Pertemuan I Sabtu, 25 Juli 2020
Selamat siang anak-anakku semua, khususnya yang mengikuti pembelajaran PPKN Kelas IX di SMPN 2 Kuta Selatan.
"Salam Sehat Selalu"
Selamat bertemu dengan Bapak I Made Priyana Ginada walau secara Daring (Dalam Jaringan) pembelajaran kita lakukan dengan jarak jauh atau Belajar Dari Rumah (BDR) mengingat situasi yang tidak memungkinkan untuk kita bertemu secara langsung karena wabah Covid-19, tetapi anak-anakku Harus Tetap Semangat untuk mengikuti pembelajaran.
Sebelum mengikuti materi Daring PPKN Kelas IX ini, lengkapilah Daftar Hadir berikut ini :
Klik Link berikut ini : DAFTAR HADIR DARING PPKN KELAS IX SMPN 2 KUTA SELATAN
Setelah anak-anak mengisi daftar hadir, sebagai tahap awal pertemuan ini mari kita simak tayangan video dibawah ini :
Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
A. Penerapan
Pancasila dari Masa ke Masa
I. Masa Orde Lama
Pada
masa orde lama, kondisi politik dan keamanan dalam negeri diliputi oleh
kekacauan dan kondisi sosial-budaya berada dalam suasana peralhian dari
masyarakat terjajah menjadi masyarakat merdeka.
1.
Periode 1945 - 1950
Penerapan
pancasila pada masa ini menghadapi berbagai masalah. Ada dua
Pemberontakan
yang terjadi pada periode ini.
• Pemberontakan
Partai Komunis ( PKI ) di Madiun tanggal 18 September 1948 yang dipimpin oleh
Muso. Tujuannya adalah mendirikan Negara Soviet Indonesia yang berideologi komunis.
• Pemberontakan Darul
Islam/ Tentara Islam Indonesia dipimpin oleh Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo.
Tujuan didirikannya adalah mengganti pancasila sebagai negara dengan syari'at
islam.
2. Periode 1950 - 1959
Pada
periode ini, masih tetap pancasila tetapi lebih diarahkan pada ideologi
liberalisme. Pada periode ini mendapat tantangan berat dengan munculnya
pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), Pemerintah Revolusioner Republik
Indonesia (PRRI), Perjuangan Rakyat Semesta (PERMESTA). Hal ini menimbulkan
krisis politik, ekonomi dan keamanan yang menyebabkan pemerintah mengeluarkan
Dekrit Presiden 1959. Pemerintah membubarkan Konstituante, UUD sementara tahun
1945
3. Periode 1959-1966
Periode
ini dikenal sebagai periode demokrasi terpimpin. Pada periode ini terjadi
pemberontakan PKI pada tanggal 30 September 1965 yang dipimpin oleh D.N Aidit.
Tujuan pemberontakan ini adalah kembali mendirikan Negara Soviet di Indonesia
serta mengganti Pancasila dengan paham komunis.
II. Masa Orde baru
Era
demokrasi Terpimpin dibawah kepimpinan Presiden Seokarno mendapat tamparan
keras ketiga terjadi peristiwa tanggal 30 september 1965, yang disinyalir
didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Era kemudian dikenal sebagai era
Orde baru menerapkan konsep demokrasi pancasila. Visi utama pemerintahan orde
baru ini adalah melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen
dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia.
III. Masa Reformasi
Pancasila
tidak lagi dihadapkan pada pemberontakan akan tetapi lebih dihadapkan pada
kondisi kehidupan masyarakat yang diwarnai oleh kehidupan serba bebas. Kebebasannya
yaitu kebebasan berbicara, berorganisasi, berekspresi. Banyak hal negatif yang
ditimbul sebagai akibat penerapan konsep kebebasan yang tanpa batas seperti,
munculnya pergaulan bebas, dan pola komunikasi yang tidak beretika dapat memicu
perpecahan. Tantangan lainnya adalah menurunnya rasa persatuan dan kesatuan.
Salah satu cara untuk menanamkan pengaruh kepada negara lain adalah melalui
penyusupan ideologi, baik secara langsung maupun tidak langsung
B.
Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman
Istilah ideologi dibangun dari dua kata yaitu idea yang berarti
gagasan, konsep, pengertian dasar
dan cita cita
1.
Hakikat Ideologi terbuka
Ideologi
tersebut bersifat terbuka dengan senantiasa mendorong terjadinya perkembangan
pemikiran baru tentang ideologi tersebut, tanpa harus kehilangan jati dirinya.
Ciri khas ideologi terbuka adalah nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari
luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral dan budaya
2.
Kedudukan Pancasila sebagai Ideologi terbuka
Keterbukaan
ideologi pancasila mengandung nilai-nilai sebagai berikut
• Nilai dasar, yaitu
hakikat kelima pancasila. Nilai nilai dasar tersebut bersifat universal
sehingga didalamnya terkandung cita-cita. Bersifat teta dan melekat pada
kelangsungan hidup negara
• Nilai instrumental,
yaitu penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dasar ideologi pancasila.
Misalnya program program pembangunan yang dapat disesuaikan dengan perkembangan
zaman
• Nilai Praktis,
yaitu merupakan realisasi nilai nilai instrumental dalam suatu pengalaman nyata
dalam kehidupan sehari- hari dalam bermasyarakat.
Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural
memiliki tiga dimensi
• Dimensi Idealisme,
menekankan bahwa nilai nilai dasar yang terkandung dalam pancasila yang
bersifat sistematis, rasional dan menyeluruh. Terkandung dalam pancasila mampu
memberikan harapan, optimisme serta mampu mendorong motivasi pendukungnya untuk
berupaya mewujudkan cita citanya
• Dimensi Normatif,
mengandung pengertian bahwa nilai nilai Pancasila perlu dijabarkan dalam suatu
sistem norma
• Dimensi Realitas,
mengandung makna bahwa suatu ideologi harus mencerminkan realitas kehidupan
yang berkembang dalam masyarakat
Keterbukan ideologi pancasila harus selalu memperhatikan
beberapa hal berikut.
• Stabilitas nasiona
yang dinamis
• Larangan unuk
memasukkan pemikiran yang mengandung nilai ideologi marxisme, lenimisme dan
komunisme
• Mencegah
berkembangnya paham liberal
• Larangan terhadap
pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan masyarakat
• Penciptaan norma
yang baru harus melalui consensus
C.
Perwujudan nilai-nilai pancasila dalam berbagai kehidupan
1. Di Bidang Politik
• Pemilihan umum
dijalankan berdasarkan demokrasi pancasila
• Menghargai hak
asasi manusia
• Terciptanya sistem
hukum nasional berdasarkan pancasila
2. Di Bidang Ekonomi
• Perekonomian
disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan
• Cabang cabang
produksi yang penting bagi negara dana menguasai hajat hidup orang banyak
dikuasai oleh negara
• Bumi, air dan kekayaan
alam terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dana dipergunakan untuk sebesar
besar kemakmuran rakyat
• Perekonomian
nasional diselenggarakan berdasar atas demorasi ekonomi
3. Di Bidang Sosial Budaya
• Terwujudnya
masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila
Setelah mengikuti materi pelajaran dengan baik, silahkan Klik Link berikut ini untuk mengerjakan TUGAS I TUGAS DARING PPKN KELAS IX PERTEMUAN I
Demikianlah pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat, tetap semangat untuk selalu belajar, jaga kesehatan dengan baik, sampai jumpa lagi pada tanggal 1 Agustus 2020.
Sekian dan terimakasih.
Instagram : priyana_ginada
#ppknspendu
Setelah mengikuti materi pelajaran dengan baik, silahkan Klik Link berikut ini untuk mengerjakan TUGAS I TUGAS DARING PPKN KELAS IX PERTEMUAN I
Demikianlah pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat, tetap semangat untuk selalu belajar, jaga kesehatan dengan baik, sampai jumpa lagi pada tanggal 1 Agustus 2020.
Sekian dan terimakasih.
Instagram : priyana_ginada
#ppknspendu