Nol Ibu Kota Nusantara adalah sebuah monumen yang terletak di kawasan Ibu Kota Nusantara. Monumen ini dibangun pada Februari 2022 yang merupakan awal dari pembangunan Ibu Kota Nusantara dan dimaksudkan untuk menjadi bagian dari Sejarah kebangkitan Indonesia menuju "Indonesia Emas 2045"
    * gambar keempat terdapat jalan tol yang dimana dengan adanya pembangunan tersebut dapat memberi dampak positif yaitu dapat mempermudah jalur transportasi dan komunikasi dalam masyarakat.
    * gambar selanjutnya berisi tentang seorang siswa yang sedang belajar dengan fasilitas yang tidak semewah fasilitas sekolah yang ada di kota. Hal ini di karna di kota perkembangan pendidikan dapat berkembang pesat karena didukung oleh sarana dan prasarana yang mudah untuk didapatkan. Sedangkan di desa perkembangan pendidikan cenderung berjalan lambat karena sulitnya mendapatkan sarana dan prasarana untuk pendidikan tersebut.
    * menurut pendapat saya mengenai gambar ke enam yaitu Jika masyarakat tidak ada yang membayar pajak, otomatis hal tersebut akan berdampak pada kurangnya pasokan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) baik itu anggaran belanja untuk pemerintah pusat maupun daerah.
    * gambar ke tujuh terdapat pelaku korupsi yang sedang di tindak lanjuti oleh KPK.
    * menurut saya gambar terakhir berisi tentang KPK yang sedang menindaklanjuti rekening rafael karena seperti diketahui, KPK dan PPATK telah menduga adanya tindak pencucian uang yang dilakukan oleh Rafael. Penetapan ini berdasarkan data LHKPN yang ditindaklanjuti dengan pemeriksaan untuk tindak pencucian uang.

    BalasHapus
  23. nama: I Gusti Ngurah Manu Iswara
    no:9
    kelas: XII IPA 2

    gambar no 5
    -menunjukan gambar anak-anak yang sedang melakukan kegiatan pembelajajaran walaupun minimnya fasilitas dalam kegiatan pembelajaran yang ada di pedalaman indonesia

    gambar no 6
    -Jika seseorang tidak ingin membayar pajak maka sejatinya tidak hanya akan merugikan negara, tetapi juga merugikan diri sendiri dengan harus menanggung kemungkinan dipidana dan membayar administrasi, dikarenakan pajak merupakan kontribusi wajib yang telah diatur dalam undang-undang, yang bersifat memaksa. Sehingga, suka maupun tidak, bila tidak ingin berurusan dengan hukum, maka seseorang harus membayar pajak.

    BalasHapus
  24. Nama : Kadek Ayu Nisha Dewanti
    Kelas : XII IPA 2
    Absen : 18

    Pajak adalah iuran yang wajib dikeluarkan oleh masyarakat untuk pembangunan fasilitas negara,yang manfaatnya dirasakan secara tidak langsung. Kontribusi pajak sangat bermanfaat dalam pembangunan dan belanja negara untuk menyediakan berbagai fasilitas yang dipakai masyarakat umum seperti ekonomi,kesehatan,dana desa,pariwisata dll.

    Jika masyarakat tidak ada yang membayar pajak,otomatis hal tersebut berdampak pada kurangnya pasokan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Berkurangnya APBN akan berpengaruh dalam anggaran yang dipakai untuk fasilitas pembangunan negara dan berakibat pada kekacauan struktural perekonomian. Karena pentingnya kontribusi pajak dalam komponen APBN, maka setiap orang yang dengan sengaja tidak membayar atau menyetorkan pajaknya kepada kas negara akan mendapatkan hukuman pidana maupun denda administrasi sesuai dengan ketentuan regulasi yang berlaku.

    Maka dari itu ,kesadaran seseorang dalam membayarkan kewajiban perpajakan  sangat penting untuk memajukan negara dalam stabilitas perekonomian serta kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan kualitas layanan publik dan fasilitas pembangunan negara

    BalasHapus
  25. Nama: Ni Putu Eva Sagitariani
    No: 28
    Kelas: XII IPA 2

    * Gambar pertama merupakan kantor direktorat pajak, dimana direktorat pajak mempunyai tugas untuk merancang dan merumuskan kebijakan perpajakan di Indonesia.
    * Selanjutnya, gambar kedua adalah laporan hasil pemeriksaan keuangan negara, berisi hasil pajak secara ringkas
    * Gambar ketiga adalah titik nol nusantara dimana ini merupakan titik pusat di nusantara jadi pengukurannya melalui titik ini. Biasanya pada titik ini terdapat monumen.
    * Gambar keempat adalah pembangunan jalan tol yang memudahkan masyarakat dalam berpergian
    * Gambar kelima yaitu siswa/siswi yang tidak mendapat fasilitas yang layak dari sekolahnya, kemungkinan dia berada pada daerah 3P
    * Anggapan penghapusan pajak membawa kebaikan sepertinya salah. Apabila pajak dihapus otomatis negara kita malah tidak bisa menjadi negara maju. Setengah dari pajak yang dibayar masyarakat digunakan untuk membayar hutang - hutang negara dan setengahnya lagi dipakai untuk pembangunan negara serta menjadi APBN. Yang nantinya akan digunakan kembali untuk masyarakat seperti pemenuhan fasilitas umum. Pembagian pajak pun tidak jomplang, sesuai taraf penghasilan masyarakat (per individu) jadi bagi yang berkekurangan tidak akan berat dalam membayar pajak.
    * Gambar ketujuh merupakan pejabat pajak yang ketahuan korupsi. Sangat disayangkan memang sudah dipercaya masyarakat malah digunakan untuk kepentingan pribadi. KPK harus lebih banyak bertindak dalam pemberantasan korupsi
    * Gambar kedelapan adalah KPK melakukan pengecekan rekening pada pejabat pajak yang dirasa mencurigakan. Sayangnya, Rafael Alun ditemukan sebesar puluhan M pada rekeningnya yang dimana ia dipejat menjadi pejabat pajak.

    KESIMPULAN:
    Pajak sangat berguna untuk negara Indonesia karena membantu dalam pembangunan dan kepentingan negara sehingga pemilihan pejabat pajak yang tepat juga diperlukan untuk terhindar dari perilaku Korupsi. Sedangkan bagi masyarakat memiliki kewajiban untuk membayar pajak dan diharpakan jangan membohongi pendapatan penghasilan.

    BalasHapus
  26. Nama: Made Melia Melani
    No: 20
    Kelas: XII IPA 2

    Jawaban:
    Pajak merupakan hal wajib yang harus dibayarkan oleh setiap orang, nyatanya banyak dari kita yang tidak mau bahkan tidak memperdulikan uang pajak tersebut. Jika kita tidak membayar pajak maka akan membuat negara mengalami kekurangan pasokan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) baik itu anggaran belanja untuk pemerintah pusat maupun daerah. Seperti yang kita ketahui jika masyarakat rutin membayar pajak, akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat itu sendiri, contohnya seperti pembangunan infrastruktur. Tugas negara adalah membangun infrastruktur yang berguna bagi masyarakat seperti jalan, jembatan dll. Jika tidak membayar pajak, bagaimana bisa membangun infrastruktur tersebut? Itulah alasan mengapa kita di tekankan untuk wajib membayar pajak atau yang sering disebut dengan WP (wajib pajak). Selanjutnya ada sekolah, dimana banyak sekolah-sekolah di daerah terpencil yang masih kurang dari segi fasilitas, bangunan bahkan tenaga mengajar. Mengapa demikian? Karena beberapa sekolah yang dikenai biaya PPN tidak membayarkan iuran nya. Hal ini menghambat pembayaran pajak Indonesia. Rencana pungutan PPN pada jasa pendidikan alias sekolah akan memunculkan kesan bahwa pemerintah ingin mengomersialisasikan pendidikan. Saat ini beredar kasus mengenai perpajakan yaitu kasus pak rafael, mantan pejabat eselon III di Ditjen Pajak. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menduga Rafael Alun Trisambodo (RAT) menerima aliran dana dari pihak-pihak yang bermasalah secara hukum, misalnya orang-orang yang bermasalah dari sisi pajak. Ini tergambar dari aliran dana transaksi yang termuat dalam mutasi rekening RAT yang telah diblokir PPATK sebanyak 40 rekening senilai Rp 500 miliar. Baik yang berupa individu, keluarga RAT, atau institusi berbadan hukum. Sebab, tak sesuai dengan profil RAT. Terindikasi bahwa RAT menerima dana atau debit tidak sesuai pendapatannya. Misalnya, dengan gaji Rp 4 juta dan tunjangan Rp 60 juta, serta penerimaan lain misal dari mengajar total pendapatannya bisa Rp 80 juta, namun ia malah bisa mendapatkan aliran masuk hingga Rp 10 miliar. Kehebohan seputar kasus Rafael menambah tekanan pada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk mengawasi harta tak wajar para bawahannya. Hasilnya, terbukti bahwa Rafael Alun menyembunyikan harta dan tidak patuh perpajakan.

    BalasHapus
  27. Nama: Tisya Anindita
    Kelas: XII IPA 2
    No: 30

    Jawaban:
    Sekolah merupakan tempat kita menuntut ilmu. Pada gambar tersebut terlihat anak-anak tampak fokus dalam pembelajaran meskipun kondisi sekolah yang bisa dikatakan kurang memadai. Namun, hal tersebut tidak mengurangi semangat mereka untuk belajar. Hal ini patut dicontoh karena dengan adanya keterbatasan tidak menurunkan ketelatenan dan giatnya mereka ke sekolah untuk menuntut ilmu. Kasus ini tentu memiliki hubungan dengan membayar pajak.

    Berbicara mengenai pajak, Membayar pajak sangat krusial karena dari pajaklah negara dapat memperoleh dana untuk membiayai pelaksanaan pembangunan infrastruktur. Pajak membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hasil pajak tersebut kemudian digunakan untuk menyediakan fasilitas bagi rakyat miskin sehingga mengurangi kesenjangan sosial. Hal ini dapat dikaitkan dengan pemerataan pembangunan misalkan kasus diatas yaitu fasilitas sekolah yang kurang memadai. Pemerataan pembangunan dapat dimulai dari daerah-daerah yang terpencil. Namun sekarang yang menjadi masalah, apakah semua sudah melaksanakan kewajiban dalam membayar pajak? korupsi dan perpajakan memiliki kaitan yang erat, yang terpenting saat ini ialah bagaimana korupsi dapat diberantas sehingga tidak menimbulkan demotivasi rakyat karena mengira pajak yang telah dibayar akan dikorupsi. Oleh karena itu, kerja sama yang lebih baik antar instansi terkait, korupsi akan dicegah sekaligus deteksi perpajakannya akan lebih kuat. Nantinya, dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah untuk membayar pajak, sehingga dapat meningkatkan penerimaan negara.

    BalasHapus
  28. Nama: Kadek Delya Wiryati
    Kelas: XII IPA 2
    No: 19

    Apa yang terjadi jika Indonesia tidak membayar pajak?
    Saat ini Indonesia sangat kurang kesadaran untuk membayar pajak, terlebih lagi dilihat dari riset orang yang taat bayar pajak adalah kalangan ekonomi menengah kebawah. Mengapa kalangan menengah ke atas jarang membayar pajak? apakah mereka tidak takut dengan konsekuensi yang ada? atau karena mereka punya 'backingan/link' yang membuat mereka tidak takut akan konsekuensi yang di dapatkan?

    Dengan membayar pajak berdampak baik bukan hanya untuk negara melainkan juga dengan diri sendiri. Kita membayar pajak untuk pembangunan serta fasilitas Indonesia salah satu contohnya seperti di gambar pembangunan tol, dibangun menggunakan uang pajak dari masyarakat. Kita merasakan sendiri bagaimana keuntungan kita bisa berkendara lebih cepat melalui jalan tol. Jadi, kita membayar pajak, lalu uangnya dikelola oleh APBN, dibuatkanlah laporan keuangan (seperti RAB), dananya nanti untuk membuat/memperbaiki fasilitas yang nantinya bermanfaat untuk kita.

    Tetapi ada saja oknum pemerintah yang menyalahgunakan wewenang/kekuasaannya untuk keuntungan mereka sendiri. Contohnya pada gambar, kasus Rafael alun trisambodo korupsi menimbun uang pajak dari masyarakat. Uang pajak tersebut sangat bisa digunakan untuk masyarakat yang kurang mampu seperti pada gambar, murid-murid yang belajar dengan fasilitas yang kurang memadai. Banyak yang mengira dana pajak hanya digunakan untuk membangun jalan tol padahal pajak digunakan untuk perbaiki/membangun semua fasilitas di Indonesia. Contohnya pendidikan adalah bidang yang harus diutamakan tetapi di Indonesia lebih banyak gedung mall dibandingkan sekolah. Dengan dana pajak bisa memperbaiki fasilitas-fasilitas di Indonesia. Di masa depan, Indonesia bisa menjadi negara emas.

    Maka dari itu, warga taat kewajiban membayar pajak serta pemerintah agar tidak menyalahgunakan kekuasaan yang ada. Dengan kerjasama ini niscaya dapat membangun Indonesia menjadi negara maju.

    BalasHapus
  29. Nama : Made Puspa Wahyuni
    Kelas : XII IPA 2
    Absen : 22
    •Membayar pajak di indonesia memang wajib dilakukan oleh seluruh rakyat indonesia.karena pajak itu adalah sumber pendapatan negara yang digunakan untuk membiayai pembangunan yang sedang di lakukan oleh negara. Tetapi knp masih banyak dana yang dikorupsikan?mengapa pemerintahan indonesia bisa lengah terhadap oknum - oknum yang menanfaatkan jabatannya?.
    Jika memang pajak digunakan untuk keperluan negara mengapa masih ada sekolah - sekolah yang kondisinya masih memprihatikan dari fasilitas yang tidak memadai untuk kbm sampai dengan tempat yang sangat tidak cocok untuk dijadikan sekolah(kumuh) tetapi pada gambar ke 5 kita bisa melihat bahwa anak - anak masih tetep semangat untuk bersekolah meskipun dengan kondisi yang tidak memadai.karena mereka memang benar -benar semangat untuk menuntut ilmu.pemerintahan indonesia harus lebih memperhatikan kondisi yaang sedang rakyatnya rasakan,jangan selalu melihat yang di atas tapi harus melihat yang dibawah juga agar kondisi di indonesia lebih merata

    BalasHapus
  30. Maharani Nurul Fajriah Somala (23/XII IPA 2)

    Jika warga Indonesia tidak membayar pajak, otomatis akan berdampak langsung kekurangannya pasokan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) baik itu anggaran belanja untuk pemerintahan pusat maupun daerah. Selain itu warga akan dikenakan sanksi pidana sesuai dengan KUP, pasal 39 ayat 1 dan bisa dipenjara selama 6 bulan sampai 6 tahun, dan juga membayar denda minimal 2 sampai 4 kali lipat dari pajak terutang. Tidak enak jika tidak membayar pajak, karena akan berpengaruh pada fasilitas umum, seperti kendaraan umum, fasilitas kesehatan, pelayanan publik, dan juga sekolah. Jadi alangkah baiknya kita membayar pajak agar fasilitas negara dan keuangan tidak berpengaruh.

    BalasHapus