Senin, 13 Maret 2023

Kelas Interaktif PPKN XI IPS 3

 




 1. Jelaskan makna gambar / silahkan dianalisa gambar tersebut diatas,
     sesuai kemampuan anda

 2. Bagaimana kesan anda tentang tugas membuat cerita 

     yang sudah anda lakukan  

30 komentar:

  1. Adistya(XI IPS 3/09)
    1.Makna gambar di atas adalah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
    2.Kesan saya membuat tugas cerita tersebut adalah menyenangkan dan seru karena mengingat masa masa yg menyenangkan pada saat kelas 5 sd


    BalasHapus
  2. nama: Iputu Krisna Chandra Winata no absen: 19
    Kelas: XI IPS 3
    1. Makna dari gambar diatas adalah cinta tanah air dalam melakukan upacara bendera
    2. Kesan dari saya saya sangat senang dan saya dapat mengenang masa masa semasih tk

    BalasHapus
  3. Nama: I Wayan Prasana Chandradatta
    No: 15
    Kelas: XI IPS 3

    1. Makna dari ke empat gambar itu adalah Indonesia memiliki keragaman suku, budaya, ras, Dan TNI dibentuk untuk menjaga perdamaian agar tidak terpicu konflik.

    2. Kesan saya dalam membuat tugas cerita adalah saya bisa membagi pengalaman pengalaman saya, dan pada saat membuat cerita saya mengingat banyak masa masa yang menyenangkan yang saya alami, terutama pada saat saya mengikuti lomba lomba yang saya ikuti, dan masa masa yang saya tidak bisa lupakan.

    BalasHapus
  4. Nama: I Putu Dimas Nesa Mahaputra
    No/kls: 14/XI IPS 3

    1. Makna ke empat gambar diatas adalah Indonesia memiliki keragaman budaya, ras dan suku bangsa yang tersebar di seluruh pulau yang ada di Indonesia. Dan untuk melindungi keragaman tersebut dibentuk satuan khusus yakni TNI yang bertugas menjaga keragaman dan masyarakat Indonesia. Juga kita sebagai warga negara harus turut juga menjaga keragaman tersebut, supaya tidak terjadi konflik antar keragaman yang berbeda di lingkungan masyarakat.

    2. Kesan saya saat membuat tugas cerita tersebut adalah saya sangat senang bisa mengingat kembali pengalaman saya secara rinci dan bisa membagikan pengalaman saya ke banyak orang. Saya juga bisa mengingat kembali hal hal lucu yang terjadi saat itu yang membuat saya tertawa saat menulis cerita saya. Dan juga saya menemukan pengetahuan baru saat menulis cerita saya ini.

    BalasHapus
  5. Putu Sintya / 36 / XI IPS 3
    1. Menurut padangan saya makna dari gambar tersebut adalah sebuah bentuk gambaran peristiwa berupa ancaman integrasi nasional. Integrasi dapat diartikan sebagai pembauran sesuatu hingga menjadi sebuah kesatuan yang utuh dan bulat, selain itu ada gambar yang menunjukan ancaman sosial budaya . Ancaman integrasi di bidang sosial budaya adalah tindakan atau konsep yang disebarkan (sengaja atau tidak sengaja) dan berpotensi mengancam kekayaan suku, agama, ras, atau golongan. Integrasi nasional tersebut memunculkan kesenjangan-kesenjangan sosial yang ada misalnya di dalam negeri sendiri tentang persoalan kemiskinan, keterbelakangan, ketidakadilan. Jadi dengan adanya kejadian tersebut muncullah paham yang salah seperti separatisme, terorisme, anarkisme atau perbuatan manusia yang melanggar hukum dan norma. Dengan melihat gambar -gambar diatas bisa kita simpulkan bahwa integrasi nasional ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu militer dan non-militer.
    2. Berbicara terkait kesan yang saya dapatkan saat membuat tugas cerita cerpen itu bagaimana pikiran ini bisa lebih mengasah bahasa Indonesia yang baku dan belajar merangkai kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti oleh para pembaca, bangga karena telah menceritakan apa yang telah saya lalui. Penuh dengan kenangan diselimuti kehangatan saat menceritakan kembali cerita tersebut, sulit untuk saya lukiskan kesan yang saya dapatkan. Karena secara tidak langsung saya belajar menjadi lebih menghargai diri sendiri setelah menceritakan kembali dan mengingat kembali apa pencapaian saya sebagai seorang siswa. Dengan judul Lakon “Putih Abu”.

    BalasHapus
  6. Nama: Ni Made Dwipayani
    No: 29
    Kelas: XI IPS 3

    1. Gambar 1, 3, dan 4 merupakan gambar yang memiliki makna dan analisis yang sama. Gambar 1, 3 dan 4 merupakan gambar tentara Indonesia yang gagah dan berani. Dalam gambar tersebut menunjukkan bahwa ancaman integritas di bidang pertahanan dan keamanan. Dimana tentara Indonesia melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya suatu aksi atau ancaman yang dapat merugikan negara Indonesia seperti ancaman terorisme, agresi, bentrokan hingga demo. Untuk itu tentara Indonesia dilatih dengan keras supaya dapat melindungi negara Indonesia dari ancaman-ancaman seperti itu. Tentara Indonesia juga dilatih berjiwa nasionalisme dan cinta tanah air kepada Indonesia serta tentara Indonesia memiliki jiwa kepahlawanan dan patriotisme. Maka dari itu tugas dan tanggung jawab tentara Indonesia sangat besar berada di garda terdepan. Serta jasa para tentara juga sangat besar dalam mempertahankan keamanan negara Indonesia.

    Gambar 2 merupakan gambar ancaman integritas di bidang sosial budaya, yang dimana gambar tersebut menunjukkan budaya tradisional atau budaya asli Indonesia dengan budaya luar yang masuk seperti trend anak punk atau anak rock. Di dalam gambar tersebut menunjukkan bahwa budaya-budaya luar semakin masuk ke Indonesia akibat dari terjadinya globalisasi. Sedangkan budaya-budaya Indonesia semakin tergerus oleh budaya luar yang masuk ke Indonesia. Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menyikapi dan mengambil hal-hal yang positif terhadap budaya luar yang masuk ke Indonesia dan sebagai generasi muda kita juga harus bisa mengenal, mempelajari dan mewariskan budaya-budaya Indonesia, supaya budaya Indonesia tetap lestari dan tidak tergerus oleh zaman.

    2. Kesan saya dalam membuat tugas cerita adalah saya sangat senang dan terharu dengan perjuangan yang sudah saya lakukan dan pengalaman yang luar biasa saya dapatkan dan saya tulis dalam cerita tersebut. Tugas membuat cerita ini membuat saya termotivasi lagi untuk melangkah maju kedepan dan memperoleh prestasi atau suatu pencapaian yang gemilang. Saya sangat menikmati membuat tugas cerita tersebut dan tentunya saya sangat bangga dapat menulis karangan yang saya buat sendiri.

    BalasHapus
  7. Ni Nyoman Manik Sri Sedani Putri/31/XI IPS 3

    1. Makna dari gambar tersebut menurut pendapat saya ialah dari gambar 1,3 dan 4 itu merupakan ancaman integritas nasional pada bidang pertahanan dan keamanan atau disebut ancaman militer yang artinya ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi dan dapat membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman militer dapat berupa agresi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan perang saudara. Pada gambar 1 terdapat tentara yang sedang mengamankan negara dari banyaknya kerusuhan yang terjadi. Itu adalah hal atau upaya yang dilakukan demi mempertahankan keutuhan NKRI layaknya kewajiban dan tanggungjawab yang harus dikerjakan oleh seluruh bagian dari keamanan negara dan masyarakat Indonesia. Usaha tersebut dilakukan dengan turun tangan langsung ke lapangan secara sigap dan cekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sudah semestinya bidang keamanan dijaga dengan baik, apalagi sudah terdapat beberapa yang ditugaskan untuk menjaga keamanan negara seperti Tentara,TNI,Polri dan sebagainya yang harus menjadi garda terdepan dalam mengatas integrasi nasional di masyarakat. Pada gambar ke 3 dan 4 itu merupakan suatu upaya atau strategi untuk mengatasi integritas nasional. Dengan melakukan upacara penghormatan, yang dimana itu diperlukan agar tidak adanya terpecah belahnya masyarakat. Selain itu, dari gambar tersebut juga memuat makna patriotisme dan nasionalisme yang tinggi. Rasa cinta tanah airnya yang sangat besar, banyak tenaga, waktu, dan pikiran yang diberikan kepada NKRI.  Sedangkan pada gambar ke 2 itu merupakan contoh gambar ancaman integritas sosial dan budaya yang terjadi di Indonesia. Dengan banyaknya suku, agama, ras, budaya, bahasa dan sebagianya di Indonesia sangat memungkinkan terjadinya integritasi nasional pada bidang sosial budaya. Namun, terlepas dari itu masyarakat Indonesia mampu untuk mengatasi hal tersebut dengan melestarikan budanya, mengenalkan budaya sendiri kepada budaya luar, selalu mengimplementasikan berbagai kebudayaan dengan unsur-unsur yang tradisional maupun modern dan sebagainya. Merupakan kewajiban setiap masyarakat Indonesia untuk melakukan hal tersebut agar kebudayaan yang berbeda-beda akan menyebabkan banyaknya keankeragaman yang tidak dimiliki negara lain. Untuk itu perlu dilestarikan agar meminimalisir adanya ancaman integritas nasional di bidang sosial dan budaya.

    2. Kesan saya saat mengerjakan dan mengulas kembali pengalaman terbaik selama saya menjadi siswa yakni saya ingin sekali berbagi cerita dengan teman-teman sekalian, banyak rasa dan perjuangan di dalamnya. Saat mengerjakan ada rasa senang, bersyukur, bangga terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar saya yang selalu memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan saya. Dengan tugas tersebut, kita semua dapat merasakan bagaimana teman-teman semuanya memiliki pengalaman terbaiknya dengan banyak suka duka di dalamnya, cerita indah yang tidak bisa terlupakan, banyak hal positif yang di dapatkan. Selain itu, dengan ini saya dapat berbagi cerita dengan teman-teman semuanya dan semoga teman-teman dapat saling memotivasi pengalaman terbaik dan terus belajar yang lebih baik untuk kedepannya.

    BalasHapus
  8. nama : Callistha (33)

    makna dari gambar" di atas yakni
    1.bentrok yg tejadi di antara polisi , pemerintah dengan masyarakat sekitar yg di sebabkan karna adanya sebuah konflik yg mengakibatkan banyak korban jiwa

    2. Pada gambar no dua dapat di
    artikan setiap budaya harus bisa menyesuaikan budaya yg satu dengan yg lain sehingga mencapai suatu keserasian dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
    ancaman sosial budaya harus di waspadai karna berpotensi mengancam kekayaan suku, agama, ras sehingga dpt mengakibatkan suatu konflik
    3 dan 4 pada gambar di atas dapat di simpulkan sebuah pengabdian seorang TNI kepada negaranya di mana ia memiliki tugas untuk menjaga pertahanan Negara kesatuan Indonesia serta mengabdikan diri penuh kepada Indonesia dimana ia bertaruh kan nyawanya untuk tetap menjaga negara republik Indonesia

    kesan pesan saya membuat cerpen cukup senang dan gembira sehingga saat membuatnya pun saya tidak merasa keberatan karna saya dpt menceritakan cerita" saya masa kecil yg membuat saya flashback kemasa lalu dan bisa menjadikan hal tersebut menjadi sebuah pembelajaran

    BalasHapus
  9. Nama: I Dewa Gede Brahmanda Ananta Putra
    Kelas: XI IPS 3
    No.Absen : 4

    1. Makna semua gambar di atas adalah indonesia memiliki keberagaman budaya. Dari keberagaman tersebut bisa memicunya konflik antar masyarakat yang disebabkan karena suatu kelompok menganggap kebudayannya lebih baik dari pada yang lain. Oleh karena itu peran kita semua sebagai rakyat Indonesia adalah menjaga perdamaian Indonesia dengan cara menghormati satu sama lain dan tidak saling merendahkan. selain itu TNI juga berperan penting dalam menjaga perdamaian indonesia untuk mencegah terjadinya konflik antar daerah di Indonesia mencegah ancaman dari luar negeri

    2. Kesan saya adalah saya senang berbagi pengalaman dengan semuanya melalui tugas menulis cerita, sekaligus mengingat peristiwa yang menyenangkan di dalam diri saya.
    Dan tugas ini juga memiliki manfaat bagi saya yaitu melatih kemampuan berpikir saya untuk menulis cerita.





    BalasHapus
  10. Made Ayu Olivia Pradnyaputri/XI IPS 3/23

    1. Gambar "kedua" bermakna negatif yaitu bermacam-macam ancaman sosial, seperti terorisme, kekerasan, gaya hidup, dan perbedaan suku dan budaya. Hal itu adalah suatu hal yang negatif/buruk yang harus dijauhkan, dan harus mempunyai rasa cinta sosial dan budaya bukan malah ancaman/mengancam yang berakibatkan buruk. Karena makhluk sosial wajib menciptakan kedamaian & kebahagiaan bersama.

    2. Kesan saya yaitu merasa senang karena dapat membagikan kisah pengalaman-pengalaman saya. Saya harap itu akan berguna untuk teman-teman lainnya.

    BalasHapus
  11. Ni Kadek Salsa Adiari Widya Riska/27/XI IPS 3

    1. Saya akan menganalisa gambar ke 3. Menurut analisa saya akan gambar tersebut adalah, seorang tentara yang sigap akan kegiatan upacara bendera. Hal tersebut dapat menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme anak bangsa. Oleh karena itu, upacara bendera menjadi salah satu langkah utama untuk membentuk karakter bangsa. Adapun nilai luhur yang ditanamkan dalam upacara bendera tersebut yakni pemahaman kedisiplinan, pemahaman nilai-nilai luhur bangsa, rasa bangga dan cinta akan tanah air.

    2. Kesan saya tentang membuat tugas cerpen tersebut ialah merasa senang dapat membagi cerita pengalaman saya, apalagi sampai dapat memotivasi teman-teman sekalian dari cerpen pengalaman saya tersebut.

    BalasHapus
  12. 1.Makna gambar di atas adalah mengajarkan kita untuk tidak membuat masalah atau keributan dalam masyarakat dan pentingnya untuk saling menghormati satu sama lain
    2.kesan adalah contoh tanggapan yang dapat kita berikan terkait pengalaman yang kita peroleh
    Kesannya adalah: cerita pendek pengalaman menjadi siswa yang bertema ( murid pindahan) menceritakan bahwa tidak ada kata terlambat untuk kita mengejar apa yang kita gapai

    BalasHapus
  13. Nama : Ni Putu Okcya Rasanti Dewi
    No : 34
    Kelas : XI IPS 3

    1). Dari 4 gambar yang ditampilkan, semua gambar tersebut saya menganalisis bahwa gambar tersebut menampilkan suatu sikap nasionalisme masyarakat Indonesia, yaitu sikap cinta tanah air yang dilakukan masyarakat Indonesia baik itu berupa membela tanah air ( menjadi seorang abdi negara dan menjaga keamanan Indonesia) ataupun melestarikan kebudayaan tanah air kita. Jangan sampai sikap nasionalisme ini kita hilangkan dalam diri kita, karena jika kita menghilangkan sikap nasionalisme, ada kemungkinan besar negara kita akan mudah dijajah kembali. Jajah yang dimaksud tidak hanya perang bersenjata tapi juga penjajahan di bidang globalisasi, seperti masuknya kebudayaan asing yang menggantikan kebudayaan kita sendiri. Dengan menanamkan sikap nasionalisme dalam diri kita masing-masing, maka kita tidak akan mudah terjadi ancaman konflik

    2). Dengan menceritakan pengalaman saya melalui tugas yang diberikan, kesan yang saya rasakan pertama-tama bangga, dan juga senang. Karena dengan dibuat nya tugas ini, saya merasa bahwa saya telah mengaprisiasi diri saya sendiri dalam bentuk tulisan.

    BalasHapus
  14. Nama : I Putu Adhigana Gede Dananjaya
    Kelas : XI IPS 3
    No : 13
    1. Makna pada gambar ke-2 adalah ancaman integrasi sosial budaya,seperti pada gambar tersebut terlihat perbedaan dari cara berpakaian mereka ada yang menggunakan pakaian-pakaian bergaya metal,dengan tradisi-tradisinya di setiap daerah

    2. Kesan saya tentang tugas cerpen adalah kita bisa membagikan pengalaman saya kepada teman-temannya lainnya, semoga bisa diambil kesan positifnya dan bisa menjadi inspirasi buat teman-teman tentang cerita saya.

    BalasHapus
  15. Nova/XI IPS3/07
    1)berbeda-beda agama suku ras dan agama tetapi tetap satu
    2)Di Bedugul ada satu-satunya kebun raya di Bali yaitu Kebun Raya Eka Karya, berbagai jenis buahan-buahan dan sayur mayur tumbuh dengan subur di daerah ini. Penduduk setempat menjual hasil kebunnya di pasar. Dalam menuju atau akses ke Danau Beratan, itu melewati Kebun Raya, yang jalannya sedikit terdapat tikungan tajam, maka selalu berhati-hati berkendara disini

    BalasHapus
  16. Gungistri/02/XI IPS 3

    1.Makna dari gambar tersebut adalah kita di diajarkan untuk tidak melakukan pemberontakan agar tidak terjadi keecohan di Indonesia dan harus saling menjaga dan saling menghormati satu sama lain
    2.kesan saya membuat tentang tugas adalah sangat Senang karena memiliki suatu pengalaman di hidup saya dan juga senang memberi tahu teman-teman tentang pengalaman yang saya lakukan

    BalasHapus
  17. nama: Ni komang novita sari (28/XI IPS 3)

    1. dari gambar tersebut dapat di analis, yaitu tentara nasional Indonesia atau abdi negara yang berfungsi sebagai mengamankan dan melindungi negaranya. ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata.
    2. kesan saya setelah membuat cerita pengalaman terbaik dari saya itu sangat lah berkesan, seperti misalnya saya punya pengalaman terbaik tapi tdk pernah diceritakan tetapi skrg sudah di ceritakan jadinya tu kayak merasa terhargai pengalaman saya

    BalasHapus
  18. Nama: Ni Putu Ayu Indra Cahyani
    kls: XI IPS 3
    NO:32
    1. makna dari gambar ke 3 di atas mengenai tentang ancaman integrasi di bidang sosial budaya. yang dimana contoh ancaman integrasi sosial budaya seperti Munculnya gaya hidup konsumtif, munculnya sifat hedonisme, masuknya ide-ide asing yang tidak sesuai dengan norma sosial budaya di suatu negara. dengan demikian perlu adanya sosok penjaga suatu negara yaitu TNI yang ber tugas untuk menjaga suatu negara
    2. kesan saya waktu membuat tugas cerpen adalah saya bisa flashback dengan kegiatan yang saya lakukan 4 tahun lalu.

    BalasHapus
  19. Nama: I Made Arya Winanta
    No: 10
    Kelas: XI IPS 3
    1)Makna gambar 1: seperti yg terlihat gambar di atas menunjukkan bentrok yg terjadi antara TNI dengan masyarakat,jika dilihat secara detail keadaan disana sangat kacau banyak batu yg berserakan bekas lemparan dari masyarakat tak hanya itu mereka melanjutkan aksi anarkisnya lagi namun dihalangi oleh TNI yang membawa tameng untuk melindungi diri sendiri,masyarakat disana mundur namun tidak berhenti melemparkan batu ke TNI,apa yang dilakukan TNI?ya mereka hanya terdiam sambil berlindung dibalik tameng yg mulai rapuh, mereka bisa saja membalas dengan tembakan timah panas namun mereka tau hal itu hanya membuat kekacauan yg lebih besar,sehingga bertahan hanyalah opsi mereka sampai keadaan disana aman.
    2)Kesan saya : saya menjadi senang karena tidak hanya kata2 yg saya tuliskan namun kata² tersbut tercampur emosi dan perasaan senang,sedih,bahagia karena membuat cerpen tersebut banyak rintangan yg harus saya lalui.

    BalasHapus
  20. Ni Nyoman Ayu Sinta Pratiwi/30/XI IPS 3

    Soal 1
    Gambar 1 :
    Makna dari gambar 1 adalah para kepolisian yang menangani kericuhan aksi demo, tidak ada makna dari aksi demo tersebut karena dalam aksi demo banyak kerugian yang akan di dapat.
    Gambar 1 terebut menggambarkan aksi kericuhan yang ada di ibu kota, aksi kericuhan tersebut menyebabkan banyak kerusakan fasilitas jalanan, para anggota kepolisian harus turun tangan atas kejadian tersebut.

    Gambar 2
    Gambar 2 tersebut menggambarkan ancaman yang ada pada sosial budaya, ancaman tersebut dapat berpotensi pada kekayaan suku, agama, ras, dan golongan. Ancaman ini dapat berasal dari kemiskinan, keterbelakangan, ketidakadilan. Ancaman ini dapat menimbulkan terorisme, kekerasan dan lain-lain.

    Gambar 3-4
    Gambar 3-4 tersebut menggambarkan bagaimana sikap patriot para anggota TNI yang siap mengamankan negara Repubublik Indonesia. Makna nya adalah pentingnya rasa kepatriotisme dalam menjalankan sebuah tugas.

    Soal 2
    Kesan saya dalam membuat tugas cerita adalah, kita menjadi tau apa pengalaman terbaik yang dapat membuat kita termotivasi dalam suatu hal. Selain itu juga kita banyak mempelajari segala sesuatu yang sudah kita pelajari.

    BalasHapus
  21. Nama: I putu Deddy friandi
    No:18
    Kls :XI Ips 3
    1.Makna yang terkait di foto tersebut menurut saya adalah tentang pentingnya peran tentara sebagai penjaga kedaulatan negara dan sebagai barisan pertama dari ancaman integrasi di bidang sosial dan budaya
    2.kesan semoga hal yg saya ceritakan dapat membangun semangat di masa muda

    BalasHapus
  22. Nama : I Made Rayhan Dwi Pratama Putra
    Kelas : Xl lPS 3
    No : 11

    1 . A. Dari hasil analisa yang saya perhatikan dapat saya simpulkan bahwa pada gambar a ini berisikan bagaimana seorang aparatur negara yang sangat berjasa dalam melerai aksi bentrok yang terjadi.
    B. Dari hasil analisa yang saya perhatikan dapat saya simpulkan bahwa pada gambar b ini menjelaskan bagaimana peran orang tua khususnya dalam memberikan edukasi kepada anaknya yang dimana jika menanamkan jiwa seni kepada anak sejak dini maka dia lah yang akan meneruskan budaya kita , dan sedangkan jika orang tua membiarkan anaknya dan memberikan mereka bergaul secara bebas maka anak tersebut akan menjadi seseorang yang tidak berguna .
    C. Dari hasil analisan yang saya perhatikan dapat saya simpulkan bahwa pada gambar c ini memperlihatkan bagaimana orang menghormati hasa para pahlawan yang dimana mereka sedang melakukan apel upacara ,yang bertujuan untuk menghormati jasa para pahlawan yang sudah berjuang dalam memerdeka kan negara.
    D. Dari hasil analisa yang saya perhatikan dapat saya simpulkan bahwa pada gambar d ini para tentara bersiaga yang dimana dalam mengamankan negara.

    2 .sangat senang yang dimana pada karya yang telah saya buat tersebut ,saya menceritakan bagaimana pengalaman yang telah saya lewati sekaligus juga memberikan raya apresiasi kepada diri sendiri atas apa yang telah saya lewati

    BalasHapus
  23. Davin(XI IPS 3/17)
    1.Makna gambar tersebut adalah saling bersatu demi kesatuan negara,dan saling menghargai antar suku dan budaya,dan cinta tanah air dengan melakukan upacara bendera.
    2.kesan saya adalah bahagia karena bisa mengingat masa masa yg menyenangkan

    BalasHapus
  24. Melyana Agustin/XI IPS 3/25
    1) Pengabdi negara mempertahankan negara ini supaya tidak terus dijajah oleh bangsa luar,atau penjagaan supaya tidak terjadi pertikaian ntah itu antar ras,budaya,agama dan suku
    Mencintai Tanah Air dengan cara 17 Agustus di ikuti oleh smua masyarakat, dan mengadakan lomba untuk mempererat kerukunan, saling menghargai satu sama lain, bisa bekerja sama dalam mewujudkan 1 tujuan
    Melestarikan budaya budaya yang hampir pupus dari Indonesia
    Maknanya kita harus ikut serta dalam mempertahankan kebudayaan Indonesia dan ikut melestarikan budaya budaya yang hampir punah dari Indonesia agar memiliki ciri khas yang berbeda beda tetapi saling menghargai
    2) Kesan saya sedikit pusing karena sulit menyusun kata kata

    BalasHapus
  25. nama:Ketut Novita yanti (22/XI IPS 3)

    1. pada gambar 1 terdapat abdi negara atau tentara yang sedang bertugas untuk mengamankan kericuhan yang terjadi akibat ancaman milliter atau politik di masyarakat sekitar makna yg terkandung dalam gambar 1 yaitu grup tni yang sigap dan cepat dalam menjalankan tugas dan bertanggung jawab

    2. pada gambar ke 2 terdapat ancaman’ yang terjadi di masyarakan pada bidang sosial budaya Ancaman terhadap integrasi nasional di bidang sosial budaya yang berasal dari dalam adalah separatisme, terorisme, kekerasan, dan bencana akibat perbuatan manusia. Hal ini biasanya dipicu oleh isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketidakadilan.

    3. pada gambar ketiga yaitu grup tni yang sedang melakukan upacara bendera makna yang terkandung dalam gambar tersebut yaitu makna penting, antara lain: Pertama, sebagai upaya untuk mengikat kita pada romantisme dan heroisme perjuangan para generasi pendahulu, yang telah melahirkan NKRI pada 17 Agustus 1945. Kedua, sebagai sarana komando guna menjalin komunikasi antara pimpinan, staf dan anggota, agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi ngalir serta dipahami secara seksama.

    4. pada gambar 4 menurut yg saya lihat terdapat grup tentara yang sedang bersiap untuk bertugas menjaga ke amanan


    2. Kesan saya selama diberikan tugas untuk menceritakan pengalaman saya menjadi seorang siswa/siswi yaitu sangat senang dan gembira karena bisa menceritakan pengalaman’ yang saya dapatkan selama menjadi siswi dan dapat di baca oleh teman’ saya

    BalasHapus
  26. Nama: I Komang Leoddy Dhugur Windusara
    No: 08
    Kelas: XI IPS 3

    1. Menurut saya di negara Indonesia, ras dan suku bangsa menjadi faktor terpenting dalam menjalin kehidupan secara bersama pada suatu wilayah atau kumpulan masyarakat.

    2. Kesan saya tentang membuat tugas cerita yang sudah saya buat adalah saya sangat senang bisa mengingat momen-momen pengalaman yang sangat berkesan tersebut, dan saya bangga bisa melakukannya hingga menjadi pengalaman terbaik menurut saya.

    BalasHapus
  27. Nama : Putu Laksita Amelia Nariswari
    kelas : XI IPS 3
    No : 35

    Dari gambar di atas dapat dianalisa sebagai berikut :
    Integrasi nasional adalah penyatuan suatu bangsa sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Berintegrasi nasional sama dengan menyatukan bangsa dengan kesederhanaan.
    Ancaman terhadap integrasi nasional tersebut datang dari berbagai sektor. Satu di antaranya seperti gambar diatas yaitu ancaman terhadap integrasi nasional di bidang pertahanan dan keamanan.
    1.Ancaman militer adalah ancaman dengan menggunakan kekuatan bersenjata. Ancaman tersebut dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa.
    Bentuk Ancaman di bidang pertahan dan keamanan :
    1. Agresi dan Infasi
    2. Pelanggaran wilayah
    3. Pemberontakan bersenjata
    4. Aksi teror
    5. Ancaman keamanan laut dan budaya
    2.Selanjutnya di gambar ada Ancaman integrasi sosial budaya.
    Ancaman integrasi sosial budaya dari dalam :
    Ancaman terhadap integrasi nasional bidang sosial budaya dari dalam didorong oleh faktor-faktor sebagai berikut:
    * Isu kemiskinan
    * Isu kebodohan
    * Isu keterbelakangan
    * Isu ketidakadilan
    Isu-isu tersebut dapat menjadi titik pangkal timbulnya permasalahan dalam bangsa Indonesia, antara lain:
    Separatisme, Terorisme, dll
    Bencana akibat perbuatan manusia
    Adanya isu-isu yang mejadi faktor pendorong ancaman terhadap integrasi nasional tersebut akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, nasionalisme dan patriotisme.
    2.Bagaimana kesan anda membuat tugas cerita :
    kesan saya : Saya merasa senang karena dapat membuat cerita tugas pkn tepat waktu, dan mengingat lagi momen terbaik saya yaitu mengikuti jumbara pmr. Awalnya agak sulit ya karena saya harus mikirin kata - kata nya untuk membuat sebuah cerita.

    BalasHapus
  28. Nama: I Made Widhiatmika
    Absen : 12
    Kelas : XI IPS 3


    1.jelaskan makna gambar/silahkan dianalisis gambar tersebut di atas, sesuai kemampuan anda
    2.Bagaimana kesan anda tentang tugas membuat cerita yang sudah anda lakukan

    Jawaban
    1.makna gambar di atas adalah banyaknya keberagaman,suku,ras,dan budaya yang ada di Indonesia dan kita harus menjaga kedaulatan negara republik Indonesia .

    2.saya sangat senang untuk mengenang masa tk dulu

    BalasHapus
  29. Ananta Ayu tirta/03/XI IPS 3

    1.makna dari gambar di atas adalah kita diajarkan untuk saling mencintai negara dan tidak melupakan budaya yang ada di setiap daerah dan stop untuk melakukan pemberontakan yang bisa merugikan kita dan suatu negara
    2.kesan saya adalah bangga dapat menari tari Bali walaupun saya bukan berasal dari Bali dan senang menceritakan pengalaman saya bersama teman-teman

    BalasHapus
  30. Nama : I Putu Pande
    Pratama
    No : 20
    Kelas : XI IPS 3


    1. Jelaskan makna gambar / silahkan dianalisa gambar tersebut diatas, sesuai kemampuan anda
    2. Bagaimana kesan anda tentang tugas membuat cerita yang sudah anda lakukan


    1. Ancaman terhadap integrasi nasional bidang sosial budaya dari dalam didorong oleh faktor-faktor sebagai berikut:

    Isu kemiskinan
    Isu kebodohan
    Isu keterbelakangan
    Isu ketidakadilan
    Isu-isu tersebut dapat menjadi titik pangkal timbulnya permasalahan dalam bangsa Indonesia, antara lain:

    Separatisme
    Terorisme
    Kekerasan
    Bencana akibat perbuatan manusia
    Adanya isu-isu yang mejadi faktor pendorong ancaman terhadap integrasi nasional tersebut akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, nasionalisme dan patriotisme.

    2. saya sangat senang bisa mengenang dimasa smp yg penuh perjuangan

    BalasHapus