Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Di SMPN 2 Kuta Selatan
Pembelajaran inovatif bisa mengadaptasi dari model pembelajaran yang menyenangkan. Learning is fun merupakan kunci yang diterapkan dalam pembelajaran inovatif. Jika siswa sudah menanamkan hal ini di pikirannya tidak akan ada lagi siswa yang pasif di kelas, perasaan tertekan dengan tenggat waktu tugas, kemungkinan kegagalan, keterbatasan pilihan, dan tentu saja rasa bosan.
Membangun metode pembelajaran inovatif sendiri bisa dilakukan dengan cara diantaranya mengakomodir setiap karakteristik diri. Artinya mengukur daya kemampuan serap ilmu masing-masing orang. Contohnya saja sebagian orang ada yang berkemampuan dalam menyerap ilmu dengan menggunakan visual atau mengandalkan kemampuan penglihatan, auditory atau kemampuan mendengar, dan kinestetik. Dan hal tersebut harus disesuaikan pula dengan upaya penyeimbangan fungsi otak kiri dan otak kanan yang akan mengakibatkan proses renovasi mental, diantaranya membangun rasa percaya diri siswa.
Kreatif dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Menyenangkan adalah suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya (“time on task”) tinggi.
Mind Map PKn di Kelas VIII B |
Mind Map PKn di Kelas VIII C |
Mind Map PKn di Kelas VIII C |
Proses Pengerjaan Mind Map PKn di Kelas VIII B |
Proses Pengerjaan Mind Map PKn di Kelas VIII B |
Mempersiapkan Project ThinkQuest |
Mempersiapkan Project ThinkQuest |
Mempersiapkan Project ThinkQuest |
Mind Map PKn di Kelas VIII E |
Project KIR dan Jurnalist untuk Kelas VII |
Project KIR dan Jurnalist untuk Kelas VII |
Project KIR dan Jurnalist untuk Kelas VII |
(Lanjutan dari tulisan ini ada di halaman : Mind Map PKn Kelas 8)
Sukses dengan kerja keras ,, spendu !!!
BalasHapus